Viral Penampakan “Burung” Membeku Saat Berdiri Ini Bikin Heboh, Disebut Hibernasi

Burung membeku bikin heboh

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 12 Feb 2023, 15:30 WIB
Diterbitkan 12 Feb 2023, 15:30 WIB
Video burung beku
Viral Penampakan “Burung” Membeku Saat Berdiri Ini Bikin Heboh (Sumber: TikTok/lilcart)

Liputan6.com, Jakarta Cuaca ekstrem memang menjadi tantangan penghuni bumi. Selain panas, ada juga cuaca ekstrem dingin yang kerap menyulitkan manusia dan makhluk hidup. Tak heran fenomena cuaca dingin yang kuat sering membuat beku berbagai benda, bahkan hewan. Seperti sebuah video yang tengah viral di jagat maya beberapa burung yang membeku.

Lewat video TikTok yang dibagikan oleh akun @lilcarts, beberapa burung rawa berkaki panjang terlihat membeku di tengah dinginnya cuaca bersalju. Bahkan dalam video yang telah dilihat lebih dari 67.1 juta kali itu sempat dikira burung sungguhan. Hingga netizen tersadarkan jika video deretan burung berwarna putih itu hanyalah mainan.

Sempat netizen menyangka burung-burung yang diduga burung camar itu melakukan hibernasi dalam es yang membeku. Mengingat ada beberapa burung yang melakukan hibernasi layaknya beruang hingga ular. Kendati demikian perdebatan akhirnya terjadi di kalangan netizen yang mengatakan hibernasi tidaklah dalam keadaan membeku. 

Begitu pula dengan video “burung” camar membeku tersebut yang disebut netizen mustahil. Hingga rasa penasaran mereka membawa lebih dalam melihat laman profil akun TikTok @lilcarts. Berikut Liputan6.com merangkum video viral nya, Minggu (12/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fakta burung camar membeku

Video burung beku
Viral Penampakan “Burung” Membeku Saat Berdiri Ini Bikin Heboh (Sumber: TikTok/lilcart)

Video unggahan akun @lilcarts tersebut sukses mencuri perhatian usai kerap tayang di beranda TikTok. Tak heran jika video tersebut memang menarik dan sempat dikira sungguhan oleh netizen. Melihat wujud burung bak burung camar ini terlihat sama persis dengan aslinya. Namun jika lebih jeli, netizen bakal sadar jika burung itu tak sungguhan.

Lewat video berdurasi 13 detik ikut, seorang pria terlihat memukul burung dengan tangan. Tujuannya adalah untuk merontokkan es yang melekat pada tubuh burung. Jika dilihat lebih detail di setiap punggung burung terdapat sebuah baut yang membuat kawanan burung itu tetap berdiri. Hal ini seketika mengungkap burung tersebut merupakan mainan.

Lebih lagi lewat pembuktian ilmiah, burung yang berhibernasi akan tetap menjaga kondisi tubuhnya hingga tidak membeku. Hal itu dikuatkan jika burung bakal berpindah tempat jika akan menghadapi musim dingin.

Seperti melansir dari New Scientist, “Tidak seperti reptil, kerabat terdekat mereka, burung biasanya tidak berhibernasi karena mereka memiliki alat transportasi yang sangat baik yang memungkinkan mereka menahan musim dingin di iklim yang lebih hangat di mana makanan tersedia.”


Komentar Heboh Netizen

Video burung beku
Viral Penampakan “Burung” Membeku Saat Berdiri Ini Bikin Heboh (Sumber: TikTok/lilcart)

Melihat unggahan video yang kerap tampil di beranda TikTok itu, tak sedikit netizen mengomentari unggahan video akun @lilcarts. Mulai dari terkesima dengan video unik tersebut, hingga memperdebatkan video viral tersebut. 

“🐧 : "buset pelan dikit napa",” komentar akun @shinbell_a.

“patung nya kyk asli sampe bnyk yg ketipu 😂,” komentar akun @jianrd.

“🐦: aga sakit, tapi makasih..,” celetuk akun @dennis_f10.

“satisfying bgttt😭,” komentar akun @i.jehan.

“🥺kasihan pasti mereka kedinginan..mati 😭,” komentar @kailijieru.

“Saya tidak berharap untuk menertawakan ini, tetapi di sinilah kita,” komentar akun @ummymummy dalam bahasa inggris.

“saya membutuhkan 3 burung untuk menyadari bahwa mereka tidak nyata,” tersadar akun @joshp244.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya