Penutupan Peparnas 2024 Tampilkan Orkestra Bahasa Isyarat dan Libatkan Anak-Anak SLB

Penutupan Peparnas 2024 akan menyajikan orkestra bahasa isyarat yang bekerja sama pula dengan sekolah luar biasa (SLB) setempat.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 12 Okt 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2024, 20:00 WIB
Penutupan Peparnas 2024 Tampilkan Orkestra Bahasa Isyarat dan Libatkan Anak-Anak SLB
Ketua Sub Bidang Upacara Panitia Besar (PB) Peparnas XVII Hasbi Ashshiddiqi soal Penutupan Peparnas 2024 Tampilkan Orkestra Bahasa Isyarat dan Libatkan Anak-Anak SLB, Solo (12/10/2024). Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Liputan6.com, Surakarta - Pekan Paralimpiade Nasional 2024 sudah di penghujung, para atlet dan ofisial tengah bersiap menuju malam puncak penutupan Peparnas Solo.

Menurut Ketua Sub Bidang Upacara Panitia Besar (PB) Peparnas XVII Hasbi Ashshiddiqi, dalam penutupan ini panitia akan melibatkan seniman dan anak-anak disabilitas.

Bahkan, akan disajikan orkestra bahasa isyarat yang bekerja sama pula dengan sekolah luar biasa (SLB) setempat.

“Ada pertunjukan kreatif kolaborasi nyanyian bahasa isyarat. Kalau pernah lihat orkestra dengan alat, kalau ini orkestra dengan bahasa isyarat jadi ini dibawakan 100 orang dengan 5 konduktor,” ujar Hasbi dalam konferensi pers di Media Center Peparnas 2024, Solo, Sabtu (12/10/2024).

Dalam kesempatan yang sama, koreografer Eko Pace mengatakan bahwa dirinya yakin bahwa Solo memiliki potensi luar biasa dalam bidang pertunjukkan.

“Saggar-sanggar di Solo, seniman-seniman di Solo yang luar biasa termasuk teman-teman yang akan terlibat dalam karya di dalam tarian sebetulnya banyak dari teman-teman disabilitas,” kata Eko.

“Kami menggandeng teman-teman dari Yayasan Pembinaan Anak Cacat Surakarta (YPAC), SLBN Cangakan Karanganyar, SLB YKAP Solo, dan beberapa sanggar di Solo,” tambahnya.

Apa Presiden Joko Widodo akan Hadir?

Koreografer Eko Pace
Koreografer Eko Pace soal penutupan Peparnas 2024, Solo (12/10/2024). Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Pihak Hasbi belum bisa memastikan apakah penutupan Peparnas 2024 akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau tidak. Namun, jika RI1 tidak hadir maka ada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang bisa menggantikan.

“Sambutan Menpora jika RI1 tidak hadir, tapi jika RI1 hadir setelah Menpora akan ada sambutan Presiden.”

Bertabur Bintang

Penutupan Peparnas 2024 Tampilkan Orkestra Bahasa Isyarat dan Libatkan Anak-Anak SLB
Penutupan Peparnas 2024 Tampilkan Orkestra Bahasa Isyarat dan Libatkan Anak-Anak SLB, Solo (12/10/2024). Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Secara umum, upacara penutupan Peparnas XVII Solo 2024 bakal menyajikan berbagai pertunjukan yang megah untuk menghibur penonton. Salah satu bintang tamu yang bakal meramaikan agenda kali ini ialah Maliq & D’Essentials.

Hasbi memastikan bahwa Upacara Penutupan yang bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu (13/10/2024), tak kalah meriah dengan agenda Pembukaan. Sebab, ada berbagai pertunjukan yang bakal memanjakan penonton.

Acara bakal dimulai sejak pukul 15.00 WIB yang menampilkan berbagai bintang tamu seperti Soloensis, Menuk Hentiasanti, Woro Widawati, Niken Salindry dan Aryan, hingga Diskoplo. Selanjutnya, Dodi Doris bakal menjadi penampil terakhir sebelum memasuki acara on air.

"Pemilihan talent dalam upacara penutupan Peparnas XVII ini kami lakukan lewat polling. Ini dilakukan oleh semua stakeholder yang terlibat, termasuk anak-anak muda, dari Gen Z hingga Millenial," kata Hasbi.

Pastikan Keamanan Pesta Penutupan Peparnas 2024

Dalam acara yang sama, Kasi Humas Polresta Surakarta, AKP Umi Suparti, memastikan bahwa pihaknya telah menyiapkan ratusan personel untuk mengamankan seluruh rangkaian upacara penutupan Peparnas XVII Solo 2024.

Umi menjelaskan, total kekuatan yang diterjunkan pada upacara penutupan ini mencapai 870 personel. Dari semua itu, 360 personel di antaranya secara khusus ditempatkan untuk melakukan pengamanan upacara penutupan di Stadion Manahan.

"Polresta Surakarta akan menyiapkan 360 personel khusus untuk upacara penutupan dan pengamanan situasi di Stadion Manahan. Selain itu, ada pula petugas-petugas yang menjaga lalu lintas dari hotel-hotel tempat atlet menginap menuju stadion," kata Umi Suparti.

"Anggota kami akan bertugas di area ring dua dan tiga, karena, untuk area ring satu, itu sudah menjadi ranah Paspampres. Kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, terutama untuk kantung-kantung parkir," tegasnya.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya