9 Penyebab Pinggang Sakit yang Harus Diwaspadai, Ketahui Cara Mengatasinya

Penyebab pinggang sakit yang perlu diketahui dan diwaspadai

oleh Bimo Bagas Basworo diperbarui 12 Jul 2022, 17:50 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2022, 17:50 WIB
Seputar Sakit Pinggang
Ilustrasi Sakit Pinggang Credit: unsplash.com/Gemma

Liputan6.com, Jakarta Sakit pinggang adalah suatu hal yang sering terjadi, biasanya identik dengan orang tua. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab pinggang sakit. Biasanya penyebab pinggang sakit tidaklah berbahaya, tetapi dalam beberapa kasus, pinggang sakit juga bisa menjadi gejala kondisi medis yang cukup serius. 

Sakit pinggang bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya orang yang menderita sakit pinggang akan merasakan sakit di bagian pinggang yang menjalar hingga tungkai dan kaki. Sakit pinggang juga dapat membuat penderitanya kesulitan untuk menahan buang air besar, kesulitan untuk buang air kecil, demam, hingga turunnya berat badan.

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab pinggang sakit; mulai dari masalah otot, hingga masalah medis yang cukup serius seperti patah tulang pinggul. Berikut ini beberapa penyebab pinggang sakit yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/7/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab Pinggang Sakit

Ciri Sakit Pinggang yang Disebabkan Batu Ginjal
Ciri Sakit Pinggang yang Disebabkan Batu Ginjal

1. Radang Sendi Pinggul

Penyebab pinggang sakit yang pertama ialah radang sendi pinggul. Hal ini terjadi ketika sendi di pinggul mengalami peradangan. Radang sendi bisa membuat pinggang terasa sakit karena adanya robekan kecil pada jaringan di pinggul yang kemudian menyebabkan rasa nyeri.

2. Iritasi Usus

Iritasi usus bisa menjadi penyebab pinggang sakit. Iritasi usus terjadi ketika kontraksi otot usus besar dalam sistem pencernaan tubuh manusia bergerak secara tidak teratur. Iritasi usus dapat menyebabkan rasa sakit di pinggang, khususnya di pinggang sebelah kiri. Gejala iritasi lambung yang lainnya ialah diare, sakit kepala, dan perut kembung. Segeralah periksa ke dokter apa bila anda merasakan gejala-gejala tersebut sebelum semakin parah.

3. Otot Tertarik

Penyebab pinggang sakit yang berikutnya ialah otot tertarik. Ketika anda menggerakkan tubuh anda dari membungkuk menjadi tegak secara mendadak ataupun memutar tubuh bagian atas anda terlalu cepat, ini bisa menyebabkan otor tertarik. Rasa sakit di pinggang akibat otot tertarik bisa terjadi selama berminggu-minggu dan rasa nyerinya bisa menjalar hingga ke bagian bokong. Otot tertarik juga bisa disebabkan oleh berbagai kegiatan seperti olahraga.


Penyebab Pinggang Sakit adalah Batu Ginjal

Sakit Pinggang
Ilustrasi Sakit Pinggang Credit: unsplash.com/Gemma

4. Batu Ginjal

Penyebab pinggang sakit yang selanjutnya ialah batu ginjal. Ginjal adalah salah satu organ yang paling penting di tubuh manusia yang terletak di pinggang manusia. Salah satu tugas dari ginjal ialah menyaring dan membuang zat-zat kimia ataupun zat-zat berbahaya lainnya yang ada di dalam tubuh manusia. Batu ginjal terbentuk dari zat-zat berbahaya yang mengendap dan mengeras di ginjal. Orang yang memiliki batu ginjal dapat merasakan rasa sakit di pinggangnya.

5. Infeksi Ginjal

Infeksi Ginjal bisa menjadi salah satu penyebab pinggang sakit. Infeksi ginjal disebabkan oleh permasalahan pada kandung kemih yang kemudian menjalar sampai ke ginjal. Infeksi ginjal harus segera diatasi karena bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal dan infeksi yang mematikan. Orang yang mengalami infeksi ginjal bisa merasakan rasa sakit dan nyeri di pinggangnya, tepatnya di tulang belakang atas panggul. Gejala lain dari infeksi ginjal ialah rasa sakit saat buang air kecil, demam, mual, dan muntah.

6. Radang Usus Buntu

Penyebab pinggang sakit yang berikutnya ialah radang usus buntu. Radang usus buntu disebabkan oleh adanya penyumbatan di lapisan usus buntu yang kemudian menyebabkan peradangan. Radang usus buntu bisa diderita oleh siapa saja, meskipun mayoritas terjadi pada orang-orang berusia 10-30 tahun. Radang usus buntu menyebabkan rasa sakit di pinggang, khususnya di pinggang sebelah kanan. Selain itu, usus buntu juga bisa menyebabkan demam, mual, muntah, dan turunnya nafsu makan. Usus buntu harus segera dirawat karena bisa menyebabkan komplikasi seperti pecahnya usus buntu.


Penyebab Pinggang Sakit diantaranya masalah tulang belakang

sakit pinggang
sakit punggung bawah (sumber: freepik)

7. Masalah Tulang Belakang

Masalah tulang belakang bisa menjadi penyebab pinggang sakit. Ada beberapa masalah tulang belakang yang bisa menimbulkan rasa sakit di pinggang, diantaranya adalah otot kaku, degenerasi tulang, serta cedera ligamen. Degenerasi tulang belakang terjadi ketika kondisi tulang belakang menurun dan menjadi keropos. Umur menjadi penyebab utama dari tulang keropos. Selain itu, obesitas juga bisa menyebabkan tulang keropos.

8. Buritis Trokanterika

Penyebab pinggang sakit yang berikutnya ialah Buritis Trokanterika. Mengutip dari situs web Healthline. buritis trokanterika terjadi ketika bursa yang merupakan kantung cairan yang terletak di dekat sendi panggul mengalami peradangan. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan peradangan ini, mulai dari cedera pinggul, penggunaan sendi yang berlebihan, hingga masalah postur tubuh.

9. Patah Tulang Pinggul

Penyebab pinggang sakit yang berikutnya ialah patahnya tulang pinggul. Mengutip dari situs yang sama, patah tulang pinggul banyak terjadi pada lansia dan penderita osteoporosis yang memiliki tulang yang lemah. Patah tulang pinggul menyebabkan nyeri pinggul yang sangat mendadak dan parah, dan memerlukan perhatian medis segera. Ada komplikasi yang bisa timbul dari pinggul yang retak, seperti pembekuan darah di kaki. Untuk memperbaiki tulang pinggul yang patah, biasanya dilakukan dengan cara operasi.


Cara Mencegah dan Mengatasi Sakit Pinggang

[Fimela] Atasi Sakit Punggung
Ilustrasi sakit pinggang | unsplash.com

Setelah mengetahui penyebab pinggang sakit, ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini beberapa cara mengatasi sakit pinggang yang bisa kamu lakukan di rumah :

- Anda bisa mengoleskan salep pereda nyeri otot pada bagian pinggang yang sakit untuk meredakan rasa sakit.

- Anda juga bisa meminum paracetamol untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

- Kompres pinggang yang sakit dengan es selama kurang lebih 20 menit setiap 2-3 jam.

- Anda bisa melakukan terapi chiropractic untuk mengatasi sakit pinggang.

- Anda juga bisa melakukan terapi akupuntur untuk mengatasi sakit pinggang anda.

- Rajin berolahraga secukupnya secara rutin.

- Menjaga postur tubuh yang baik terutama saat duduk. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan sakit pinggang.

- Menjaga berat badan dan pola makan yang sehat. 

Bila rasa sakit di pinggang tidak hilang selama beberapa hari, segera periksan diri anda ke dokter. Bisa jadi, sakit pinggang tersebut adalah gejala dari kondisi lain yang lebih serius dan dapat berbahaya apabila tidak segera ditangani.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya