Mau Tes HIV? Di RSCM Saja!

Anda yang ingin menjalani tes HIV tapi tak tahu tempatnya, bisa mendatangi Poli Unit Pelayanan Terpadu HIV (UPT-HIV) di RSCM Jakpus

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 07 Nov 2013, 13:30 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2013, 13:30 WIB
balita-hiv130304b.jpg
Anda yang ingin menjalani tes HIV tapi tak tahu tempatnya, bisa mendatangi Poli Unit Pelayanan Terpadu HIV (UPT-HIV) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat yang berada di lantai 4. Hingga kini, jumlah pasien yang melakukan tes tak sedikit, mencapai ribuan dalam sebulan.

"Dalam sebulan pasien yang datang ke poli UPT-HIV RSCM sebanyak 1.200 sampai 1.400 orang," kata Head of UPT-HIV RSCM, Dr. Teguh Haryono, dalam acara `Peluncuran Portal Informasi Seputar HIV/AIDS dan Penyakit Menular TemanTeman.org`, di Gedung A Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Kamis (7/11/2013)

Di luar ruang terpampang jelas tulisan `Unit Pelayanan Terpadu HIV`. Menurut Teguh, stigma yang selama ini tidak mengenakkan, sudah mulai turun. "Ya, itu terbukti dari jumlah pasien yang menjalani tes tiap bulannya," kata pria berkacamata ini menegaskan.

Lebih lanjut Dr Teguh Haryono mengatakan, dalam pemeriksaan di poli itu pasien tidak perlu takut dibedakan, terlebih bagi pasien yang masuk kategori 'Laki-laki Suka Laki-laki (LSL)'.

"Semua pasien tidak pernah dibedakan. Jadi tidak perlu khawatir," katanya lagi kembali menegaskan.

Selain dilakukan pemeriksaan, di poli itu setiap pasien akan diberi edukasi mengenai HIV dan bagaimana cara pencegahannya, bila pasien itu terbukti negatif HIV.

Sebelumnya UPT HIV ini bernama Pokdisus pada 1986. Kemudian namanya berubah pada 2007.

(Adt/Mel/*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya