Profil PT Satria Antaran Prima, Lengkap dengan Sejarah dan Bidang Layanannya

PT Satria Antaran Prima adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa titipan, ekspedisi dan pergudangan.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 17 Jan 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2023, 15:00 WIB
Profil PT Satria Antaran Prima, Lengkap dengan Sejarah dan Bidang Layanannya
Ilustrasi SAP (sumber: SAP)

Liputan6.com, Jakarta PT Satria Antaran Prima adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa titipan, ekspedisi dan pergudangan, transportasi dan pengangkutan, jasa percetakan, keagenan dan outsourcing yang berada di Indonesia.

PT Satria Antaran Prima telah berdiri sejak tahun 2014 sampai saat ini. Perusahaan ini telah tersebar di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, Solo dan Makassar.

PT Satria Antaran Prima memiliki lika-liku yang panjang dalam membangun bisnisnya hingga bisa memiliki cabang berjumlah 219 cabang dan sub cabang yang tersebar luas di Nusantara. Perusahaan ini berkantor pusat di Jakarta.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai profil PT Satria Antaran Prima beserta sejarah dan bidang layanannya yang telah dirangkum dari laman resmi sap-express.id., Selasa (17/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil PT Satria Antaran Prima

Profil PT Satria Antaran Prima, Lengkap dengan Sejarah dan Bidang Layanannya
Power Commerce Asia memperoleh suntikan pendanaan dari PT Interport Mandiri Utama, perusahaan subsidiary dari PT Indika Energy Tbk. serta PT SAP Express Tbk.

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, PT Satria Antaran Prima adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa titipan, ekspedisi dan pergudangan, transportasi dan pengangkutan, jasa percetakan, keagenan dan outsourcing.

PT Satria Antaran Prima berdiri pada tanggal 9 September 2014 di Jakarta. Pertama kali berdiri, PT Satria Antaran Prima menerapkan sistem operasional berbasis Android dalam usahanya. Inovasi ini, menempatkan PT Satria Antaran Prima sebagai pelopor perusahaan jasa pengiriman berbasis Android di Indonesia. Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, Solo dan Makasar menjadi perhatian awal perseroan dalam pembangunan kantor cabang beserta jaringan yang luas hingga pelosok desa di Nusantara.

Selanjutnya pada bulan Januari 2015, jumlah cabang PT Satria Antaran Prima sudah mencapai 16 cabang, pada bulan Maret 2015, jumlah cabang bertambah menjadi 40 cabang serta pelebaran outlet hingga 200 titik di wilayah Indonesia. Tahun 2022 total cabang yang dikelola secara mandiri oleh PT Satria Antaran Prima berjumlah 219 cabang dan sub cabang.


Sejarah PT Satria Antaran Prima

Profil PT Satria Antaran Prima, Lengkap dengan Sejarah dan Bidang Layanannya
PT Satria Antaran Prima Tbk (SAP) resmi melantai perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (03/10/2018). (Bawono/Liputan6.com)

Pada tahun 2014

- PT Satria Antaran Prima mulai beroperasi di Jakarta tanggal 9 September 2014.

- Awal mula bisnis Perseroan dibentuk, dengan menjadi pionir dalam pengiriman barang berbasis aplikasi Android dan web. Perseroan resmi beroperasi dengan nama PT Satria Antaran Prima, dengan jumlah cabang pada akhir tahun 2014 sebanyak 6 cabang.

Pada tahun 2015

- Perseroan mulai melayani pelanggan dari sektor perbankan dan asuransi. Jumlah cabang berkembang menjadi 10 cabang.

- Bulan januari jumlah cabang PT Satria Antaran Prima mencapai 16 cabang di kota-kota besar di Indonesia.

- Meraih penghargaan Franchise Startup Award 2015.

- Meraih penghargaan Indonesian Inspire & Best Company Award 2015.

- Bulan maret jumlah cabang PT Satria Antaran Prima berjumlah 40 cabang dan sudah memiliki 200 outlet di Indonesia.

- Meraih penghargaan Rekor Bisnis (ReBi) Perusahaan Kurir Pertama dengan mobile system berbasis Android serta pembukaan kantor tercepat dan terbanyak dalam 6 Bulan.

Pada tahun 2016

- Berbekal jaringan yang bertambah luas, Perseroan berpartisipasi dalam program distribusi Kartu Indonesia Pintar yang dipelopori oleh Pemerintah Republik Indonesia. Selain itu, Perseroan mulai melayani pelanggan dari sektor e-commerce baik secara COD maupun Non-COD. Jumlah cabang bertambah menjadi 31 cabang.

- Meraih penghargaan Indonesia Franchise Marketing Award 2016.

Pada tahun 2017

- Perseroan mulai melayani pelanggan dari sektor farmasi dan consumer goods. Perseroan mulai mendapatkan manfaat yang signifikan dari jasa pengiriman COD. Jumlah cabang Perseroan bertambah menjadi 60 cabang.

- Mengembangkan dan memperluas kantor cabang di berbagai kota di Indonesia.

Pada tahun 2018

- Perseroan mulai melayani pelanggan dari sektor alat berat dan otomotif. Hingga Desember 2018, Perseroan telah menjangkau pengiriman ke seluruh daerah di Indonesia melalui 94 cabang yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

- Meraih penghargaan The Most Promising Brand 2018.

- Mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Pada tahun 2019

- Memperluas layanan COD PT Satria Antaran Prima, menjangkau semua provinsi di Indonesia dan menambahkan 3 Cabang dan 6 cabang pembantu.

- Di tahun ini, PT Satria Antaran Prima membuka lini bisnis baru yaitu bisnis pergudangan dan fulfillment untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan, terutama pemain e-commerce. PT Satria Antaran Prima juga memanfaatkan logistik yang besar dan lintas perbatasan dengan meningkatnya kebutuhan pengiriman lintas batas, perlahan-lahan PT Satria Antaran Prima menjadi solusi bagi semua keperluan logistik.

Pada tahun 2020

- Memperoleh sertifikat ISO 9001:2015 sebagai standar yang diakui secara internasional untuk praktik terbaik dalam manajemen mutu.

- Di tahun ini pula PT Satria Antaran Prima memperluas coverage area operasional nya dengan meningkatkan jumlah Agen Ritel nya secara agresif dari 900 konter agen retail pada tahun 2019 menjadi lebih dari 4100 konter agen retail pada akhir 2020. Hal ini dilakukan untuk mendukung para penjual (UMKM), memudahkan kerjasama dengan e-commerce, serta memenuhi permintaan pasar atas jasa keagenan konter.

Pada tahun 2021

- Fokus dalam melakukan pengembangan produk untuk mencapture peluang di bisnis usaha kecil dan menengah (UMKM). Per Maret 2021, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2jt dengan kontribusi terhadap produk domestic bruto sebesar 61,07% atau senilai 8.574 triliun. PT Satria Antaran Prima melalui lini usaha retail nya akan berusaha maksimal untuk mendorong kemajuan usaha UMKM di Indonesia dengan menyediakan layanan yang relevan dengan kualitas prima.


Jasa dan Layanan PT Satria Antaran Prima

Profil PT Satria Antaran Prima, Lengkap dengan Sejarah dan Bidang Layanannya
Ilustrasi pengirim barang (unsplash)

Adapun beberapa bidang layanan dan jasa dari PT Satria Antaran Prima, antara lain:

1. Kemitraan, Peluang Usaha Pengiriman

2. Konter Ritel, Cari Agen Ritel Terdekat

3. COD, Layanan Cash On Delivery

4. Last Mile Delivery, Layanan Last Mile Delivery

5. Gudang, Layanan Sewa Gudang

6. Mailroom, Layanan Pengelolaan Mailroom

7. Kiriman International, Jasa Pengiriman International

8. Pengemasan, Jasa Label dan Pengemasan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya