Apa Arti Cinta Pertama? Ketahui Lebih Mendalam

Cinta pertama adalah wujud keterpikatan antara laki-laki dan perempuan untuk pertama kali.

oleh Laudia Tysara diperbarui 03 Agu 2022, 16:10 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2022, 16:10 WIB
pasangan jatuh cinta
Ilustrasi pasangan cinta/Photo by Mairon Silveira from Pexels

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti cinta pertama? Cinta pertama adalah wujud keterpikatan antara laki-laki dan perempuan untuk pertama kali dengan kesungguhan. Apa arti cinta pertama adalah sangat memengaruhi hubungan cinta yang dijalin setiap individu di masa depannya.

Apa arti cinta pertama adalah sangat berbeda dengan cinta monyet yang mula ceritanya hanya didasarkan pada kekaguman serta obsesi semata. Apa arti cinta pertama murni dari perasaan suka.

Apa arti cinta pertama adalah begitu kuat karena pengaruh usia, cara kerja otak dan ingatan, serta hormon jatuh cinta. Seorang psikolog Krystine I. Batcho Ph.D. melansir dari Psychology Today, pada Rabu (3/8/2022) mengungkap apa arti cinta pertama dilaporkan rata-rata terjadi pada usia 13 tahun hingga 17 tahun.

Apa arti cinta pertama benar-benar sulit dilupakan karena pengaruh tiga hormon jatuh cinta. Jatuh cinta secara psikologi sama dengan ketika seseorang mengalami kecanduan. Tiga hormon yang memengaruhi ketika sedang jatuh cinta, yakni hormon oksitosin, dopamin, dan norepinefrin.

Agar lebih memahami tentang apa arti cinta pertama dan penyebab cinta pertama sulit dilupakan, berikut Liputan6.com ulas penjelasan lengkapnya, Rabu (3/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Arti Cinta Pertama?

Mudah Jatuh Cinta
Ilustrasi jatuh cinta. Credit: pexels.com/Scott

Memahami apa arti cinta pertama ini menarik. Apa arti cinta pertama adalah tidak sama dengan cinta-cinta yang muncul setelahnya. Banyak orang dengan pengalaman cinta pertama mengakui tentang apa arti cinta pertama adalah lebih istimewa dan sulit dilupakan.

Apa arti cinta pertama adalah secara psikologi bisa dirasakan di usia remaja. Seorang psikolog Krystine I. Batcho Ph.D. melansir dari Psychology Today, mengungkap apa arti cinta pertama oleh individu di seluruh penjuru dunia dilaporkan rata-rata terjadi pada usia 13 tahun hingga 17 tahun.

Apa arti cinta pertama adalah oleh mereka yang mengalami cenderung terasa unik dan sempurna (kebersamaan, berbagi, dan komunikasi). Apa arti cinta pertama, dicirikan dengan kepolosan, terasa emosional, penuh timbal-balik, berorientasi ke masa depan, dan selalu menginginkan kehadiran orang yang dicintai.

“Apa arti cinta pertama adalah meninggalkan jejak cinta yang murni dan polos,” dijelaskan.

Dalam sebuah penelitian terbaru menunjukkan, apa arti cinta pertama adalah akan sangat memengaruhi hubungan romantis di kemudian hari. Apa arti cinta pertama dalam penelitian, sangat memengaruhi cara otak memproses serangkaian perasaan dan perilaku yang penting dalam membangun hubungan asmara atau cinta di masa depan dan seterusnya.


Benarkan Cinta Pertama Sulit Dilupakan?

Tidak Mudah Jatuh Cinta Pada Seseorang
Ilustrasi Pasangan. Credit: pexels.com/Mila

Jatuh cinta secara psikologi sama dengan ketika seseorang mengalami kecanduan. Melansir dari Psychreg, dalam penelitian yang dilakukan Helen Fisher 2015, ada tiga hormon yang memengaruhi ketika sedang jatuh cinta, yakni hormon oksitosin, dopamin, dan norepinefrin.

Maka tidak heran bila apa arti cinta pertama sebagaimana sudah dijelaskan, akan lebih sulit dilupakan dan pasti teringat sepanjang hidup. Tiga hormon jatuh cinta ini sangat berperan penting. Ini penjelasannya:

1. Hormon Oksitosin

Oksitosin disebut 'hormon cinta' yang juga memengaruh apa arti cinta pertama pada sebagian besar individu. Pelepasan hormon oksitasin adalah bertanggung jawab atas perasaan keterikatan dan keintiman.

Ini membantu mengikat orang lebih dekat bersama, itulah yang membuat beberapa orang tetap monogami (hanya memiliki satu pasangan pada pernikahan).

“Ini juga merupakan bahan kimia yang sama yang mengikat ibu dan anak,” dijelaskan.

2. Hormon Dopamin

Dopaminadalah neurotransmitter berhubungan erat dengan emosi, kesenangan, dan penghargaan. Di sinilah bagian 'kecanduan' cinta masuk persis apa arti cinta pertama pada sebagian besar individu.

“Ketika hormon dopamin dilepaskan, ia mengaktifkan pusat penghargaan otak yang menyebabkan efek (motivasi-hadiah),” dijelaskan.

Jadi, banyak dari orang jatuh cinta akan mencari hak mendapat cinta bahkan mau melalui atau menghadapi rintangan berbahaya atau menyakitkan (pasangan yang selingkuh, pasangan yang kasar, dll.)

3. Hormon Norepinefrin

Norepinefrin adalah obat yang digunakan oleh para ahli medis untuk mengobati tekanan darah rendah (hipotensi) dan penyakit jantung. Ini mirip dengan adrenalin dan dopamin, yang menghasilkan detak jantung dan kegembiraan.

Hormon norepinefrin dilepaskan pada tahap pertama jatuh cinta yang sekaligus menjadikan apa arti cinta pertama pada sebagian besar individu begitu kuat, ini berkaitan dengan nafsu atau kegilaan.

Dijelaskan, menurut Helen Fisher, dua bahan kimia ini dopamin dan norepinefrin adalah menghasilkan kegembiraan, energi yang intens, sulit tidur, keinginan, dan perhatian yang terfokus.

Apa arti cinta pertama ditegaskan oleh Ilmuwan Kognitif di MIT (Massachusetts Institute of Technology),  bahwa setiap individu akan mengalami pemrosesan puncak dan kekuatan memori pada sekitar usia 18 tahun. Maka tidak heran jika apa arti cinta pertama pasti akan sulit dilupakan. Di usia ini, banyak pengalaman jatuh cinta yang baru dirasakan pertama kali.


Apa Arti Cinta Menurut Para Ahli?

[Fimela] Jatuh Cinta
Ilustrasi Jatuh Cinta | pexels.com/@vijarindo

Apa arti cinta adalah secara harfiah sebagai wujud keterpikatan antara laki-laki dan perempuan. Dalam buku berjudul The Art of Loving (2014) oleh Fromm, apa arti cinta adalah bisa tercipta dengan indah apabila terdiri dari empat unsur penting untuk bisa mengimani apa arti cinta.

Unsur penting apa arti cinta adalah kepedulian, kemudian tanggung jawab yang bisa tercipta apabila seseorang memiliki perasaan peduli tinggi. Lalu rasa hormat untuk menyadari setiap individu memiliki keunikan masing-masing. Terakhir, pengetahuan untuk bisa saling memahami.

Ini penjelasan apa arti cinta menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Apa Arti Cinta Menurut Charles Bukowski Penulis A Dog from Hell

Memahami apa arti cinta adalah sesuatu seperti kabut yang anda lihat di pagi hari saat matahari belum terbit. Kabut itu hanya sesaat, dan kemudian musnah dengan sendirinya. Cinta adalah kabut yang membakar realitas.

2. Apa Arti Cinta Menurut Ambrose Bierce Penulis The Devil’s Dictionary

Memahami apa arti cinta adalah sebuah kegilaan sementara yang dapat disembuhkan oleh pernikahan.

3. Apa Arti Cinta Menurut James Baldwin Penulis The Price of The Ticket

Memahami apa arti cinta adalah tidak dimulai dan diakhiri dengan cara yang tampaknya kita duga. Cinta adalah pertempuran, cinta adalah perang; cinta adalah tumbuh kembang.

4. Apa Arti Cinta Menurut Antoine de Saint-Exupery Penulis Airman’s Odyssey

Memahami apa arti cinta adalah tidak terdiri dari tatapan satu dengan lainnya, tetapi menatap keluar bersama dalam arah yang sama.

5. Apa Arti Cinta Menurut Haruki Murakami Penulis Kafka on the Shore

Memahami apa arti cinta adalah siapa pun yang jatuh cinta adalah mencari bagian yang hilang dari diri mereka sendiri.

Jadi, siapa saja yang mencinta pasti akan bersedih ketika mereka memikirkan tentang kekasih mereka yang bersedih.

Hal ini seperti melangkah kembali ke dalam ruangan di mana anda memiliki kenangan indah yang belum pernah terlihat dalam waktu yang lama.

6. Apa Arti Cinta Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan

Memahami apa arti cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hati manusia yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan kelembutan, gairah, dan kasih sayang.

7. Apa Arti Cinta Menurut Quraish Shihab

Memahami apa arti cinta adalah kecenderungan hati manusia untuk sesuatu karena suatu kesenangan atau manfaat yang dapat diperoleh terhadap orang yang dicintai.

8. Apa Arti Cinta Menurut Erich Fromm

Memahami apa arti cinta adalah perasaan simpati kepada manusia yang melibatkan emosi yang mendalam.

Menurutnya, ada lima syarat dalam upaya mewujudkan cinta, yaitu;

- Perkenalan/pengenalan

- Perasaan

- Rasa Bertanggung jawab

- Rasa Perhatian

- Rasa Saling menghormati

9. Apa Arti Cinta Menurut Kahlil Gibran

Memahami apa arti cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia karena cinta itu membangkitkan semangat hukum-hukum kemanusiaan dan gejala-gejala alami pun tak bisa mengubah perjalannya. Cinta ibarat seekor burung yang cantik, meminta untuk ditangkap tapi menolak untuk disakiti.

10. Apa Arti Cinta Menurut Ashley Montagu

Memahami apa arti cinta adalah perasaan yang memerhatikan, menyayangi, serta menyukai dengan cara yang lebih mendalam, ditambah dengan hasrat dan kerinduan pada objek tersebut.

11. Apa Arti Cinta Menurut Ibnul Qayyim Al-Jauziah

Memahami apa arti cinta adalah luapan hati dan gejolaknya saat dirundung keinginan untuk bertemu dengan sang kekasih.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya