Lewat Makanan Sehari-hari pun Bisa Tertular Toksoplasma?

Katanya, hanya kucing yang bisa menularkan toksoplasma. Namun, kenyataannya, dari makanan sehari-hari pun tubuh kita bisa terpapar toksoplasma

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 01 Des 2018, 19:00 WIB
Diterbitkan 01 Des 2018, 19:00 WIB
20160330-Ilustrasi-Kucing-iStockphoto
Ilustrasi Kucing (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Toksoplasma tidak hanya bisa menular dari kucing yang Anda pelihara. Tanpa Anda tahu, parasit dengan nama latin Toxoplasma gondi yang bisa menyebabkan masalah pada kehamilan ini bisa ditularkan dari objek yang lain.

Jadi kurang tepat jika yang Anda 'musuhi' adalah kucing, karena takut janin yang berada di kandungan terlahir cacat.

Salah seorang dokter dari situs Klik Dokter, dr Reza Fahlevi, mengatakan, penularan parasit satu ini bisa terjadi saat fase telur maupun fase kista.

Menurut dia, telur toksoplasma bisa masuk ke dalam tubuh melalui sayuran yang Anda santap, yang tanpa Anda tahu telah terkontaminasi oleh telur toksoplasma, lewat air maupun tanah.

Dari daging merah pun, tubuh bisa terpapar toksoplasma. Misal, daging dari hewan yang mengandung kista toksoplasma yang tidak Anda masak dengan matang.

"Sedangkan cara lainnya adalah dari darah ibu hamil yang terinfeksi toksoplasma ke tubuh janin melalui tali pusat," kata Reza seperti dikutip Health Liputan6.com pada Sabtu, 1 Desember 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penularan Toksoplasma dengan Cara Lain

Tak hanya itu, penularan toksoplasma bisa terjadi lewat transfusi darah, dan transplantasi organ dari orang yang terinfeksi toksoplasma.

Terkait binatang sendiri, tidak benar jika hanya kucing yang mesti Anda takuti. Sejumlah hewan seperti babi, kambing, dan biri-biri, sebenarnya adalah hewan yang dapat mengandung kista toksoplasma paling banyak.

"Unggas, domba, kelinci, dan anjing juga dapat menularkan toksoplasma kepada manusia," katanya.

Kuda, sapi, dan kerbau juga dapat menularkan toksoplasma kepada manusia, tambah Reza. Akan tetapi kandungan kista yang terdapat dalam daging kuda, sapi, dan kerbau paling sedikit dibandingkan dengan hewan-hewan yang telah disebutkan sebelumnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya