Terungkap, Perempuan yang Suka Pria Tinggi Menganggap Diri Sendiri Menarik

Perempuan menganggap laki-laki yang lebih tinggi dengan SHR yang lebih besar lebih menarik, maskulin, dominan, dan kemampuan bertarungnya lebih tinggi.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 05 Jul 2024, 22:56 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 22:11 WIB
Pria Tinggi
Pria dengan rasio bahu-pinggul yang lebih besar cenderung memiliki bahu yang lebar dan lengan yang besar dan berotot. (Foto: Unsplash/Joel Bengs)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian baru mengungkapkan fakta yang cukup mengejutkan. Berdasarkan studi tersebut, wanita yang menyukai pria tinggi cenderung menganggap diri mereka menarik.

Untuk studi tersebut, para peneliti dari Texas A&M International University mengumpulkan 247 perempuan heteroseksual. Para relawan penelitian memiliki usia rata-rata 24 tahun. Mereka diperlihatkan serangkaian gambar yang memuat laki-laki dengan tinggi badan dan "rasio bahu-pinggul" (SHR) berbeda-beda.

Tim peneliti mengungkap, "Perempuan menganggap laki-laki yang lebih tinggi dengan SHR yang lebih besar lebih menarik, maskulin, dominan, dan kemampuan bertarungnya lebih tinggi."

Temuan mengenai pria tinggi tersebut kemudian dipublikasikan dalam jurnal akademis Evolutionary Psychological Science volume terbaru.

Rasio bahu-pinggul mengacu pada perbedaan antara lingkar bahu dan lingkar pinggang.

Pria dengan rasio bahu-pinggul yang lebih besar cenderung memiliki bahu yang lebar dan lengan yang besar dan berotot.

Selain itu, mereka cenderung memiliki pinggang yang lebih kecil dan lebih sedikit lemak di sekitar perut.

“Diduga bahwa ciri-ciri dimorfik seksual [tinggi badan dan SHR yang lebih besar] merupakan cerminan kualitas genetik laki-laki,” tulis para peneliti, dilansir New York Post

Mereka menambahkan bahwa ciri-ciri tersebut menunjukkan kepada perempuan bahwa laki-laki tersebut memiliki “kemampuan untuk memberikan manfaat langsung” seperti “perlindungan, penyediaan sumber daya.”

Menariknya, wanita yang menilai dirinya menarik (“nilai pasangan lebih tinggi”) lebih cenderung mengatakan bahwa pria bertubuh tinggi lebih diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perempuan Harus Hati-Hati

Namun, wanita yang percaya diri dalam menentukan tinggi badan harus berhati-hati.

Sebuah laporan tahun 2019 tentang apa yang mendorong pria untuk selingkuh, menemukan bahwa mayoritas dari mereka yang mengaku melihat wanita lain di belakang pasangannya memiliki tinggi badan lebih dari 5 kaki 10 inci (177 cm).

Studi tersebut mencakup statistik yang dikumpulkan oleh situs urusan online Ashley Madison yang menemukan bahwa pria yang lebih tinggi dua kali lebih mungkin untuk berbuat selingkuh jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki tinggi badan di bawah lima kaki 10 inci atau 177 cm.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya