Lebih Baik Kulit Gosong daripada Kena Kanker Kulit

Vitamin D dipercaya ampuh dapat melindungi seorang wanita dari kanker payudara. Dan sumber terbaik vitamin D berasal dari sinar matahari.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 17 Feb 2014, 18:18 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2014, 18:18 WIB
vitamin-d-140217b.jpg
Vitamin D dipercaya ampuh dapat melindungi seorang wanita dari kanker payudara. Selain dari makanan dan suplemen, sumber terbaik vitamin D berasal dari sinar matahari. Namun sayang, masih banyak wanita yang enggan terpapar sinar matahari pagi, dan memilih untuk menutup seluruh anggota badannya dengan memakai tabir surya berlebih.

"Vitamin D memang diperlukan, dan sinar matahari jangan diabaikan begitu saja. Jangan sampai menutup diri berlebih, yang menyebabkan seorang wanita tidak terkena paparan sinar matahari pagi," kata Nutrisionist Rumah Sakit Mayapada Jakarta, dr. Ekky M. Rahardja MS, SpGK kepada Health Liputan6.com ditulis Senin (17/2/2014)

Selain itu, banyak wanita itu yang mengatakan alasannya enggan terkena paparan sinar matahari langsung dan senang memakai tabir surya agar selalu terlihat lebih muda. "Padahal mending tua yang penting tidak kena kanker, dari pada sebaliknya," kata dr. Ekky menambahkan.

Di satu sisi, jelas dr. Ekky, wanita enggan melakukan itu karena takut terkena kanker kulit. Inilah yang menyebabkan seorang wanita lebih memilih utnuk menutup dirinya. Wanita juga harus tahu, kapan waktu matahari itu dinilai baik dan tidak.

"Jangan fanatik dan ketakutan. Sinar matahari pagi bagus kok untuk tubuh. Anak bayi saja dijemur di bawah sinar matahari. Apa mereka dipakaikan tabir surya? Tidak, kan? Malah penyakit kuningnya hilang," kata dr. Ekky menerangkan.

Sinar matahari diciptakan Tuhan untuk manusia dengan segala manfaatnya. Saking bermanfaatnya, manusia bahkan meniru dengan membuat lampu yang cahayanya mirip dengan sinar matahari.

Sebelum seorang wanita ketakutan, terlebih dulu harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk terpapar sinar matahari.

(Adt/Abd)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya