Tanggal 1 Agustus Hari Apa, Perayaan Hari ASI dan Kanker Paru-paru Sedunia

1 Agustus adalah perayaan Hari ASI Sedunia dan Hari Kanker Paru-paru Sedunia atau World Lung Cancer Day.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 20 Feb 2023, 12:45 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2023, 12:45 WIB
Ilustrasi bulan Agustus
Ilustrasi bulan Agustus. (Photo by Laura Chouette on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 1 agustus hari apa? Perlu Anda ketahui, bulan Agustus dianggap sebagai bulan yang penting di beberapa negara, karena pada bulan ini banyak perayaan dan hari libur nasional yang dirayakan. Misalnya, di Indonesia, tanggal 17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan atau Hari Proklamasi, yaitu hari ketika Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Di beberapa negara lain, seperti Amerika Serikat, tanggal 15 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan India.

Tanggal 1 agustus hari apa? Hari ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW) dirayakan setiap tahun pada minggu pertama bulan Agustus. Tepatnya, dimulai pada tanggal 1 Agustus hingga 7 Agustus. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, dan pemahaman tentang manfaat pemberian ASI (Air Susu Ibu) bagi bayi dan ibu, serta mendukung praktik pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi. 

Tanggal 1 agustus hari apa? Tak hanya Hari ASI Sedunia, tanggal 1 Agustus juga diperingati sebagai Hari Kanker Paru-paru Sedunia atau World Lung Cancer Day. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang kanker paru-paru, termasuk penyebab, gejala, pengobatan, dan pencegahannya. Hal ini karena kanker paru-paru, adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan di dunia.

Menurut World Health Organization (WHO), kanker paru-paru adalah penyebab kematian tertinggi kedua dari semua jenis kanker di seluruh dunia. Pada tahun 2020, diperkirakan terdapat lebih dari 2 juta kasus baru kanker paru-paru dan lebih dari 1,7 juta kematian akibat penyakit ini di seluruh dunia.

Berikut ini perayaan penting pada 1 Agustus yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/2/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hari ASI Sedunia

1 Agustus Hari ASI Sedunia: Perlindungan Menyusui adalah Tanggung Jawab Bersama
1 Agustus Hari ASI Sedunia dan hari-hari penting 2021 lainnya

Tanggal 1 agustus hari apa? Peringatan Hari ASI Sedunia dimulai sejak tahun 1991, yang diprakarsai oleh World Alliance for Breastfeeding Action (WABA). Setiap tahunnya, tema yang berbeda dipilih untuk memperingati Hari ASI Sedunia dan mengarahkan perhatian pada isu-isu terkait pemberian ASI. Selama Hari ASI Sedunia, banyak organisasi dan individu di seluruh dunia yang mengadakan acara dan kegiatan seperti seminar, kampanye, pertemuan kelompok ibu, serta kegiatan sosial lainnya untuk mempromosikan pemberian ASI dan meningkatkan kesadaran tentang manfaatnya. 

Sslain acara dan kegiatan yang diselenggarakan, juga terdapat berbagai kampanye dan program yang diluncurkan. Salah satu contohnya adalah kampanye "Apa yang Kamu Berikan Berarti Segalanya" atau "What You Give Matters" yang diluncurkan pada Hari ASI Sedunia 2021 oleh WABA. Kampanye ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana setiap tindakan kecil dalam memberikan dukungan pada ibu menyusui dapat membuat perbedaan besar dalam keberhasilan pemberian ASI.

Selain itu, Hari ASI Sedunia juga dianggap penting dalam mengadvokasi kebijakan dan regulasi yang mendukung pemberian ASI. Beberapa contoh kebijakan yang mendukung pemberian ASI di antaranya, adalah peraturan perusahaan yang memungkinkan ibu menyusui, untuk memberikan ASI di tempat kerja, dan dukungan dari tenaga medis untuk pemberian ASI eksklusif, dan kebijakan publik yang menjamin perlindungan terhadap iklan susu formula. Dalam rangka merayakan Hari ASI Sedunia, banyak organisasi juga memberikan dukungan pada ibu menyusui dengan cara memberikan edukasi, dukungan emosional, dan dukungan teknis untuk membantu ibu merasa nyaman dan percaya diri dalam memberikan ASI. 

Selain itu, pada Hari ASI Sedunia, biasanya banyak pula dilakukan acara dan kegiatan-kegiatan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemberian ASI serta memberikan dukungan pada ibu-ibu yang sedang menyusui. Beberapa kegiatan yang sering dilakukan pada Hari ASI Sedunia adalah:

- Seminar dan diskusi tentang manfaat pemberian ASI

- Pelatihan dan workshop bagi para petugas kesehatan tentang cara memberikan dukungan kepada ibu menyusui

- Lomba-lomba dan kegiatan yang melibatkan ibu dan bayi, seperti lomba menyusui dan lomba bayi sehat

- Pameran dan bazar produk-produk yang mendukung pemberian ASI

- Penyuluhan dan sosialisasi tentang hak-hak ibu menyusui, seperti hak untuk memberikan ASI di tempat umum dan hak untuk mendapat cuti menyusui di tempat kerja.

- Semua kegiatan dan kampanye pada Hari ASI Sedunia, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan dukungan masyarakat terhadap pemberian ASI serta mendorong terciptanya kebijakan yang mendukung praktik pemberian ASI eksklusif. 


Kanker Paru-paru Sedunia

Hari Kanker Sedunia
Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, deteksi dini dinilai penting untuk mencegah dan mengetahui status kesehatanmu. | pexels.com/@anntarazevich

Tanggal 1 agustus hari apa? Peringatan Hari Kanker Paru-paru Sedunia yang dirayakan pada 1 Agustus ini,  diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, tentang kanker paru-paru dan mempromosikan upaya pencegahan dan deteksi dini. Kampanye-kampanye ini dilakukan selama Hari Kanker Paru-paru Sedunia meliputi penyuluhan, seminar, penggalangan dana, dan aksi sosial lainnya.

Beberapa cara untuk mencegah kanker paru-paru antara lain menghindari merokok dan paparan asap rokok, menghindari paparan bahan kimia beracun, dan menjaga kesehatan paru-paru dengan olahraga teratur dan makan makanan yang sehat. Jika terdapat gejala yang mencurigakan, seperti batuk yang berlangsung lama, sesak napas, dan hilangnya nafsu makan, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Untuk mengurangi risiko kanker paru-paru, WHO juga merekomendasikan program skrining kanker paru-paru terhadap orang-orang yang berisiko tinggi, seperti perokok berat dan orang yang terpapar bahan kimia beracun. Skrining kanker paru-paru menggunakan teknologi pencitraan, seperti CT scan, untuk mendeteksi kanker paru-paru pada tahap awal, sehingga pengobatan bisa dimulai secepat mungkin.

Selain itu, pengobatan kanker paru-paru dapat meliputi operasi, kemoterapi, radioterapi, terapi target, dan imunoterapi, tergantung pada jenis dan stadium kanker paru-paru yang diderita. Pada tahap awal, pengobatan kanker paru-paru biasanya lebih efektif dan memberikan peluang kesembuhan yang lebih besar. Peringatan Hari Kanker Paru-paru Sedunia diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya deteksi dini dan pengobatan kanker paru-paru, serta mendorong masyarakat untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk mengurangi risiko terkena kanker paru-paru. 

 


Kata-Kata Bijak Bulan Agustus

Ilustrasi bulan Agustus, kata-kata bijak
Ilustrasi bulan Agustus, kata-kata bijak. (Photo on Freepik)

1. "Apa pun yang dibawa bulan Agustus untukmu, baik atau buruk; selalu pertahankan senyum itu di wajahmu apa pun yang terjadi"

2. "Lepaskan masa lalu. Sambut bulan baru. Semoga hari-harimu indah di bulan Agustus ini"

3. "Bulan baru, bulan Agustus hadir dengan kemungkinan baru. Saatnya Anda bertemu dengan semua kemungkinan yang tidak diketahui dan tidak terlihat dalam hidup."

4. "Memasuki bulan baru Agustus ini membuka lembaran baru, semoga pintu kesuksesan dalam hidupmu mulai terbuka satu demi satu."

5.  "Bulan Agustus baru, niat baru, tujuan baru, cinta baru, cahaya baru, dan awal baru"

6. "Karena ini adalah bulan baru, ini memberikan kesempatan lain untuk menulis bab baru kehidupan yang indah. Semoga kesuksesan ada di setiap ceritamu."

7. "Buatlah tantangan bagi dirimu sendiri untuk melampaui batasmu sebelumnya. Rentangkan melampaui titik puncakmu dan lihat dirimu menjadi lebih baik."

8. "Setel telingamu ke melodi yang tepat. Pastikan untuk mengubah hatimu dari keputusasaan dan selalu positif."

9. "Bersihkan air mata dari bulan sebelumnya dari matamu sehingga kamu dapat melihat dengan jelas apa yang ada di bulan ini untukmu."

10. "Ini bulan baru, bersiaplah untuk mengumpulkan pecahan-pecahan yang tersisa dari bulan sebelumnya, dan buatlah karya yang indah darinya."

11. “Mulaliah bulan ini dan seterusnya menjadi lebih bahagia, memiliki tujuan jelan, memuaskan & menyenangkan.”

12. "Kamu tidak perlu memikirkan kegagalan masa lalumu karena Tuhan akan menulis ulang kisahmu di bulan yang baru ini."

13. "Hidup dipenuhi dengan yang baru. Namun, perlu untuk mengosongkan yang lama untuk memberi ruang bagi yang baru untuk masuk."

14. "Batas waktu untuk mencapai tujuanmu telah diperpanjang selama 31 hari lagi. Jadi, tersenyumlah dan jelajahi warna bulan baru."

15 . “Bersulang untuk bulan baru dan kesempatan lain bagi kita untuk melakukannya dengan lebih baik.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya