Radang Gusi Juga Intai Diabetesi, Waspadalah

Kontrol tak terkendali, bisa menyebabkan diabetesi alami radang gusi

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 20 Mar 2015, 12:25 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2015, 12:25 WIB
Sikat Gigi Bukan untuk Gusi
Foto Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Pengendalian kadar gula darah menjadi sasaran utama bagi diabetesi (penderita diabetes). Bila tidak terkontrol, komplikasi bakal muncul antara lain datangnya infeksi di rongga mulut, juga radang gusi pada gigi.

Dalam acara 'Waspadai Gula Sebagai Musuh Bersama Penyakit Gigi dan Diabetes Militus', Dr. Rochsismandoko, SpPD. KEMD, Finasim mengungkapkan tiga alasan diabetesi rentan derita radang gusi;

1. Cairan mulut mengandung kadar gula tinggi, menyebabkan bakteri mudah berbiak. Inilah yang menyebabkan diabetesi mudah radang gusi dan menderita gigi berlubang.

2. Mulut diabetesi cenderung kering. Bila tak ada aiu liur, bagaimana bisa mulut membersihkan bakteri yang dapat memicu plak sehingga terjadilah radang gusi.

3. Penebalan dinding pembuluh darah. Akibatnya, nutrisi susah masuk yang mengakibatkan terganggunya pembuangan toksin dan infeksi.

"Inilah kenapa diabetes mudah menderita radang gusi. 1 dari 3 diabetesi rentan derita radang gusi," kata Ketua Persatuan Diabetes Indonesia Wilayah Banten di Hotel Neo+, Sentul City, Bogor, Jawa Barat pada Kamis (19/3/2015) malam.

Sebaliknya bisa juga radang gusi memicu munculnya diabetes. Menurut Rochsismandoko, radang gusi menghasilkan zat yang mengganggu kinerja pankreas, pabrik insulin. Diabetes bisa terjadi karena ini. "Ini ibarat telur dan ayam, masih belum jelas apa yang menyebabkan apa," kata Rochsismandoko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya