Cara Scan Barcode QR di iPhone atau Android dengan Mudah dan Cepat

Cara scan barcode QR melalui smartphone Android dan iPhone, serta apa yang harus dilakukan jika anda tidak dapat memindainya.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 28 Feb 2023, 12:20 WIB
Diterbitkan 28 Feb 2023, 12:20 WIB
Ilustrasi Barcode, kede QR
Ilustrasi Barcode, kede QR (Photo created by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Cara scan barcode QR kini bisa melalui berbagai perangkat smartphone. Cara scan barcode QR melalui smartphone ini berguna untuk mempermudah berbagai kegiatan. Saat ini, anda dapat menemukan kode QR di segala hal mulai dari struk pembayaran, iklan di majalah, menu di restoran, bungkus permen hingga papan reklame. 

Memindai barcode QR ini dengan smartphone memungkinkan anda membuka halaman web dengan cepat, mengunduh aplikasi, mengirim pesan teks dan banyak lagi. Banyak restoran dan bar bahkan mengganti menu mereka dengan barcode QR, sementara beberapa toko lain menggunakannya untuk pembayaran tagihan anda.

Makin banyak ditemui di berbagai macam kesempatan, sayangnya masih banyak orang yang belum tau cara scan barcode QR menggunakan smartphone mereka. Untuk mempelajari cara scan barcode QR dengan mudah, terdapat langkah-langkah sederhana yang bisa diikuti baik oleh pengguna smartphone Android maupun iPhone.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (28/2/2023). Cara scan barcode QR melalui smartphone Android dan iPhone, serta apa yang harus dilakukan jika anda tidak dapat memindainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Scan Barcode QR di iPhone

Ilustrasi Barcode.
Ilustrasi Barcode. Photo Copyright by Freepik

Untuk memindai kode QR di iPhone anda, yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi Kamera dan arahkan ponsel anda ke kode QR. Pastikan kode QR ada di dalam kotak di layar anda, lalu ketuk spanduk pop-up atau ikon kode QR berwarna kuning di pojok kanan bawah.

1. Buka aplikasi Kamera di iPhone anda. 

Anda dapat dengan cepat membuka aplikasi kamera dengan menggesek ke kiri dari layar kunci. Atau anda dapat menggesek ke bawah dari tengah layar beranda dan mengetik "Kamera" di bilah pencarian di bagian atas layar anda.

2. Kemudian arahkan iPhone anda ke kode QR untuk memindainya. 

Anda tidak harus mengisi seluruh layar, tetapi pastikan anda dapat melihat keempat sudut kode QR di aplikasi. Setelah anda memindai kode QR dengan benar, spanduk pop-up akan muncul di atasnya, dan anda juga akan melihat ikon kode QR kuning muncul di sudut kanan bawah.

3. Terakhir, ketuk spanduk pop-up atau ikon QR di pojok kanan bawah aplikasi. 

Hal ini akan segera mengirim anda ke situs web, membuka aplikasi, atau melakukan tindakan lain, jadi pastikan anda tahu apa yang dilakukan spanduk sebelum mengetuknya.

Jika anda tidak melihat spanduk atau ikon QR, pastikan fitur Pindai Kode QR telah diaktifkan. Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan > Kamera dan mengetuk penggeser di sebelah Pindai Barcode QR. Anda akan tahu itu dihidupkan saat berwarna hijau.

Jika anda masih tidak melihat spanduk pop-up atau ikon kode QR, ambil gambar kode QR dan buka di app Foto. Kemudian ketuk ikon Teks Langsung yang terlihat seperti tiga garis dalam kotak di pojok kanan bawah. Terakhir, ketuk kode QR, lalu spanduk pop-up akan muncul.

Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang cara mengambil tangkapan layar di iPhone , lihat panduan langkah demi langkah kami di sini.


Cara Scan Barcode QR di Ponsel Android

Jika anda menjalankan Android 8 atau lebih baru, anda dapat memindai kode QR dengan membuka aplikasi kamera, mengarahkan ponsel ke kode QR, dan mengetuk spanduk pop-up. Jika Anda tidak melihat spanduk munculan, anda dapat menggunakan aplikasi Google Lens untuk memindai kode QR.

1. Buka aplikasi Kamera di ponsel Android anda. 

Anda dapat membuka aplikasi kamera dengan menggesek layar dari bawah ke atas. Atau anda dapat mengetuk bilah pencarian di layar beranda dan memasukkan "Kamera".

2. Kemudian arahkan ponsel Android anda ke kode QR untuk memindainya. 

Pastikan keempat sudut kode QR terlihat di jendela bidik. Jika anda menjalankan Android 8 atau lebih baru, anda akan melihat spanduk pop-up muncul.

3. Terakhir, ketuk spanduk pop-up. 

Hal ini akan segera mengirim anda ke situs web, membuka aplikasi, atau melakukan tindakan lain, jadi pastikan anda tahu apa yang dilakukan spanduk sebelum mengetuknya.

Jika anda tidak melihat spanduk muncul, anda dapat menggunakan Google Lens. anda mungkin melihat ikon Lens di suatu tempat di layar anda. Atau anda mungkin harus mengetuk Modes di pojok kanan bawah aplikasi dan memilih Lens. Kemudian tempatkan kode QR di garis putih dan ketuk ikon kaca pembesar untuk memindainya.   

Anda juga dapat membuka Lens di beberapa ponsel dengan mengetuk dan menahan kode QR di layar hingga anda melihat roda pemintal warna-warni. Lalu ketuk spanduk pop-up saat muncul di atas kode QR. Jika Google Lens tidak berfungsi di aplikasi kamera, anda mungkin harus mengaktifkannya di setelan. Anda dapat memeriksa setelan kamera di aplikasi atau di setelan umum di Android anda. Kemudian aktifkan opsi saran Google Lens.

Anda juga dapat mengunduh aplikasi Google Lens dari Google Play Store. Setelah anda membuka aplikasi, pindahkan kode QR ke tengah jendela bidik dan ketuk ikon kaca pembesar di bagian bawah layar anda untuk memindainya.

Jika anda menjalankan Android 7 atau lebih lama, ponsel anda mungkin tidak kompatibel dengan aplikasi tersebut, tetapi anda mungkin sudah memiliki fitur Google Lens di perangkat Android anda. Untuk mengetahuinya, tekan tombol Beranda di bagian bawah perangkat anda hingga Asisten Google muncul.

Lalu ketuk ikon Google Lens atau pilih ikon mikrofon dan ucapkan, "buka Google Lens". Jika semuanya gagal, anda dapat mengambil gambar atau tangkapan layar kode QR, membuka aplikasi Foto Google, dan mengetuk ikon Google Lens di bawah gambar itu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya