Isyana Sarasvati Didiagnosis Penyakit Lupus yang Bikin Bolak-Balik RS: Sehat Itu Mahal

Isyana Sarasvati didiagnosis terkena autoimun Sistemik Lupus Eritematosus (SLE) atau yang lebih dikenal dengan lupus.

oleh Diviya Agatha diperbarui 20 Apr 2023, 13:11 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2023, 11:20 WIB
Isyana Sarasvati bagikan kabar terbaru soal kondisi kesehatannya. Dirinya didiagnosis terkena Autoimun SLE atau lupus.
Isyana Sarasvati bagikan kabar terbaru soal kondisi kesehatannya. Dirinya didiagnosis terkena Autoimun SLE atau lupus. (Sumber: Instagram/isyanasarasvati).

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi sekaligus penulis lagu Isyana Sarasvati membagikan kabar terbaru soal kondisi kesehatannya. Wanita yang terkenal dengan kemampuan bernyanyinya ini didiagnosis terkena autoimun Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau lupus.

Kabar itu dibagikan langsung oleh Isyana Sarasvati. Pasalnya, Isyana menyebut banyak yang bertanya-tanya apa penyebab dirinya harus bolak-balik rumah sakit selama beberapa waktu belakangan.

"Story time!! Mungkin byk yg bertanya2 aku kenapa, kaya bolak balik RS mulu beberapa waktu ke belakang. Intinya akhir taun lalu aku terdiagnosis autoimun, salah satunya SLE," ujar Isyana dalam unggahan melalui akun Instagram pribadinya @isyanasarasvati, Kamis (20/4/2023).

"Nah skrg Ig flare. Begitu. Hehe. Sudah ditangani dengan sangat baik disini, feeling so so much better nowww. Semangaat," sambungnya.

Isyana Sarasvati Sadari Sehat Itu Mahal

Lebih lanjut Isyana Sarasvati mengakui, dari perjalanannya terkena autoimun SLE atau lupus, dirinya sadar bahwa sehat ternyata merupakan hal yang sangat mahal. Dirinya pun mengingatkan untuk menyayangi badan masing-masing.

"SATU SIH DARI AKU. SEHAT ITU MUAA MUAA MUAAHAAAL GUYS! Please sayang sayang badan kalian. Kalau emang sudah kecapean jangan diforsir, istirahat sejenak. Tidak apa-apa," kata Isyana Sarasvati.

Isyana Sarasvati turut memberikan semangat untuk siapapun yang membaca unggahannya terkait penyakit lupus tersebut. Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih untuk semua doa yang diberikan padanya.

"Semangat buat kita semua, terima kasih doa-doa baiknya! Daaan pastinya minal minul ya guys sekalian, love you," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Isyana Sarasvati Banjir Ucapan Lekas Sembuh

Isyana Sarasvati bagikan kabar terbaru soal kondisi kesehatannya. Dirinya didiagnosis terkena Autoimun SLE atau lupus.
Isyana Sarasvati bagikan kabar terbaru soal kondisi kesehatannya. Dirinya didiagnosis terkena Autoimun SLE atau lupus. (Sumber: Instagram/isyanasarasvati).

Usai unggahan itu dibuat oleh Isyana Sarasvati, begitu banyak ucapan lekas sembuh membanjiri laman Instagram pribadinya. Terlihat banyak public figure yang berharap kesembuhan Isyana segera.

"Eh, di sini mba minul. Semangat!! Lekas sembuh cantik," ujar Inul Daratista.

"Gws inyonk," kata Rossa menggunakan panggilan sayangnya pada Isyana.

"Ka Isyaaaan, cepet sembuh," tulis Ziva Magnolya.

"Cepet sembuuhh ya deeekk," ujar Regina Ivanova.

"Speedy recovery syna," sambung Dipha Barus dalam unggahan yang sama.

Selain itu, banyak penggemar Isyana yang turut mendoakan kesembuhannya sekaligus berharap agar istri Rayhan Maditra ini kuat menjalani prosesnya.

"Speedy recovery kak, I know it's not easy. Semoga kuat menjalani setiap prosesnya dan semoga dikelilingi orang2 baik dan tulus yg senantiasa menemani," tulis pemilik akun @o***g.


Apa Itu Autoimun SLE?

Potret Seru Isyana Sarasvati Liburan Bersama Suami ke Negeri Sakura
Isyana Sarasvati Didiagnosis Autoimun SLE atau Lupus. (Liputan6.com/IG/@isyanasarasvati)

Mungkin tak banyak yang tahu soal apa itu autoimun SLE. Autoimun SLE umumnya lebih dikenal dengan sebutan lupus. Mengutip laman Klikdokter, lupus merupakan salah satu penyakit autoimun yang kasusnya cukup banyak ditemukan.

Lupus terbagi menjadi empat jenis, SLE satu diantaranya. Sedangkan lupus jenis SLE ini dapat memengaruhi banyak sistem organ di dalam tubuh. Saat terkena autoimun SLE, sistem daya tahan tubuh seseorang kemudian akan menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri.

Autoimun SLE akan ditandai dengan peradangan kronis terutama pada ginjal, persendian, sel darah, otak, jantung, paru-paru, dan kulit. Sistem kardiovaskuler dan saraf menjadi bagian lainnya yang dapat ikut terpengaruh.

Hingga kini, sebagian besar penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Namun, kemunculannya dikaitkan dengan kombinasi antara faktor genetik dan faktor dari lingkungan.


Gejala Lupus atau Autoimun SLE

10 Ide OOTD Celana Kulot ala Artis, dari Anya Geraldine hingga Luna Maya
Gejala Autoimun SLE atau Lupus, Kondisi yang Dialami oleh Isyana Sarasvati. @isyanasarasvati.

Lupus menjadi salah satu penyakit yang terkadang sulit dikenali. Pasalnya, gejala lupus atau autoimun SLE sangat bervariasi dan dapat menyerupai beberapa kondisi klinis lainnya.

Gejala yang cukup khas pada lupus adalah munculnya ruam pada wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu, biasanya muncul pada bagian pipi. Namun, tidak semua pasien mengalami gejala yang satu ini.

Selain itu, kelelahan berat juga menjadi gejala SLE lainnya yang cukup sering ditemui. Aktivitas sehari-hari bisa menimbulkan kelelahan, sehingga beberapa pasien merasa kualitas hidupnya ikut terpengaruh.

Ada beberapa individu yang terlahir dengan kecenderungan mengalami lupus. Ada pula yang terpicu oleh faktor infeksi, penggunaan obat-obat tertentu, atau karena dipengaruhi kondisi stres.

Infografis Gerhana Matahari Total, Tidak Buta karena Gerhana
Infografis Gerhana Matahari Total, Tidak Buta karena Gerhana (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya