Kucing Suka Menatap Pemiliknya dalam Waktu Lama, Bisa Jadi Tanda Sayang atau Justru Ketakutan

Kucing memiliki banyak perilaku yang tampaknya aneh, salah satunya menatap pemiliknya dalam waktu lama secara terus-menerus. Apa artinya?

oleh Tiara Laninda diperbarui 18 Apr 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2023, 06:00 WIB
ilustrasi kucing
Ilustrasi kucing mentapa pemiliknya dalam waktu lama /Copyright pexels/Matheus Guimarães

Liputan6.com, Jakarta - Kucing memiliki banyak perilaku yang tampaknya aneh. Tidak jarang pemilik bertanya-tanya tentang kebiasaan kucing yang aneh, salah satunya menatap secara terus-menerus

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa kucing terus menatap sang pemilik. Akan tetapi jangan khawatir, umumnya tatapan kucing tidak berniat jahat. 

Dokter hewan dari San Francisco SPCA Behavior Specialty Clinic, Alison Gerken, menjelaskan bahwa meskipun manusia menganggap menatap sebagai perilaku yang kurang sopan, hal tersebut tidak berlaku untuk kucing.

Bahkan, menurutnya, menerima tatapan kucing merupakan kesempatan untuk lebih memahami kucing. “Ini akan memperkuat ikatan antara pemilik dan hewan peliharaan.”

Mata sebagai Alat Komunikasi Kucing

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata merupakan alat komunikasi penting bagi kucing.  Menurut ahli perilaku hewan bersertifikat, Janet Cutler, tatapan kucing bisa berarti meminta bantuan.

"Salah satu penelitian menemukan bahwa beberapa kucing akan menatap orang saat mereka tidak dapat menyelesaikan teka-teki untuk mendapatkan makanan, atau mungkin meminta bantuan," kata Cutler kepada Reader’s Digest ditulis Selasa (18/4/2023).

Studi lain menunjukkan bahwa kedipan mata lambat dan penyempitan mata pada kucing merupakan tindakan yang bersahabat.

Perubahan dalam pembesaran pupil, arah pandang, dan posisi kelopak mata semua dapat membantu menginterpretasikan apa yang ingin dikatakan kucing Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengapa Kucing Suka Menatap Pemiliknya?

Kucing - Vania
Ilustrasi Kucing/https://unsplash.com/Max Baskakov

Jika kucing Anda terus menatap tanpa henti, perlukah hal ini dikhawatirkan? Konsultan perilaku kucing bersertifikat, Denise Johnson, menjelaskan bahwa sebenarnya tatapan kucing sendiri tidak memberikan informasi yang jelas.

Oleh karena itu, Anda harus menilai postur kucing dan konteks situasi untuk memahami maksudnya. 

"Apakah kucing condong ke depan atau ke belakang? Apakah ia terlihat santai atau tegang?" tanya Johnson.

Jika tubuh kucing santai dan rileks, itu menandakan kucing merasa nyaman. Sebaliknya, jika posturnya tegang, itu menunjukkan bahwa kucing merasa takut.

Ukuran pupil juga perlu diperhatikan ketika kucing menatap. Menurut Johnson, pembesaran pupil bisa menjadi tanda stres atau akan segera menyerang saat bermain, tergantung pada situasinya.


Alasan Kucing Menatap, Bisa Jadi Tanda Sayang atau Justru Rasa Takut

Kucing - Vania
Ilustrasi Kucing/https://unsplash.com/Mikhail Vasilyev

Tanda Sayang

Kemungkinan pertama mengapa kucing menatap Anda adalah menunjukkan kasih sayang. Jika kucing Anda ingin menunjukkan kasih sayang, maka matanya akan sering mengerut dengan pupil yang menyempit.

“Jika ini tatapan kasih sayang, kucing akan memiliki tubuh yang santai dengan kaki-kaki mereka dijulurkan dari tubuh, telinga menghadap ke depan dalam posisi netral, dan ekor yang tegak," kata Gerken.

Rasa Penasaran

Kucing yang penasaran mungkin bertanya-tanya apa yang sedang kita lakukan. 

"Karena manusia tidak berbicara dalam bahasa yang sama dengan kucing, ada banyak hal yang dilakukan orang —seperti pelukan, menari, membongkar barang belanjaan— yang mungkin sangat membingungkan bagi kucing," ungkap Gerken.

Rasa Takut

Jika baru saja mengambil kucing dari tempat penyelamatan hewan, berikan ruang dan waktu yang dibutuhkan agar dia merasa tenang dan santai. Anda mungkin melihat mereka menatap dari jauh. 

“Kontak mata yang intens dan tajam menunjukkan bahwa dia belum yakin dengan Anda atau tindakan Anda," tutur Dr. Johnson.


Beri Ruang atau Abaikan Sementara

Kucing lucu (Foto: Pexels)
Kucing lucu (Foto: Pexels)

Beri Ruang

Kita tentu ingin menenangkan kucing ketika mereka merasa takut. Namun, jika kucing menatap dengan keras, itu berarti mereka ingin Anda menjauh.

Berikan kucing Anda ruang dan jauhkan hal-hal yang g membuatnya stres. Biarkan kucing datang kepada Anda ketika ia merasa nyaman. Berikan pengalaman positif dari jarak jauh dengan mainan dan makanan.

Mengabaikan Sementara

“Jika Anda tidak ingin bersaing dengan kucing Anda dalam kontes menatap, maka abaikan tatapan saat itu menjadi permintaan untuk sesuatu,” kata Gerken.

Artinya, jangan memberikan camilan, bermain, atau kasih sayang pada kucing Anda ketika dia menatap Anda. Simpanlah hadiah tersebut untuk saat-saat ketika kucing Anda melakukan perilaku yang Anda hargai.

Menatap Kembali dengan Penuh Kasih Sayang

Jika terlihat seperti tatapan kasih sayang, luangkan waktu untuk membalas tatapan itu.

"Jika kucing mengedipkan mata perlahan saat menatap, maka pemilik hewan peliharaan dapat membalas 'ciuman mata' untuk menunjukkan kembali kasih sayang dan cinta," jelas Gerken.

Mengedipkan mata perlahan sebelum memalingkan pandangan atau menjauh juga dapat membantu mengkomunikasikan pada kucing yang takut bahwa Anda bukan ancaman.

Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat
Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya