Hari Persahabatan Sedunia, Waktunya Beri Tahu Sahabat Jika Mereka Istimewa

Dengan semakin populernya media sosial di seluruh dunia, telah terjadi peningkatan dalam merayakan Hari Persahabatan Sedunia.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 30 Jul 2023, 10:04 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2023, 08:47 WIB
Ilustrasi sahabat (Photo by Nathan Dumlao on Unsplash)
Ilustrasi sahabat (Photo by Nathan Dumlao on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Sahabat merupakan sosok yang istimewa dalam kehidupan. Meski tidak terikat hubungan darah, sahabat menjadi salah satu yang lekat di hati, yang mengerti diri kita dan siap memberi dukungan yang diperlukan. Hubungan yang istimewa inilah yang mendasari adanya Hari Persahabatan Sedunia yang diperingati setiap 30 Juli.

Pada tahun 2011, Majelis Umum PBB mengumumkan Hari Persahabatan Internasional sebagai hari untuk merayakan persahabatan, ikatan antar budaya, komunitas, negara, dan manusia. Pemuda adalah masa depan negara, dan hari ini menekankan pentingnya mengajarkan mereka untuk menghormati perbedaan dan mencari persatuan dalam segala hal.

Ide awal adanya hari persahabatan berasal dari kartu Hallmark di tahun 1930-an. Semula hari persahabatan dirayakan pada 2 Agustus, namun perayaan itu sebagian besar dipandang sinis oleh publik karena dianggap sebagai cara menghasilkan semata. Penjualan kartu hari persahabatan tidak berhasil di Eropa dan pada pertengahan 1940-an hari itu memudar menjadi tidak jelas di AS, dikutip dari laman awarenessdays.

Gagasan hari untuk menghormati persahabatan, bagaimanapun, diadopsi oleh sejumlah negara di Asia di mana tetap menjadi kebiasaan populer untuk mencadangkan hari untuk merayakan persahabatan dan pertukaran hadiah antarteman.

Dengan semakin populernya media sosial di seluruh dunia, telah terjadi peningkatan dalam merayakan Hari Persahabatan Sedunia dan Hari Persahabatan Internasional secara online serta dengan kegiatan komunitas di komunitas lokal yang bertujuan untuk menyatukan mereka yang berbeda latar belakang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perayaan Hari Persahabatan di Seluruh Dunia

Ilustrasi teman, sahabat, kepercayaan
Ilustrasi teman, sahabat, kepercayaan. (Photo by Hannah Busing on Unsplash)

Hari Persahabatan Internasional pada 30 Juli bukanlah satu-satunya hari yang merayakan persahabatan di seluruh dunia.

Sejumlah negara, seperti Paraguay, juga merayakannya pada 30 Juli, namun negara lain memiliki tanggal yang berbeda.

Misalnya, Argentina, Brasil, dan Spanyol merayakan Hari Sahabat pada tanggal 20 Juli, sedangkan di India dan AS merayakannya pada hari Minggu pertama bulan Agustus. Di Finlandia dan Estonia, Hari Persahabatan dirayakan pada hari yang sama dengan Hari Valentine, 14 Februari.


Rayakan dengan Sahabat

Ilustrasi teman, sahabat, nongkrong
Ilustrasi teman, sahabat, nongkrong. (Photo by Afta Putta Gunawan on Pexels)

Ada sejumlah cara untuk merayakan Hari Pesahabatan Sedunia, berikut contohnya:

  • Telepon sahabat

Kamu bisa mengirim pesan singkat, telepon hingga video call untuk memberi tahu sahabatmu betapa istimewanya kehadiran mereka dalam hidupmu.

  • Kirim bingkisan

Sebagai sahabat, kamu pun bisa mengirimkan bingkisan bagi mereka. Jenisnya bisa disesuaikan dengan hal-hal yang disukai sahabatmu, ya.

  • Buat janji temu

Tidak ada hal yang lebih menyenangkan bagi sahabat untuk bertemu dan berbagi cerita. Buatlah janji temu dengan sahabat untuk sekadar ngopi cantik, makan siang bersama, atau menonton bioskop!Lakukan hal-hal menyenangkan untuk merayakan persahabatanmu dengan sahabat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya