Viral Pengobatan Ida Dayak, Dokter Ortopedi: Pilih Pengobatan Alternatif yang Termonitor

Viral praktik pengobatan alternatif yang dilakukan oleh Ida Dayak. Bagaimana pandangan secara medis?

oleh Tiara Laninda diperbarui 06 Apr 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2023, 11:00 WIB
Masalah yang Ditangani Dokter Spesialis Ortopedi
Pandangan medis terhadpa pengobatan alternatif. Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini viral praktik pengobatan alternatif yang dilakukan oleh wanita asal Kalimantan Timur yakni Ida Dayak. Kabar mengenai keampuhan pengobatannya semakin meluas. Masyarakat berbondong-bondong minta pertolongan untuk disembuhkan.

Ketua Dewan Pakar Indonesian Orthopaedic Association (PABOI) dan Ketua Kolegium Ortopedi dan Traumatologi 2019-2022, Prof. Dr. dr. Ferdiansyah, Sp.OT(K), menanggapi fenomena ini. 

Menurutnya, ini bukan merupakan kali pertama fenomena pengobatan alternatif muncul. Fenomena ini terjadi, kata Ferdiansyah, karena banyak masyarakat Indonesia yang punya penyakit kronis belum bisa disembuhkan dengan terapi medis.

Oleh karena itu, masyarakat cenderung mencari metode pengobatan lain yang bisa menyembuhkan.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak masyarakat kita yang rentan. Rentan yang artinya punya penyakit kronis atau cacat yang belum bisa disembuhkan dengan terapi medis,” kata Ferdiansyah dalam Media Briefing Virtual yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada Rabu (5/4).

“Mereka pasti akan selalu mencari metode pengobatan alternatif agar bisa sembuh,” tambahnya.

Harus Ada Monitoring dan Evaluasi 

Ferdiansyah menekankan metode pengobatan apapun harus ada monitoring dan evaluasi terhadap efektivitasnya.

“Seharusnya apapun yang dikerjakan itu ada monitoring dan evaluasi untuk efektivitasnya. Tanpa itu, nanti kita berasumsi dan itu tidak bagus,” Ferdiansyah menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jumlah Layanan Ortopedi yang Terbatas Jadi Salah Satu Penyebabnya

Viral Ida Dayak, PABOI Jelaskan Soal Fenomena Pengobatan Alternatif
Viral Ida Dayak, PABOI Jelaskan Soal Fenomena Pengobatan Alternatif

Ferdiansyah mengungkap penyebab lain maraknya warga memilih pengobatan alternatif adalah jumlah layanan ortopedi yang masih sangat terbatas.

“Jumlah dokter ortopedi saat ini memang belum banyak, baru sekitar 1.400 hingga 1.500 di Indonesia. Fenomena pengobatan alternatif terjadi karena kurangnya rasio dokter dibanding pasien,” ungkap Ferdiansyah.

Dia menambahkan, permasalah lain yang memperburuk keadaan adalah penyebaran dokter ortopedi yang tidak merata.

“Permasalahan lainnya adalah penyebarannya tidak merata. Hampir semua dokter menumpuk di Jakarta, jadi di daerah sangat kurang. Ini merupakan salah satu penyebab fenomena ini,” tambahnya.

Menurut Ferdiansyah, tugas utama saat ini adalah menambah jumlah ortoped dan pendistribusian dokter yang merata ke seluruh Indonesia.


Pengobatan Alternatif Berpotensi Baik, Harus Teruji Secara Medis

Mengenal Dokter Spesialis Ortopedi
Ilustrasi Dokter Spesialis Ortopedi Credit: freepik.com

Lebih lanjut, Ferdiansyah mengatakan, ilmu terus berkembang. Tidak ada satupun yang bisa mengklaim ilmu mereka yang paling baik.

Menurut Ferdiansyah, pengobatan-pengobatan yang ada sekarang perlu dibuktikan karena tidak menutup kemungkinan akan terbukti bagus. Namun, untuk sampai ke sana jangan sampai mengorbankan pasien.

Yang perlu dilakukan adalah pembuktian efikasi pengobatan dan sumber ilmu yang jelas.

“Harus terbukti efikasinya bagus dan termonitoring. Perlu dipastikan juga apakah sumber ilmunya terstandar dan terstruktur. Jika iya, kita bisa meningkatkan ilmu kedokteran dengan pengobatan-pengobatan baru itu,” jelasnya.

Dengan begitu, semua pihak bisa diuntungkan. Baik itu masyarakat maupun negara bisa memiliki kompartemen baru di bidang kesehatan.


Bersama-sama Mengevaluasi

Ortopedi
Ilustrasi Penanganan Dokter Ortopedi Credit: freepik.com

Enggan memberi konklusi pribadi, Ferdiansyah mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengevaluasi fenomena ini.

Menurutnya, yang terpenting adalah metode pengobatan yang digunakan sudah tersaintifikasi atau diilmiahkan.

“Mari sama-sama kita lihat dan evaluasi. Fenomena ini kan tidak hanya terjadi sekali, tetapi berkali-kali. Yang paling penting bagi kita adalah metode pengobatan sudah tersaintifikasi,” ungkap Ferdiansyah.

“Tugas kita adalah sama-sama mencari bukti ilmiah," lanjutnya. 

"Dicari dulu buktinya, apakah memang bisa menyembuhkan atau tidak. Daripada berasumsi seperti ini, mari kita buktikan bersama-sama,” tutup Ferdiansyah.

Infografis Cedera Tulang Belakang Neymar
Infografis Cedera Tulang Belakang Neymar (Liputan6.com/Yoshiro)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya