8 Cara Membuat Sabun Cuci Piring Secara Alami dan Kimia, Efektif dan Aman

Cara membuat sabun cuci piring yang aman menggunakan bahan alami dan kimia.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 25 Agu 2022, 12:20 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2022, 12:20 WIB
Sabun Pencuci Piring
Ilustrasi Sabun Cuci Piring Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat sabun cuci piring bisa dilakukan dengan bahan alami maupun bahan kimia yang aman. Selain itu, bahan-bahan alami yang diperlukan cukup mudah didapatkan. Dengan mencuci piring dari bahan alami ini akan sangat berguna ketika Anda kehabisan sabun cuci piring namun sulit untuk mendapatkannya.

Cara membuat sabun cuci piring ini  bisa kamu praktikkan ketika sedang di daerah-daerah yang cukup terpencil. Contohnya sedang di pedalaman hutan yang tidak memungkinkan mendapatkan sabun cuci piring. 

Meski merupakan pengganti sabun cuci, namun dengan mempraktikkan cara membuat sabun cuci piring ini juga dapat menjaga lingkungan agar tidak terpapar bahan kimia. Selain itu, ada beberapa bahan kimia juga yang cukup aman untuk diolah sebagai sabun cuci piring.

Ketika kamu sudah memahami cara membuat sabun cuci piring ini, maka bisa menjadi alternatif yang baik dalam menghemat pengeluaran sehari-hari untuk membeli sabun cuci piring di toko. Sebab, harga bahan yang digunakan untuk membuat sabun cuci piring ini sangat murah.

Berikut ini cara membuat sabun cuci piring yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Jeruk Nipis
Ilustrasi Jeruk Nipis Credit: pexels.com/pixabay

1. Garam

Garam kasar mengandung zat mineral yang ampuh, dalam menyerap noda dan minyak yang berasal dari sisa makanan di piring atau alat masak. Jenis garam yang baik, dapat digunakan sebagai bahan pengganti sabun cuci piring. Garam kasar yang dikombinasikan dengan air lemon akan semakin ampuh untuk mencuci piring maupun segala macam alat makan yang telah digunakan.

Cara membuat sabun cuci piring dengan garam cukup mudah, hanya dengan menaburkan garam di piring yang akan dicuci, kemudian gosok secara perlahan piring dengan spons seperti mencuci dengan sabun cuci piring biasanya. Agar lebih maksimal, jika memberi sedikit perasan air lemon setelah piring ditaburi garam.

2. Jeruk Nipis

Cara membuat sabun cuci piring dapat dilakukan secara alami, dengan menggunakan jeruk nipis. Selain baunya yang segar, jeruk nipis juga secara efektif mengangkat lemak atau minyak pada alat-alat makan dan alat memasak. Selain itu, jeruk nipis efektif juga untuk menghilangkan bau yang tidak sedap seperti bau amis.

Cara membuat sabun cuci piring dengan jeruk nipis cukup mudah, hanya dengan memotong jeruk nipis, kemudian di peras  ke dalam air hangat. Selanjutnya, larutan air jeruk nipis bisa langsung digunakan menjadi bahan pengganti sabun cuci piring.

 


Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Menggunakan Baking Soda
Ilustrasi Baking Soda Credit: pexels.com/Kaboompics

3. Baking Soda

Selanjutnya terdapat jenis baking soda yang biasanya ampuh untuk menghilangkan kekusaman pada lantai porselen. Mempraktikkan cara membuat sabun cuci piring dengan baking soda cukup mudah, yaitu dengan menggosok piring atau alat makan yang akan dicuci dengan menggunakan spons bagian kasarnya. Lalu jangan lupa bilas hingga bersih dan lap hingga kering.

4. Cuka

Selain garam kasar, cuka ternyata dapat membantu ketika mencuci alat makan. Terutama, jika alat makan tersebut terbuat dari kayu. Sebab, cuka yang diaplikasikan ke alat makan yang berbahan kayu, mampu mencegah kuman serta bakteri yang menumpuk pada alat makan kayu tersebut. Caranya cukup mudah, dengan merendam alat masak selama beberapa menit pada air panas yang telah diberi sedikit cairan cuka, lalu sikat secara perlahan dan bilas dengan air bersih seperti biasa.


Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Belimbing wuluh
Belimbing wuluh. (istimewa)

5. Belimbing Wuluh

Cara membuat sabun cuci piring juga bisa dilakukan secara alami, menggunakan belimbing wuluh. Langkah pertama, yaitu dengan mengupas belimbing wuluh, kemudian gosok belimbing wuluh ke piring tersebut dan diamkan dahulu selama beberapa menit. Lalu bilas cucian piring dan lap dengan kain bersih yang kering.

6. Lerak

Salah satu bahan alami yang cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuat sabun cuci piring adalah lerak. Cara membuat sabun cuci piring dengan lerak juga sangat mudah, yaitu dengan merebus buah lerak ke dalam air, setelah mendidih, matikan api dan tunggu sampai dingin, tiriskan lerak dan masukkan hasil rebusan tersebut ke dalam botol yang biasa Anda pakai untuk mencuci alat makan atau masak.

Uniknya, lerak sendiri merupakan bahan pengganti sabun cuci piring yang bisa menghasilkan busa layaknya sabun cuci piring biasa. Tapi, bagaimanapun cara membuat sabun cuci piring dari bahan alami tersebut tidak selalu efektif untuk membersihkan alat makan dan masak. Mengingat, sabun cuci piring yang dijual di pasaran pada umumnya sudah melewati berbagai macam riset yang sangat lama. 


Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Menggunakan Sabun Pencuci Piring
Ilustrasi Menggunakan Sabun Pencuci Piring Credit: pexels.com/Polina

7. Resep Sabun Piring Cairan Alami

Cara membuat sabun cuci piring juga lumayan mudah dilakukan, dengan menggunakan minyak esensial pilihan.

Bahan: 

- 2/3 cangkir Sal Suds1 dan 1/3 gelas air suling

- Siapkan 40 tetes minyak esensial lemon atau grapefruit (opsional)

- 1 sendok makan baking soda juga 1 sendok makan garam  

- 3 sendok makan air panas

- Panci juga wadah sabun cuci piring

Cara Membuat Sabun Cuci Piring:

- Langkah pertama yang harus dilakukan, panaskan air dan garam lalu aduk terus sampai semuanya benar-benar larut di dalam panci.

- Angkat panci dari api dan tuangkan isinya ke dalam mangkuk kecil. Sisihkan sisa campuran garam. 

- Tambahkan baking soda 1 sendok makan juga 1/3 air suling ke panci dan panaskan sampai larut.

- Tambahkan Sal Suds dan air, serta minyak esensial ke tempat sabun cuci piring. 

- Tambahkan 1 sendok makan air garam ke sabun dan aduk, setelah keruh dan menebal tambahkan satu sendok makan campuran air garam, setelah itu tuang campuran ke dalam tempat sabun sabun.

8. Membuat Sabun Cuci Kimia yang Aman

Bahan:

- Siapkan NaCl 100 grEDTA

- 50 grTexafom 1 kg

- Aquades atau air bersih 2 liter

- Parfum aroma strawberry 20 cc atau secukupnya

- Siapkan pewarna makanan merah 5 gr atau secukupnya

Alat:

- Kompor

- Baskom, panci

- Sendok dan mangkok

- Pengaduk juga botol kemasan dan gayung

Cara membuat sabun cuci piring:

- Langkah pertama, didihkan aquades atau air bersih sejumlah 2 liter, lalu campurkan texafom sejumlah 1 kg dan  bersama EDTA sejumlah 50 gr.

- Aduk secara merata sampai larutan berubah menjadi berwarna putih dan tidak mengandung gumpalan (disebut dengan larutan 1).

- Sesudah air mendidih, masukkanlah air panas sejumlah 2 liter ke dalam larutan 1 lalu aduk sampai rata.

- Campurkan NaCl 100 gr sedikit demi sedikit ke dalam larutan 1, kemudian rebus selama 30 menit sambil diaduk sampai mengental dan tidak mengandung gumpalan (disebut dengan larutan 2).

- Setelah itu, cairkan bahan pewarna 5 gr menggunakan sedikit air, lalu masukkan kedalam larutan 2 sedikit demi sedikit.

- Setelah itu aduk-aduk sampai larutan berubah menjadi berwarna merah hingga merata, dan tambahkan sedikit saja pewangi ke dalam larutan dan aduk sampai menjadi rata.

- Setelah 30 menit, matikanlah kompor. Dinginkan larutan tersebut sampai mengental, tunggu sampai dingin lalu masukkanlah ke dalam botol sabun cuci piring yang sudah disiapkan 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya