Rekomendasi Minuman Saat Dehidrasi untuk Ganti Cairan Tubuh dengan Cepat

Deretan minuman ini dianjurkan untuk dikonsumsi saat gejala dehidrasi menyerang demi kembalikan cairan tubuh lebih cepat, apa saja?

oleh Wuri Anggarini diperbarui 07 Okt 2024, 15:24 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2024, 15:20 WIB
Rekomendasi Minuman Saat Dehidrasi untuk Ganti Cairan Tubuh dengan Cepat
Ilustrasi perempuan dehidrasi. (c) BongkarnGraphic/Depositphotos.com

Liputan6.com, Jakarta Pernah nggak sih mengalami kondisi seperti rasa haus yang hebat, kepala pusing, jarang buang air kecil, dan mulut yang terasa kering? Waspada, bisa jadi kamu sedang mengalami dehidrasi nih. Kondisi tersebut terjadi ketika cairan tubuh yang masuk lebih sedikit dibandingkan yang dikeluarkan. Jangan disepelekan, karena bisa menyebabkan berbagai gangguan fungsi organ di dalam tubuh, terutama karena tubuh manusia sebagian besar terdiri atas cairan! 

Saat gejala dehidrasi melanda, jauhi minuman seperti soda atau kafein yang bisa memperparah kondisinya. Sebaiknya, mulai konsumsi deretan minuman ini yang bisa ganti cairan tubuh dengan cepat. 


1. Air Putih

ilustrasi waktu yang tepat untuk minum air putih/unsplash
ilustrasi waktu yang tepat untuk minum air putih/unsplash

Air putih menjadi pilihan paling umum dan paling simpel saat tubuh membutuhkan cairan. Saat dehidrasi, kandungan air di dalam tubuh menurun sehingga minum air putih menjadi pilihan paling cepat dan alami untuk mengembalikannya. Air putih membantu sistem tubuh berjalan lancar, dari pencernaan hingga sirkulasi darah.

Nggak hanya itu, jika dikonsumsi secara berkala, air putih juga dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh lewat keringat dan urine. Jadi, jangan tunggu sampai merasa haus, tapi pastikan penuhi kebutuhan cairan tubuh secara rutin agar terbebas dari dehidrasi. 


2. Cairan Elektrolit

Rekomendasi Minuman Saat Dehidrasi untuk Ganti Cairan Tubuh dengan Cepat
Ilustrasi cairan elektrolit. (c) Lisa Fotios/Pexels.com

Setelah olahraga intens atau terkena panas matahari dalam waktu yang lama, tubuh tidak hanya kehilangan air, tapi juga elektrolit seperti natrium, kalium dan magnesium. Zat tersebut sangat penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf. Nah, kamu bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan cairan elektrolit seperti dari oralit atau minuman olahraga. 

Minuman ini bekerja cepat karena kandungan garam dan gula yang dirancang untuk mempercepat penyerapan cairan oleh tubuh. Jadi, jika kamu merasa lemas karena dehidrasi setelah aktivitas fisik berat, minuman elektrolit adalah pilihan yang tepat untuk memulihkan tenaga dan cairan tubuh.


3. Infused Water

Infused Water Mentimun dan Mint
Minuman Detox yang Membantu Membersihkan Kulit dari Dalam copyright/freepik

Kalau bosan dengan air putih biasa, infused water bisa jadi pilihan yang lebih segar dan menarik. Minuman ini dibuat dari campuran air putih, potongan buah, sayuran, atau herbal. Misalnya saja lemon, mentimun dan daun mint. Tanpa gula tambahan, infused water dapat membuat minuman lebih berasa dan menyegarkan sehingga jadi alternatif yang lebih sehat. 

Selain menyegarkan, minuman ini juga mengandung vitamin dan mineral dari bahan yang direndam. Misalnya, lemon memberikan tambahan vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh, sementara mentimun mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit. Infused water juga bisa menjadi motivasi tambahan untuk minum lebih banyak air setiap hari!


4. Air Kelapa

Ilustrasi Air Kelapa Muda (Sumber: freepik.com/jcomp)
Ilustrasi Air Kelapa Muda (Sumber: freepik.com/jcomp)

Air kelapa terkenal sebagai salah satu minuman alami terbaik untuk menggantikan cairan tubuh. Kandungan elektrolitnya yang melimpah, seperti kalium dan natrium, membuat air kelapa sangat efektif untuk rehidrasi. Rasanya yang manis alami juga membuatnya lebih nikmat dibanding air putih biasa.

Selain itu, air kelapa rendah kalori dan mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C, serat, dan antioksidan. Minuman ini tidak hanya baik untuk menghidrasi tubuh, tetapi juga membantu meningkatkan metabolisme dan memperbaiki fungsi pencernaan. Cocok banget buat diminum setelah olahraga atau saat merasa lelah.


5. Jus Buah dan Sayuran Tanpa Gula

Resep jus buah
Resep jus untuk meningkatkan imunitas tubuh. (Foto: Freepik/rrvachov)

Jus buah dan sayuran segar tanpa gula tambahan juga bisa menjadi solusi cepat saat dehidrasi. Buah-buahan seperti semangka, jeruk, atau mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga membantu tubuh mengembalikan cairan. Ditambah lagi, kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Namun, saat membuat jus sendiri di rumah, pastikan tidak menambahkan gula agar tidak memberikan  asupan kalori yang berlebihan. Jus yang terbuat dari bahan alami seperti apel, bayam, wortel atau semangka sangat baik memperbaiki keseimbangan elektrolit tubuh secara alami sehingga dapat memberikan energi tambahan yang menyegarkan. 

Beberapa rekomendasi minuman di atas bisa jadi alternatif untuk mengatasi dehidrasi yang muncul. Namun, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan asupan cairan sehari-hari mengingat risiko dehidrasi yang nggak boleh diabaikan karena mengganggu fungsi tubuh. Jadi, sudahkah kamu memenuhi kebutuhan cairan hari ini?  

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya