Bentuk Latihan untuk Kekuatan dan Daya Tahan Otot Kaki adalah Squat hingga Lunges

Bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah squat, lunges, lompat tali, naik turun tangga, jalan kaki, jogging, hingga bersepeda.

oleh Husnul Abdi diperbarui 23 Des 2022, 12:20 WIB
Diterbitkan 23 Des 2022, 12:20 WIB
Ilustrasi squat jump
Ilustrasi squat jump (Photo by Sergio Pedemonte on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah gerakan-gerakan sederhana yang mudah dilakukan. Kamu bisa melakukan olahraga ringan yang dapat dilakukan di mana saja untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot kaki.

Bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah squat, lunges, lompat tali, naik turun tangga, jalan kaki, jogging, hingga bersepeda. Setiap olahraga tersebut memiliki manfaat untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki kamu.

Latihan untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot kaki bisa kamu lakukan di rumah. Apalagi, gerakan-gerakan tersebut cukup simpel dilakukan dan tidak memerlukan peralatan yang merepotkan. Kamu bisa melakukannya di mana saja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/12/2022) tentang bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki.


Bentuk Latihan untuk Kekuatan dan Daya Tahan Otot Kaki

squat
squat. (Sumber: World of Buzz)

Squat

Salah satu bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah squat. Squat jump diawali dengan posisi squat biasa, lalu ganti posisi tegak dengan gerakan melompat. Setelahnya, kamu dapat kembali ke posisi squat semula. Squat jump adalah latihan yang banyak melibatkan otot bagian bawah, seperti perut, panggul, bokong, paha, tungkai, dan kaki.

Supaya mendapatkan manfaat squat jump secara maksimal, kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat. Mengutip Alodokter, cara melakukan squat jump yang tepat yaitu sebagai berikut:

1. Berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu.

2. Tekuk lutut dan dorong bokong ke bawah seperti posisi hendak duduk.

3. Angkat tubuh dan loncat dengan mendorong kaki dari lantai.

4. Mendaratlah dengan posisi jongkok.

5. Ulangi gerakan ini sebanyak 8–10 kali setiap set dan ulangi sebanyak 2 atau 3 set sesuai kemampuan tubuh.

Lunges

Selain squat, bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah lunges. Gerakan ini cukup gampang, caranya berdiri dengan tegak, lalu langkahkan satu kaki ke depan dan tekuk lutut serendah mungkin hingga lutut kaki yang satunya hampir menyentuh lantai. Kembali ke posisi semula. Ulangi dengan kaki satunya hingga 20 kali pengulangan. Tahan otot perut dan paha.


Bentuk Latihan untuk Kekuatan dan Daya Tahan Otot Kaki

naik turun tangga
naik turun tangga (Sumber: Pixabay)

Lompat Tali

Bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah lompat tali. Meski terdengar cukup sederhana untuk dilakukan, lompat tali secara efektif dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot kaki. Lakukanlah olahraga ini sekitar 20 menit setiap hari.

Olahraga satu ini tentunya mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kamu tidak butuh tempat yang luas, dan tidak terlalu menghabiskan waktu.

Naik Turun Tangga

Jika ingin meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot kaki, maka mulailah memanfaatkan tangga daripada menggunakan lift atau eskalator saat ingin pergi dari satu lantai ke lantai lainnya. Berikutnya, bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah naik turun tangga.

Dengan naik turun tangga, secara tidak langsung tubuhmu melakukan gerakan pembakaran kalori pada kedua kaki, sehingga dapat mengecilkan bentuk kakimu yang semula lebar. Bukan baik untuk kaki, tapi kesehatan paru-paru pun akan semakin membaik dengan naik turun tangga.


Bentuk Latihan untuk Kekuatan dan Daya Tahan Otot Kaki

Ilustrasi olahraga jogging
Ilustrasi olahraga jogging. (Foto oleh Centre for Ageing Better: https://www.pexels.com/id-id/foto/taman-jogging-latihan-berlari-7849902/)

Rutin Jalan Kaki

Bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah rutin jalan kaki. Berjalan kaki secara rutin selama minimal 30 menit dalam sehari dapat membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot kaki kamu. Tidak hanya itu, dengan berjalan kaki setiap harinya kamu akan tampak lebih segar. Hanya dengan 30 menit per harinya, jalan kaki merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot kaki.

Jogging

Salah satu bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah jogging. Olahraga kardio ini sering dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot kaki secara cepat dan alami. Ketika jogging, kaki akan terus bergerak secara stabil sehingga dapat membakar lemak dan meningkatkan kekuatan otot secara efektif. Lakukan jogging secara rutin selama 30 menit. Selain meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot kaki, jogging juga membuat tubuh semakin sehat.


Bentuk Latihan untuk Kekuatan dan Daya Tahan Otot Kaki

Ilustrasi Bersepeda
Ilustrasi bersepeda. (Gambar oleh Rudy and Peter Skitterians dari Pixabay)

Bersepeda

Bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah bersepeda. Bersepeda bahkan juga dapat meningkatkan kesehatan kamu secara menyeluruh. Bersepeda tentunya juga membuat pikiran lebih tenang dengan melihat pemandangan dan udara segar. Kamu bisa melakukannya di pagi hari maupun sore hari agar lebih menyenangkan. Lakukan aktivitas ini 15 menit setiap hari dan terus tingkatkan intensitasnya.

Berenang

Salah satu bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah berenang. Olahraga renang dapat melatih seluruh otot tubuh, mulai dari kaki, betis, paha, hingga perut, dan lengan. Tidak hanya melatih otot kaki, tubuh pun akan semakin kencang. Olahraga renang dapat dilakukan minimal satu kali dalam seminggu. Semakin rutin melakukan olahraga renang, maka akan semakin cepat mendapatkan hasil yang maksimal.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya