6 Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit Bagi Pemula, Mudah Dipraktikkan

Menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan, dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 02 Sep 2022, 18:15 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2022, 18:15 WIB
6 Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit Bagi Pemula, Mudah Dipraktikkan
Ilustrasi Foto Menjahit

Liputan6.com, Jakarta Cara menjahit baju tanpa mesin jahit penting untuk diketahui oleh pemula. Menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan, dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang. 

Cara menjahit baju tanpa mesin jahit dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan-bahannya seperti jarum, benang, gunting, cutting mat, meteran jahit, dan baju yang ingin dijahit.

Cara menjahit baju tanpa mesin jahit dapat memudahkan pemula untuk membuat baju sendiri, bahkan anda juga bisa memperbaikinya secara sendiri. Untuk itu, anda harus mengetahui dasar-dasar cara menjahit baju tanpa mesin jahit.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara menjahit baju tanpa mesin jahit bagi pemula yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/9/2022).


Persiapan dalam Menjahit Baju

6 Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit Bagi Pemula, Mudah Dipraktikkan
Ilustrasi Foto Menjahit

Sebelum mengetahui cara menjahit baju tanpa mesin jahit bagi pemula, anda perlu mengetahui persiapan dalam menjahit baju. Berikut ini persiapannya:

1. Menyiapkan Niat

Persiapan pertama yang harus anda lakukan sebelum praktik cara menjahit baju adalah menyiapkan niat. Niat sangat penting saat kamu belajar otodidak dalam menjahit baju.  Setelah niat sudah mantap, kamu bisa menceritakan keinginan atau niatmu tersebut ke orang terdekat agar ada orang yang selalu mengingatkan dan menyemangati.  

2. Meluangkan Waktu

Meluangkan waktu juga merupakan persiapan yang tidak boleh diabaikan, karena sering kali seseorang tidak memperhatikan hal ini, sehingga cara menjahit baju tidak diterapkan dan akhirnya anda tidak bisa sama sekali. Walaupun belajar secara otodidak, anda harus memiliki waktu khusus untuk belajar. Baik itu hanya 30 menit atau bahkan sampai 2 jam.

3. Fokus

Dalam dunia jahit-menjahit, banyak sekali teknik yang bisa dikembangkan. Misalnya saja knitting, clay, crochet, dan lain sebagainya. Permasalahan yang sering dihadapi adalah ketika sudah belajar menjahit kemudian melihat teman belajar di cabang lain, anda langsung ingin ikutan cari tutorialnya. Hal seperti inilah yang dapat membuat cara menjahit baju jadi lebih lama anda pahami karena tidak fokus.


Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit Bagi Pemula

6 Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit Bagi Pemula, Mudah Dipraktikkan
Ilustrasi benang jahit | pexels.com

1. Menyiapkan Bahan dan Perlengkapan Menjahit

Cara menjahit baju tanpa mesin jahit bagi pemula yang pertama adalah dengan menyiapkan bahan dan perlengkapan menjahit. Mulai dari kain, jarum pentul, benang, gunting kain, pen cutter, cutting mat, gunting, kertas pola, pensil, penggaris, kertas karbon, rader, meteran jahit, dan jarum.

2. Buat Pola Baju

Cara menjahit baju tanpa mesin jahit bagi pemula yang selanjutnya adalah membuat pola baju. Pola digunakan agar bisa memotong kain sesuai ukuran dan model yang diinginkan. Anda dapat membuat pola baju dengan mencontoh di internet. Cara ini akan lebih memudahkan anda untuk menjahit baju tanpa mesin jahit, setelah pola baju selesai bisa dilanjutnya dengan memotong kain.

3. Potong Kain Sesuai Pola

Cara menjahit baju tanpa mesin jahit bagi pemula yang selanjutnya adalah memotong kain sesuai dengan pola yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk memudahkan anda memotong kain yang sudah di pola, kain dapat anda letakkan pada permukaan lantai yang rata. Kemudian potonglah kain sesuai pola tersebut, jangan lupa tambahkan ekstra 2 cm untuk bagian jahitan. Apabila ingin membuat bagian lengan, potonglah secara terpisah dari bagian badan. Keduanya bisa disatukan lagi dengan jahitan.


Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit Bagi Pemula

6 Cara Menjahit Baju Tanpa Mesin Jahit Bagi Pemula, Mudah Dipraktikkan
Ilustrasi Foto Menjahit

4. Mulai Menjahit

Cara menjahit baju tanpa mesin jahit bagi pemula yang selanjutnya adalah mulai menjahit. Setelah semua kain sudah terpotong sesuai pola yang diinginkan, selanjutnya adalah mulai untuk menjahit. Masukkan benang ke dalam lubang jarum, lalu mulailah menjahit dengan mengikuti bagian tepi pola. Gunakan tusuk zig-zag untuk menyambung bagian depan dan belakang baju, lalu tambahkan dengan tusuk rata untuk mengunci jahitannya. Lakukan hal yang sama untuk menggabungkan bagian badan dan lengan. Sebelum anda memulai menjahit, alangkah baiknya apabila anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis jahitan tusuk.

5. Melipat Bagian Leher dan Bawah Baju

Cara menjahit baju tanpa mesin jahit bagi pemula yang selanjutnya adalah melipat bagian leher dan bawah baju. Cara ini dilakukan apabila sudah menyelesaikan menjahit pada bagian badan baju. untuk memudahkan anda menjahit bagian leher dan bawah baju, anda bisa menusuk bagian tersebut untuk mengelimnya dan kemudian dialnjutnya dijahit dengan tangan.

6. Beri Sentuhan Akhir

Cara menjahit baju tanpa mesin jahit bagi pemula yang selanjutnya adalah memberi baju tersebut sentuhan akhir. Apabila sudah selesai menjahit baju tersebut, anda dapat menambahkan aksesoris atau manik-manik atau kancing supaya tidak terkesan polos. Selain itu, dengan menambah aksen seperti renda, kerut, manik-manik, kancing, atau ritsleting dapat membuat baju semakin indah dan manis.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya