Cantengan? Kenali Penyebab dan Penanganannya!

Penyebab yang paling sering karena menggunting kuku yang salah atau terlalu pendek, sehingga terlalu dalam.

oleh stella maris diperbarui 07 Sep 2021, 00:43 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2021, 00:43 WIB
Ilustrasi cantengan
Ilustrasi cantengan/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Kemerahan, nyeri, bengkak di ujung kuku, dan berujung pada infeksi. Ya, itu adalah gejala atau tanda-tanda kamu mengalami cantengan.

Dokter Spesialis Bedah Umum, dr Jacky Junaedi dari Rumah Sakit EMC Tangerang menjelaskan bahwa cantengan merupakan suatu kondisi yang dirasa nyeri, bengkak, kemerahan, bahkan bernanah dan biasanya terjadi di sekitar jaringan kuku.

dr Jacky menjelaskan bahwa ada beberapa penyebab cantengan. Pertama yang dinamakan paronychia, yaitu infeksi di bawah kuku atau jaringan di sekitar kuku. Infeksi tersebut bisa menyebabkan jaringan di sekitar kuku bernanah.

"Paronychia bisa terjadi karena kurang higienis. Misalnya kurang memperhatikan kebersihan kaki. Bisa juga karena menggunakan alas kaki basah atau kaki yang berkeringat," kata dr Jacky.

Kedua adalah ingrown toenail. Ini adalah kuku yang tumbuh ke dalam hingga menyebabkan infeksi dan bisanya muncul di bagian tepi kuku, sehingga membuat jaringan kuku tertekan.

"Penyebab yang paling sering karena menggunting kuku yang salah atau terlalu pendek, sehingga terlalu dalam. Menggunakan alas kaki terlalu sempit pada wanita, cidera berulang juga dapat menjadi faktor penyebabnya."

Ketiga, penyebabnya karena kelainan bentuk kuku. Ya, bentuk kuku melengkung yang tumbuh ke dalam, kata dr Jacky berpotensi melukai jaringan hingga menginfeksi.

Nah untuk mencegah cantengan, ada beberapa cara yang bisa banget kamu lakukan, yaitu:

  1. Rendam kaki dengan air hangat yang dicampur air dan bersihkan
  2. Hindari penggunaan heels dengan ujung tertutup dan gunakan alas kaki yang ujungnya terbuka seperti sandal
  3. Terapi pembedahan

Di poin ketiga di atas, lanjut dr Jacky dilakukan saat keadaan yang disertai adanya abses seperti infeksi dan nanah. Tindakan pembedahan dilakukan dengan rozer plasty yaitu membuang sebagian kuku.

"Kemudian dokter akan membersihkan kuku dari bagian yang bernanah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi infeksi dari cantengan tersebut," jelasnya.

Oleh karena itu, jika sudah muncul gejala parah alias infeksi seperti bernanah, artinya kamu harus segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan dari ahlinya. 

Pilihlah rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap dan dokter dengan pengalaman profesional, agar keluhanmu bisa terdiagnosis dan ditangani dengan baik. 

 

(*)

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya