Surat At-Tin dan Artinya, Lengkap dengan Makna Serta Kandungannya

Surat At-Tin dan artinya wajib dipahami dan direnungkan benar oleh seluruh umat Islam.

oleh Husnul Abdi diperbarui 10 Mar 2023, 14:06 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi Alquran
Ilustrasi Alquran (dok. unsplash/ali burhan)

Liputan6.com, Jakarta Surat At-Tin dan artinya wajib dipahami dan direnungkan benar oleh seluruh umat Islam. Surat At-Tin merupakan surat ke-95 dalam Al-Qur’an. Surat At-Tin termasuk golongan surat Makkiyah dan terdiri dari 8 ayat.

At-Tin artinya yaitu buah tin. Surat At-Tin menjelaskan bahwa meskipun seorang umat muslim mengalami penurunan daya ingat, ketika mereka mengerjakan amalan-amalan baik maka akan tetap memperoleh pahala. Terutama jika mereka tetap menjaga keimanan dan ketakwaan, pahala yang akan diperoleh tidak pernah terputus.

Surat At-Tin dan artinya perlu dihafalkan oleh setiap muslim. Apalagi, surat ini kerap dilafalkan pada sholat berjamaah di masjid. Hal ini tentunya tidak terlepas karena surat At-Tin termasuk ke dalam surat pendek yang terdapat pada juz 30.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022) tentang surat At-Tin dan artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Surat At-Tin dan Artinya

Ilustrasi baca Al-Quran
Surat At-Tin dan Artinya

Surat At-Tin dan artinya tentunya harus dihafalkan oleh umat Islam. Apalagi, surat At-Tin dan artinya termasuk surat pendek yang sering dibaca saat sholat berjamaah. At-Tin sendiri artinya adalah buah tin. Surat At-Tin dan artinya tentu perlu kamu pahami. Berikut Surat At-Tin dan artinya:

Ayat 1

Wat-tīni waz-zaitūn

Artinya: Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,

Ayat 2

Wa ṭūri sīnīn

Artinya: demi gunung Sinai,

Ayat 3

Wa hāżal-baladil-amīn

Artinya: dan demi negeri (Mekah) yang aman ini.

Ayat 4

Laqad khalaqnal-insāna fī aḥsani taqwīm

Artinya: Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,

Ayat 5

Ṡumma radadnāhu asfala sāfilīn

Artinya: kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya,

Ayat 6

Illal-lażīna āmanū wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāti falahum ajrun gairu mamnūn

Artinya: kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya.

Ayat 7

Famā yukażżibuka ba‘du bid-dīn

Artinya: Maka apa yang menyebabkan (mereka) mendustakanmu (tentang) hari pembalasan setelah (adanya keterangan-keterangan) itu?

Ayat 8

Alaisallāhu bi'aḥkamil-ḥākimīn

Artinya: Bukankah Allah hakim yang paling adil?


Makna dan Kandungan Surat At-Tin

Ilustrasi Al-Quran
Ilustrasi Al-Quran (Sumber: steemit.com)

Surat At-Tin dan artinya perlu kamu pahami makna dan kandungannya. Melansir Dream, berikut makna dan kandungan surat At-Tin dan artinya dari ayat 1-4:

Kandungan Surat At-Tin Ayat 1

Ayat pertama berisi penjelasan mengenai buah tin, yang rasanya enak dan lembut, sehingga cepat dan mudah dicerna. Tak hanya itu, buah tin juga memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Sementara itu, zaitun juga tak kalah istimewa. Buah ini memiliki kandungan minyak yang banyak dan tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupan.

Kandungan Surat At-Tin Ayat 2

Ayat kedua menjelaskan tentang Gunung Sinai, tempat nabi Musa AS menerima wahyu untuk pertama kalinya sekaligus diangkat sebagai Rasul. Tepat pada malam Mi’raj, Rasulullah SAW juga berhenti sejenak di Gunung Sinai dan menjalankan sholat sebagai wujud penghormatan akan sucinya tempat itu.

Kandungan Surat At-Tin Ayat 3

Ayat ketiga menjelaskan bahwa kota Makkah adalah kota yang aman. Kota Makkah dianggap aman karena siapa saja yang datang, maka keamanan dan keselamatannya akan terjamin. Bahkan kota Makkah sendiri memiliki julukan Ummul Qura’ yang artinya Tanah yang Aman.

Kandungan Surat At-Tin Ayat 4

Ayat ketiga menjelaskan bahwa Allah SWt telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk. Proses penciptaan manusia berbeda dengan makhluk ciptaan Allah SWT lainnya. Di mana manusia memiliki keistimewaan yang berupa akal, jasmani, rohami, serta nafsu. Tubuh manusia pun memiliki bentuk yang seimbang dan bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Sementara hewan, hanya memiliki jasmani dan nafsu saja. Hewan tak memiliki akal yang bisa berpikir logis dalam mencari sebuah solusi untuk permasalahan.


Makna dan Kandungan Surat At-Tin

Ilustrasi Al-Qur’an
Ilustrasi Al-Qur’an (sumber: pixabay)

Surat At-Tin dan artinya perlu kamu pahami makna dan kandungannya. Berikut makna dan kandungan surat At-Tin dan artinya dari ayat 5-8:

Kandungan Surat At-Tin Ayat 5

Ayat kelima menjelaskan bahwa Allah SWT selalu mengingat manusia dalam kondisi apapun, bahkan sesempurna manusia tersebut. Tetapi derajat manusia bisa saja menjadi hina jika sudah melanggar apa yang ditetapkan oleh Allah SWT maupun rasul-Nya.

Kandungan Surat At-Tin Ayat 6

Ayat keenam menjelaskan bahwa orang-orang yang yang beriman serta melakukan amal sholeh yang diperintahkan Allah SWT tidak akan diturunkan derajatnya. Orang-orang itulah yang nantinya akan selamat dari adanya kehinaan di dunia maupun di akhirat.

Kandungan Surat At-Tin Ayat 7

Ayat ketujuh menjeleaskan tentang hari pembalasan pada perbuatan manusia yang baik maupun yang buruk. Allah SWT menciptakan manusia dengan memberikan akal agar bisa berpikir. Ayat ketujuh ini juga mengingatkan umat Islam bahwa hari kiamat kelak adalah nyata adanya.

Kandungan Surat At-Tin Ayat 8

Ayat kedelapan menjelaskan bahwa Allah SWT adalah zat yang Maha Mengetahui. Sehingga Allah SWT adalah satu-satunya dan sebaik-baiknya pencipta serta pengatur semua urusan di dunia maupun di akhirat. Tidak ada hal sekecil apapun itu yang luput dari penglihatan Allah SWT. Keputusan Allah SWT adalah keputusan yang paling adil.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya