Ida Dayak Luruskan Tangan Bengkok dalam Sekali Tarikan, Dokter Ortopedi Singgung Sendi Palsu

Baru-baru ini pengobatan alternatif Ida Dayak viral di media sosial. Hal ini pun menarik perhatian berbagai pihak, termasuk dokter spesialis ortopedi Asa Ibrahim Zainal Asikin.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 20 Apr 2023, 19:31 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2023, 18:00 WIB
asa ibrahim
Baru-baru ini pengobatan alternatif Ida Dayak viral di media sosial. Hal ini pun menarik perhatian berbagai pihak termasuk dokter spesialis ortopedi Asa Ibrahim Zainal Asikin. Foto: tangkapan layar Twitter @asaibrahim.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini pengobatan alternatif Ida Dayak viral di media sosial. Hal ini pun menarik perhatian berbagai pihak termasuk dokter spesialis ortopedi Asa Ibrahim Zainal Asikin.

Dalam video singkat yang diunggah di akun TikTok pribadinya, Asa menjelaskan soal kondisi pasien yang ditangani oleh Ida Dayak.

Menurutnya, banyak warganet yang memintanya memberi penjelasan soal video Ida Dayak. Dalam video yang dikomentari, ada seorang ibu berbaju kuning yang mengalami patah tulang. Ibu itu ditangani oleh Ida Dayak dengan hanya melakukan penarikan pada tangan. Terlihat tangan pasien pun kembali lurus seketika.

“Jadi banyak banget yang nge-tag saya di video ini, gimana caranya ada orang patah tulang cuman ditarik gitu bisa langsung sembuh. Apa itu masuk akal? Mari kita bahas,” kata Asa dalam video TikTok berdurasi 1,33 menit itu.

Sebelum membahas video tersebut, Asa menampilkan beberapa video lain terkait orang-orang dengan kondisi yang mirip dengan ibu berbaju kuning.

“Yang pertama ada bapak ini yang tangannya bisa dibengkok-bengkokkan, tapi orangnya masih senyum. Yang kedua kasus di mana tangan malah bisa sampai dipuntir-puntir,” jelas Asa soal video-video terkait.

Dalam kasus-kasus ini, Asa mengatakan bahwa ada pembentukan sendi palsu yang dialami orang-orang tersebut.

“Jadi dari semua kasus tadi terdapat kemiripan di mana terbentuk sendi palsu atau seudoartrosis pada lengan atas dari orang-orang yang menderitanya,” kata Asa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Akibat Patah Tulang yang Tidak Ditangani dengan Baik

5 Fakta Ibu Ida Dayak, Viral Karena Pengobatan Alternatif Hingga Bikin Macet Jalan
Baru-baru ini pengobatan alternatif Ida Dayak viral di media sosial. Hal ini pun menarik perhatian berbagai pihak termasuk dokter spesialis ortopedi Asa Ibrahim Zainal Asikin. (Sumber: Instagram/ibu_ida_dayak)

Terbentuknya sendi palsu, sehingga orang bisa melipat-lipat tangannya biasanya akibat patah tulang yang tidak ditangani dengan baik.

“Biasanya itu terjadi akibat patah tulang yang tidak ditangani dengan baik, sehingga tulangnya tidak menyatu dan bisa bergerak antara segmen tulang yang patah.”

“Sendi palsu ini membuat tangan bisa digerak-gerakan (secara abnormal) tanpa nyeri. Bisa dilihat di video orangnya bisa sambil ketawa santai karena memang tidak nyeri,” jelas Asa.


Tidak Sepenuhnya Sembuh

5 Fakta Ibu Ida Dayak, Viral Karena Pengobatan Alternatif Hingga Bikin Macet Jalan
Baru-baru ini pengobatan alternatif Ida Dayak viral di media sosial. Hal ini pun menarik perhatian berbagai pihak termasuk dokter spesialis ortopedi Asa Ibrahim Zainal Asikin. (Sumber: Instagram/ibu_ida_dayak)

Dalam video viral Ida Dayak, Asa melihat setelah tangan ibu berbaju kuning lurus, di akhir video malah bengkok lagi.

“Kalau teman-teman lihat di video itu, di bagian akhirnya ada bapak-bapak yang melihat bahwa setelah lurus enggak sengaja kebawa ke samping terus tangannya jadi bengkok lagi dan harus dipegangin sampai akhir.”

“Kalau enggak dipegangin ya akan bengkok lagi tulang itu karena memang penyakitnya nonunion atau tulang yang gagal menyatu.”

Maka dari itu, Asa menyarankan agar pasien segera berobat ke dokter untuk diperbaiki tulangnya agar kembali tegak dan tidak bengkok.

“Jadi sebaiknya segera berobat ke dokter untuk di fiksasi--dibenerin tulangnya supaya tegak lagi, tidak bengkok seperti itu,” kata Asa dalam video yang diunggah ulang di akun Twitternya @asaibrahim.


Kata Ibu Baju Kuning

Ida Dayak
Baru-baru ini pengobatan alternatif Ida Dayak viral di media sosial. Hal ini pun menarik perhatian berbagai pihak termasuk dokter spesialis ortopedi Asa Ibrahim Zainal Asikin. (Foto: Tangkapan layar TikTok @idadayak7)

Setelah viral saat diobati Ida Dayak, ibu baju kuning pun ikut angkat bicara. Menurutnya, tangannya tidak benar-benar sembuh setelah ditangani Ida Dayak.

Pasien itu pun protes karena videonya viral di mana-mana seolah sembuh. Padahal, kenyataannya tangannya tetap bengkok.

“Ibu Dayak, jangan suka upload-in tangan saya terus ya, seolah-olah baik sempurna. Ini hasilnya, belum, masih begini nih tangan saya,” kata perempuan berambut pendek itu dalam video singkat sambil menunjukkan tangannya yang masih bengkok.

Ia pun kecewa karena Ida Dayak sulit dihubungi, padahal sudah janji akan meluruskan tangan pasien tersebut.

“Ditelepon enggak nyambung. Katanya janji mau ngelurusin tangan saya. Akhirnya enggak datang, cuma sekali doang,” pungkas pasien tersebut.

Infografis Cedera Tulang Belakang Neymar
Infografis Cedera Tulang Belakang Neymar (Liputan6.com/Yoshiro)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya