Apa Tujuan dari Reklame? Pahami Pengertian Juga Tips Membuat Reklame yang Bagus

Berikut ini daftar apa saja tujuan dari reklame serta hal-hal yang perlu anda ketahui tentang reklame.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 14 Feb 2023, 14:45 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2023, 14:45 WIB
Ilustrasi reklame
Ilustrasi reklame. (Photo by DesignClass on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Jawaban utama pertanyaan apa tujuan dari reklame adalah untuk mengiklankan suatu jasa atau barang yang ingin dijual kepada masyarakat. Menjadi salah satu bentuk media pengiklanan yang telah ada sejak lama, reklame terus bertahan dan tetap menjadi favorite banyak pengusaha karena memiliki sejumlah manfaat dan tujuan pengiklanan yang tidak dimiliki media pengiklanan lain.

Faktanya orang yang melihat sekitar 1000 iklan setiap hari, umumnya hanya mengingat 7 di antaranya. Dengan diperkenalkannya iklan digital, angka awal itu kemungkinan besar akan lebih besar akhir-akhir ini. Namun, jika anda mengendarai mobil setiap hari, anda akan melihat banyak iklan papan reklame di jalanan, lantas apa tujuan dari reklame di tengah banyaknya gempuran iklan digital saat ini?

Iklan dalam bentuk reklame ada dalam berbagai bentuk dan ukuran, serta dapat ditemukan di kedua sisi jalan raya. Hal ini membuat reklame menjadi salah satu pemandangan yang pasti akan dilihat oleh orang-orang yang berlalu lalang di sekitarnya. Selain itu reklame juga memiliki sejumlah tujuan lain yang membuatnya menjadi salah satu media pengiklanan yang memberikan dampak besar dalam penjualan. 

Lantas apa tujuan dari reklame dan bagaimana cara membuat iklan reklame yang efektif? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (14/2/2023) daftar apa saja tujuan dari reklame serta hal-hal yang perlu anda ketahui tentang reklame.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Itu Iklan Reklame?

Tolak Dijodohkan, Pria Ini Iklankan Dirinya Sendiri di Reklame Demi Cari Istri
Tolak Dijodohkan, Pria Ini Iklankan Dirinya Sendiri di Reklame Demi Cari Istri. (Sumber: Independent UK)

Apa Itu Iklan Reklame?

Iklan papan reklame terdiri dari pembelian ruang iklan di papan reklame untuk mempromosikan perusahaan anda, barang dan jasanya, atau kampanye khusus. Papan reklame ini biasanya ditempatkan di lokasi dengan lalu lintas tinggi untuk menarik perhatian terbesar dari kendaraan dan orang yang lewat. Jalan raya, rel kereta api, dan kereta bawah tanah adalah contoh tempat-tempat tersebut.

Sementara banyak orang percaya papan reklame sama sekali tidak efektif di lingkungan dan kondisi saat ini yang serba digital. Faktanya, papan iklan reklame memiliki pengembalian investasi  atau ROI sekitar  497% dan diperkirakan akan meningkat dengan kecepatan 10% setiap tahunnya. 

Sejarah Periklanan Reklame

Papan reklame pertama yang didokumentasikan ditemukan 3.000 tahun yang lalu di Thebes, sebuah kota Mesir kuno. Dengan diperkenalkannya litografi, teknik pencetakan yang melibatkan minyak dan air, pada tahun 1794, iklan papan reklame menjadi populer. Pada tahun 1931, Wall Drug Company adalah yang pertama meluncurkan kampanye iklan reklame di seluruh negeri. 

Ketika Undang-Undang Merokok Kesehatan Masyarakat tahun 1971 memerintahkan bisnis tembakau untuk berhenti mempromosikan produk mereka di televisi dan radio, banyak dari perusahaan ini memindahkan iklan mereka ke luar. Mengiklankan rokok di papan reklame, sebaliknya, dilarang pada tahun 1987.


Faktor Kunci Yang Mempengaruhi Biaya Iklan Reklame

Faktor Kunci Yang Mempengaruhi Biaya Iklan Reklame

Ada 3 faktor utama yang bertanggung jawab dan sangat mempengaruhi jumlah biaya yang perlu dikeluarkan untuk untuk menentukan biaya iklan reklame yang diberikan, berikut ini penjelasannya : 

1. Letak Geografis

Dalam hal harga papan reklame, lokasi adalah faktor terpenting. Ini karena lokasi papan reklame memengaruhi jumlah orang yang melihatnya. Pengiklan mempertimbangkan langkah kaki, tampilan, dan demografi audiens saat menentukan harga suatu tempat. Kuantitas lalu lintas pejalan kaki atau motor yang melewati tempat iklan disebut sebagai langkah kaki. 

Karena lalu lintas yang padat menyiratkan lebih banyak orang akan melihat iklan, itu digunakan sebagai indikator seberapa menguntungkan suatu area. Footfall saja, bagaimanapun, tidak cukup untuk menilai kelayakan tempat iklan potensial. Pemasar tertarik pada tayangan, atau berapa kali seseorang cenderung melihat iklan.

Persimpangan dengan banyak kendaraan yang berhenti memberikan citra yang lebih baik daripada jalan yang ramai dengan banyak aktivitas pejalan kaki. Terakhir, saat memilih situs periklanan, pemasar mempertimbangkan demografi populasi sasaran. Biaya sewa tempat papan reklame yang menarik klien berpenghasilan tinggi selalu lebih tinggi.

2. Ukuran

Aturan praktisnya adalah semakin besar papan reklame, semakin mahal harganya. Anda harus membayar jumlah yang lebih tinggi untuk papan reklame 96 lembar dibandingkan dengan papan reklame 6 lembar karena biaya produksi dan pemasangan.

Biaya pemasangan papan reklame digital tidak mahal karena ukuran bukanlah masalah besar. Papan reklame ini memutar iklan dari beberapa perusahaan, yang menyiratkan bahwa biaya sewa dibagi di antara perusahaan-perusahaan tersebut.

3. Durasi Tampilan

Ruang untuk iklan luar ruang dilelang dalam periode dua minggu. Biaya naik secara proporsional dengan jumlah waktu yang anda sewa, sehingga semakin besar durasi tampilan, semakin mahal harganya. Namun, dengan memperpanjang durasi tampilan, pengeluaran iklan papan reklame dapat dikurangi. Saat anda menyewa papan reklame selama setahun, harga mingguannya jauh lebih rendah.


Apa Tujuan Dari Iklan Reklame?

Apa Tujuan Dari Iklan Reklame?

Terdapat beberapa tujuan yang dapat dicapai dengan membuat iklan menggunakan media reklame, diantaranya adalah : 

1. Reklame Menarik Bagi Segala Usia

Selain cocok digunakan untuk mengiklankan produk pada konsumen usia dewasa, reklame juga menarik perhatian anak-anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak mengenali iklan dalam bentuk reklame bahkan sebelum mereka dapat berbicara. Target pasar anak adalah salah satu yang kuat. Pemasar yang cerdas telah belajar bahwa pada usia yang sangat dini, anak-anak membangun loyalitas merek. Dengan demikian, pengiklan berusaha untuk membina hubungan dengan pasar anak muda.

2. Reklame Tidak Akan Pernah Ketinggalan Zaman

Terlepas dari bentuk periklanan baru, papan reklame akan tetap ada. Selama orang mengemudi, berjalan kaki, bersepeda, joging, atau berlari untuk bekerja atau menjalankan tugas, mereka akan tetap menjadi target pasar iklan papan reklame. Reklame akan selalu mengambil bagian dari anggaran periklanan. Bahkan di saat-saat yang tidak biasa seperti pandemi, orang akan tetap keluar meski hanya untuk penjemputan di pinggir jalan. Selama berkendara untuk mengambil barang yang telah dipesan sebelumnya, pengemudi akan melihat dan mengingat iklan papan reklame .

3. Reklame Memiliki Demografis Yang Luas

Dengan iklan reklame, perusahaan dapat menjangkau berbagai macam pelanggan. Dan anda bisa melakukan taktik periklanan yang satu ini. Alih-alih membelanjakan uang periklanan anda untuk beberapa jenis iklan, anda dapat menyentuh banyak jenis kelompok pelanggan sasaran. Selain itu, anda tidak perlu meneliti ceruk pasar mana yang akan dibidik. Anda tidak perlu menghabiskan uang dan waktu iklan anda untuk mencoba menjangkau pelanggan potensial. Dengan menggunakan iklan papan reklame, anda bahkan dapat menemukan calon pembeli di area yang tidak terbayangkan.

4.Reklame Memiliki Laba Atas Investasi (ROI) Yang Tinggi

Karena papan reklame terletak di area yang begitu sibuk, mereka memiliki jumlah penayangan dan reaksi tertinggi terhadap strategi pemasaran apa pun. reklame memiliki tingkat pengembalian investasi yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa untuk setiap dolar iklan yang dihabiskan untuk papan reklame, laba atas investasi hampir enam dolar . 

5. Reklame Bekerja 24/7

Iklan radio dan televisi berjalan dalam waktu beberapa detik. Iklan majalah bergantung pada pelanggan dan pembaca yang memperhatikan iklan saat mereka membolak-balik majalah. Biaya iklan papan reklame anda menjamin itu diputar tidak hanya beberapa kali sehari tetapi sepanjang hari setiap hari. Reklame memberikan keterpaparan berulang pada iklan anda karena orang yang lewat memiliki rute reguler. Mereka melihat iklan anda setidaknya dua kali sehari, lima hari atau lebih setiap minggu .

6. Reklame Menciptakan Kesadaran Merek

Jika anda mencoba untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web, papan reklame bukanlah media periklanan yang paling efektif. Papan reklame juga tidak cenderung meningkatkan jumlah kunjungan ke toko. Namun, papan reklame unggul dalam mendapatkan dan meningkatkan kesadaran merek. Inilah alasannya. Kebanyakan orang melihat reklame yang sama berkali-kali. Dengan demikian, mereka mengingat merek anda. 

Gambar atau slogan yang menarik, jenaka, atau mudah diingat menawarkan cara yang bagus bagi calon pelanggan untuk mempelajari bisnis anda. Nantinya, ketika mereka menginginkan produk atau jasa anda, mereka akan ingat pernah melihat iklan reklame anda. Merek anda akan tertanam dalam pikiran mereka.


Tips Membuat Iklan Reklame yang Efektif dan Menarik

5 Tips Membuat Iklan Reklame yang Efektif dan Menarik

Jika anda berpikir untuk berinvestasi dalam iklan papan reklame di mana papan reklame akan terlihat oleh jutaan orang, anda perlu bekerja secara kreatif untuk menarik perhatian maksimal. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat iklan reklame yang efektif dan menarik.

1. Buatlah Singkat dan Sederhana

Pesan panjang akan membuat pengemudi dan pejalan kaki bosan yang hanya memiliki waktu beberapa detik untuk melihat reklame anda. Bersikaplah inovatif dengan pesan anda karena papan reklame hanya boleh memiliki enam kata. Alih-alih kalimat yang panjang, pilihlah sesuatu yang singkat dan kreatif yang menarik perhatian mereka dan melekat pada mereka. Selain itu, pastikan organisasi anda ditampilkan dengan jelas sehingga audiens dapat mengaitkan iklan dengan merek anda. Tulisan harus dalam font yang besar dan kuat dengan latar belakang berwarna cerah.

2. Gunakan Gambar

Dalam iklan papan reklame, ungkapan ‘sebuah gambar bernilai ribuan kata’ sangat benar. Ilustrasi langsung menarik perhatian kendaraan dan penumpang dan jauh lebih mudah untuk dipusatkan. Untuk menyampaikan informasi tentang bisnis, produk, atau layanan anda, gunakan kombinasi teks dan gambar yang menarik.

3. Buat Kesan Abadi Dengan Emosi

Anda harus terhubung dengan emosi audiens anda untuk membuat iklan anda tak terlupakan, baik melalui humor, melankolis, empati, atau amarah. Jika iklan anda membuat orang tertawa, membangkitkan kenangan indah, atau memicu respons emosional apa pun, anda pasti telah mendapatkan pelanggan baru.

4. Pilih Lokasi dengan Hati-hati

Papan reklame yang dirancang dengan sempurna mencerminkan sekelilingnya. Untuk membantu membuat merek Anda lebih mudah diingat oleh orang yang melihatnya, gunakan elemen halus, nama panggilan, atau lelucon yang relevan dengan lokasi Anda. Pastikan Anda mengingat nada merek Anda saat melakukannya.

5. Jadilah Spesifik Dengan Nada

Karena papan reklame umumnya terletak di jalan raya, nada suara papan reklame juga penting untuk dipertimbangkan. Gunakan sesuatu yang tidak terlalu mengejutkan atau mengganggu. Di atas segalanya, bisnis yang hidup dengan gagasan branding dan kesadaran adalah pilihan utama untuk menggunakan papan reklame sebagai jenis periklanan pilihan. Refleksikan merek anda secepat mungkin.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya