RS Hasan Sadikin Sediakan Poliklinik Siaga dan IGD untuk Pemudik

RS Hasan Sadikin siapkan poliklinik siaga dan IGD 24 jam untuk para pemudik jelang Lebaran 2018.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 02 Jun 2018, 12:00 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2018, 12:00 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Untung Suseno, meninjau fasilitas RS Hasan Sadikin Bandung Jawa Barat (Foto: Dok Sehat Negeriku)
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Untung Suseno, meninjau fasilitas RS Hasan Sadikin Bandung Jawa Barat (Foto: Dok Sehat Negeriku)

Liputan6.com, Jakarta Jelang mudik Lebaran 2018, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, telah menyiapkan poliklinik siaga dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) 24 jam yang bisa dimanfaatkan para pemudik bila alami masalah kesehatan.

Poliklinik siaga Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung bakal hadir selama lima hari, yakni 11 - 20 Juni 2018. Poliklinik ini memanfaatkan Gedung Anggrek lantai dua, lorong 2D dengan 12 ruang pemeriksaan seperti melansir rilis Sehat Negeriku, Sabtu (2/6/2018).

Lorong lainnya akan difungsikan menyesuaikan jumlah pemudik yang sakit. Selain itu, RSHS juga menyiagakan klinik spesialis on-site yang mencakup spesialis bedah, spesialis anak, spesialis penyakit dalam, serta obstetri dan ginekologi.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


IGD 24 jam

Untuk IGD 24 jam, telah disediakan empat kamar operasi dengan jumlah tenaga kesehatan yang menyesuaikan dengan jumlah pasien pemudik.

Bila jumlah pasien kurang dari 30, ada dokter spesialis dan satu perawat IGD di setiap ruang rawat inap. Bila jumlah pasien 30-50 akan diminta perawat IGD tambahan untuk bertugas.

Apabila jumlah pasien mencapai 50-70, maka petugas akan ditambah dengan petugas IGD shift berikutnya. Jika pasien mencapai 70-100, maka separuh jumlah dokter spesialis dan separuh jumlah perawat IGD akan disiagakan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Untung Suseno, mengapresiasi kesiapan RSHS jelang arus mudik.

”Semoga tidak ada pemudik yang dirawat di rumah sakit apalagi dirawat karena korban kecelakaan. Semua pemudik diharapkan sehat dan dapat selamat sampai tujuan,” kata Untung saat mengunjungi kesiapan RSHS jelang arus mudik pada Jumat (1/6/2018).

Untung sempat meninjau fasilitas lain di rumah sakit tersebut seperti CT Scan dan lahan yang bakal dijadikan pembangunan gedung woman and children health center.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya