Cara Menulis Kutipan dari Buku, Secara Langsung dan Tidak Langsung

Cara menulis kutipan dari buku ini berguna untuk penulisan karya ilmiah.

oleh Laudia Tysara diperbarui 16 Sep 2022, 19:00 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2022, 19:00 WIB
Penerapan Epilog dalam Cerita
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Melanie

Liputan6.com, Jakarta - Cara menulis kutipan dari buku secara umum, bisa dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Itu artinya kamu bisa mengutip tanpa mengubah dan mengutip dengan mengubah kalimatnya. Mengutip sumber tulisan dari buku, tujuan utamanya untuk menghindari plagiarisme.

Universitas Gajah Mada (UGM) menjelaskan konsep plagiat adalah pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) milik orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat) sendiri.

Dalam buku berjudul Mudah Membuat Referensi & Bibliografi (2015) oleh Rudy Agung Nugroho, dijelaskan tujuan menulis kutipan adalah memberikan pengakuan karya cipta kepada penulis yang dirujuk, menghindari plagiarisme, dan memberi kesempatan pada pembaca untuk menemukan kembali sumber informasi.

Cara menulis kutipan dari buku baik itu untuk keperluan penulisan ilmiah seperti skripsi, jurnal, dan makalah, tujuan utamanya menambah pengetahuan serta pengakuan karya cipta. Kutipan dari buku adalah sumber lebih kuat daripada internet.

Berikut Liputan6.com ulas cara menulis kutipan dari buku baik itu langsung dan tidak langsung, Jumat (16/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Menulis Kutipan dari Buku Secara Umum

Ilustrasi membaca sinopsis, buku
Ilustrasi membaca buku. (Photo by Nathan Aguirre on Unsplash)

Cara menulis kutipan dari buku secara umum bisa dilakukan dengan menulis kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Begini cara menulis kutipan dari buku, berupa kutipan langsung dan kutipan tidak langsung yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Kutipan Langsung

"Hormon leptin yaitu hormon yang mengontrol nafsu makan akan berkurang sehingga membuat nafsu makan meningkat." (Haryono, 2003: 78)

Mengutip secara langsung dilakukan dengan mengutip sama persis dengan tulisan aslinya. Cara menulis kutipan langsung dari buku bisa dilakukan dengan mengutip kurang dari empat baris. Kemudian bisa dilakukan dengan mengutip lebih dari empat baris.

Cara menulis kutipan dari buku yang langsung kurang dari empat baris, rujukan ditulis diantara tanda kurung:

- awali dengan nama akhir seperti yang dalam daftar pustaka,

- tanda koma,

- tahun terbitan,

- titik dua spasi, dan

- diakhiri dengan nomor halaman.

Cara menulis kutipan dari buku yang langsung lebih dari empat baris, rujukan ditulis diantara tanda kurung:

- penulisannya dipisahkan dengan jarak 3 spasi dari teks,

- jarak antar baris kutipan adalah 1 spasi,

- kutipan boleh diapit dengan tanda kutip atau petik dua ("..."),

- kemudian diberi keterangan sumber.

2. Kutipan Tidak Langsung

Mengutip secara tidak langsung dilakukan dengan mengutip tidak sama persis dengan tulisan aslinya. Itu artinya, cara menulis kutipan tidak langsung, dilakukan dengan mengambil pokok pikiran saja dari sumber asli.

Cara menulis kutipan tidak langsung dari buku adalah menyampaikan kembali ide gagasan dengan gaya bahasanya sendiri. Penulis dituntut untuk memiliki pemahaman sebelum menuliskannya kembali.

Cara menulis kutipan tidak langsung dari buku:

- diintegrasikan dengan teks,

- jarak antar baris kutipan ialah spasi ganda,

- kutipan tidak diapit dengan tanda kutip/petik dua ("..."),

- kemudian ditulis sumber kutipan.


Cara Menulis Kutipan dari Buku yang Mengutip

Rekomendasi Buku Belajar Bisnis dan Kemampuan Kepemimpinan
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Tima

Cara menulis kutipan dari buku yang mengutip tidak jauh berbeda dengan penulisan kutipan secara umum. Ini berlaku untuk cara mengutip dari buku secara langsung maupun tidak langsung. Hal-hal yang perlu diperhatikan dari cara menulis kutipan dari buku yang mengutip Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

- menambahkan kata dalam,

- lalu kata dalam dicantumkan setelah nama penulis asli yang menyatakan kutipan,

- kata dalam menerangkan kutipan tersebut diambil dari “dalam” buku yang mengutip dari penulis aslinya.

Mario (dalam Haryono, 2003: 78) "Hormon leptin yaitu hormon yang mengontrol nafsu makan akan berkurang sehingga membuat nafsu makan meningkat."

Pola menulis kutipan demikian, merepresentasikan kutipan asli itu milik penulis asli, lalu pendapat yang dikutip itu berasal dari pengutip pertama. Itulah cara menulis kutipan dari buku yang mengutip.


Cara Menulis Kutipan dari Buku 2 dan 3 Pengarang

Pengertian dan Sejarah Ideologi
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Namera

Cara menulis kutipan dari buku dengan nama pengarang atau nama penulis, umumnya harus disertai dengan tahun terbit. Menulis kutipan dari buku dengan lebih dari satu pengarang atau penulis, dilakukan dengan mencantumkan semua namanya.

Cara menulis kutipan dari buku lebih dari satu pengarang bisa dilakukan dengan format APA style. Begini cara menulis kutipan dari buku dengan lebih dari satu pengarang atau penulis yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

- tulis nama belakang,

- tambahkan koma,

- lalu cantumkan inisial nama depan, dan

- tengah seluruh penulis.

Apabila menemukan buku yang pengarang atau penulisnya tidak mencantumkan nama tengah, cara menulis kutipan dari buku lebih dari satu pengarang adalah cukup tulis inisial nama depannya saja.

- tulis nama depan saja,

- nama tengah pengarang atau penulis tidak dicantumkan,

- memisahkan nama penulis atau nama pengarang dengan tanda baca koma,

- koma diletakkan setelah nama belakang dan inisial penulis, dan

- urutkan nama penulis sesuai dengan abjad nama belakang penulis yang ada.

Apabila ingin lebih lengkap, cantumkan informasi publikasi di akhir kutipan. Contoh cara menulis kutipan dari buku lebih dari satu pengarang atau penulis sebagai berikut:

Cacarian, S. J., Belagiona, P. T., & Antonias, S.

Selain kutipan dari buku dengan lebih dari satu penulis bisa ditulis, sebenarnya menulis kutipan tanpa nama juga bisa dilakukan. Cara menulis kutipan dari buku tanpa nama biasanya murni berisi kutipan kalimat secara utuh.

Selain itu, cara menulis kutipan dari buku tanpa nama penulisnya, bisa menambahkan keterangan di dalam tanda kurung. Dalam tanda kurung cara menulis kutipan ini diberi penjelasan judul dan tahun publikasi bukunya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya