Banyak Makan Buah Saat Hamil Bikin Anak Cerdas

Menurut studi terbaru, makan buah selama kehamilan bisa meningkatkan intelegensia si Kecil hingga 2,38 persen.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 26 Mei 2016, 11:45 WIB
Diterbitkan 26 Mei 2016, 11:45 WIB
Makan buah
Ibu hamil yang makan buah lebih banyak selama kehamilan memiliki anak lebih cerdas

Liputan6.com, Jakarta Sebagian tingkat kecerdasan terbentuk dari faktor genetik. Sisanya, bisa dibentuk sejak masa kehamilan. Yang menarik, untuk membuat anak cerdas ternyata tidak perlu usaha yang keras karena menurut studi terbaru, makan buah selama kehamilan bisa meningkatkan intelegensia si Kecil hingga 2,38 persen.

Seperti diberitakan Dailymail, Kamis (26/5/2016), ibu hamil yang mengonsumsi buah secara teratur di setiap porsi makannya bisa meningkatkan fungsi memori dan perkembangan bayi. 

"Ibu hamil yang makan buah lebih banyak selama kehamilan memiliki anak lebih cerdas," tulis peneliti.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal online spesialis EBioMedicine ini, para ahli perkembangan anak di Kanada menguji 808 anak-anak berusia 12 bulan. Mereka kemudian membandingkan hasil tes antara balita yang diberikan buah sejak kehamilan dengan balita yang baru mengonsumsi buah sejak berusia enam bulan.

"Konsumsi buah selama kehamilan berkorelasi langsung dengan hasil tes yang lebih baik. Jumlah serat, kalori, omega 3 dan aspek lain selama kehamilan memengaruhi hasil studi," ujar peneliti.

Kendati demikian, kata peneliti, tingkat kecerdasan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kelas sosial, pendidikan dan apakah bayi disusui atau tidak.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya