10 Manfaat Waduk bagi Lingkungan dan Makhluk Hidup di Sekitarnya

Selain berguna bagi manusia ternyata manfaat waduk juga banyak untuk lingkungan dan makhluk lain yang tinggal disekitarnya.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 16 Nov 2022, 18:30 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2022, 18:30 WIB
Wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta
Wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat waduk atau reservoir adalah danau buatan yang berfungsi sebagai tempat menyimpan air. Waduk juga dapat dibuat dengan melebarkan danau alami yang sudah ada. Air yang dikumpulkan dalam waduk didapat dengan membendung aliran sungai serta menampung air hujan. Air yang terkumpul di waduk kemudian dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengairi sawah dan lain-lain.

Selain berguna bagi manusia ternyata manfaat waduk juga banyak untuk lingkungan dan makhluk lain yang tinggal disekitarnya. Daerah perairan waduk dapat berfungsi sebagai habitat makhluk hidup lain. Berikut manfaat waduk yang sudah Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Rabu (16/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Waduk

Rehabilitasi dan penataan kawasan Waduk Muara Nusa Dua di Kabupaten Badung, Bali.
Rehabilitasi dan penataan kawasan Waduk Muara Nusa Dua di Kabupaten Badung, Bali. (dok: PUPR)

1. Sebagai Sumber Pengairan Lahan Pertanian

Manfaat  waduk yang paling utama dan paling utama adalah sebagai tempat penyimpanan persediaan air untuk pertanian. Pasokan air yang cukup merupakan elemen yang krusial pada bidang ini, terutama saat kemarau tiba.

Sumber air seperti sumur tidak akan cukup untuk mengairi lahan pertanian yang luasnya berhektar-hektar.oleh sebab itu waduk dibuat oleh masyarakat agar dapat menampung banyak air sehingga nantinya akan bisa digunakan bersama-sama untuk mengairi persawahan dan perkebunan. Dengan demikian para petani dapat mengairi lahan mereka dan mendapatkan hasil pertanian seperti yang diharapkan.

2. Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air

Manfaat waduk selanjutnya waduk dapat digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. Waduk dengan kapasitas air yang besar menjadi tempat yang cocok untuk PLTA yang memerlukan debit air yang tinggi agar menghasilkan energi listrik yang stabil. Air dari waduk dialirkan sedemikian rupa kemudian sehingga dapat menggerakan turbin atau kincir air. Pergerakan kincir air ini kemudian diubah menjadi tenaga listrik.

3. Memenuhi Kebutuhan Air Sehari-hari

Waduk menjadi salah satu solusi yang dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum untuk mencukupi pasokan air pelanggannya. Air memang menjadi sangat penting bagi manusia. Manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupannya sehari- hari, baik untuk minum, mencuci, mandi, dan lain sebagainya. Air yang terkumpul di waduk menjadi cadangan air yang dapat membantu hidup manusia saat di musim kemarau yang kerap menyebabkan sumur mengering.

5. Sebagai Habitat Berbagai Jenis Biota Air

Selain untuk memenuhi kebutuhan air sehari- hari, waduk juga bermanfaat sebagai tempat hidup berbagai macam binatang air tawar. Keberadaan waduk sebagai habitat berbagai jenis makhluk hidup turut memiliki andil dalam keseimbangan alam yang terbentuk di sekitar waduk. 

Tidak hanya manusia yang dapat menggunakan air waduk sebagai air minum, hewan lain seperti burung juga dapat memanfaatkannya. Selain itu, beberapa waduk secara alami menjadi tempat tinggal ikan air tawar, serangga, tanaman eceng gondok, dan makhluk hidup lain yang membentuk rantai makanan yang seimbang.  


Manfaat Waduk

Cuma Rp 10 Ribu, Indahnya Menikmati Wisata Waduk Sermo
Cuma Rp 10 Ribu, Indahnya Menikmati Wisata Waduk Sermo (Liputan6.com/Yanuar H)

6. Sebagai Lahan Budidaya Ikan Air Tawar

Manfaat waduk lainnya adalah sebagai lahan budidaya ikan air tawar. Waduk dapat dimanfaatkan sebagai lahan membudidayakan ikan air tawar. Menggunakan waduk sebagai tempat pembudidayaan ikan menjadi cara yang efisien karena pembudidaya tidak perlu membuat kolam ikan sendiri.

Pembudidaya ikan hanya perlu memasang jaring-jaring agar ikan bercampur dengan hewan liar lain yang hidup di waduk. Tempat budidaya ikan ini kemudian dapat dikembangkan menjadi area pemancingan yang dapat memberi keuntungan berlipat 

7. Tempat Budidaya Tanaman Air 

Selain ikan, waduk dapat dijadikan tempat pembudidayaan tanaman kangkung, teratai dan eceng gondok yang memiliki nilai ekonomi juga. Teratai banyak digunakan sebagai tanaman hias air dan eceng gondok banyak dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan anyaman. Sedangkan kangkung menjadi salah satu jenis sayur yang digemari masyarakat Indonesia. 

8. Sebagai Tempat Rekreasi

Selain mempunyai fungsi untuk memenuhi manusia cara jasmani, manfaat waduk jua bisa menjadi sarana memenuhi kebutuhan psikologis. Area waduk dapat dikelola sebagai tempat rekreasi yang menyenangkan. 

Seperti danau alam, waduk juga dapat memberikan ketenangan dengan memandang permukaan airnya. Selain dinikmati keindahannya, beberapa aktivitas seperti memancing atau menaiki perahu bebek dapat dilakukan di sini.

9. Sebagai tempat edukasi atau pendidikan

Selain manfaat waduk di bidang ekologi dan rekreasi, waduk juga memiliki fungsi edukasi sebagai sarana pembelajaran, penelitian, dan juga pengembangan. Tentu saja bidang ilmu yang berkaitan adalah lingkungan dan sosial.

10. Mengendalikan Banjir

Banjir adalah salah satu fenomena alam yang kerap terjadi saat memasuki musim penghujan. Salah satu penyebab terjadinya banjir adalah meluapnya sungai. Waduk sebagai penampung air dapat digunakan untuk mengontrol debit air di sungai sehingga tidak akan meluap dan menyebabkan banjir.  Saat air aliran air begitu deras, air dapat ditampung oleh waduk sehingga aliran air dapat diseimbangkan dan ketika alirannya mulai melambat maka akan dilepaskan kembali.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya