Viral Penampakan Polusi Jakarta di Pagi Hari dari Atas Pesawat, Gelap Bak Kabut

Dari atas udara, gumpalan berwarna abu-abu itu menutupi rumah warga.

oleh Dyah Mulyaningtyas diperbarui 09 Apr 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 09 Apr 2023, 14:00 WIB
Viral Penampakan Polusi Jakarta di Pagi Hari dari Atas Pesawat, Gelap Bak Kabut
Viral Penampakan Polusi Jakarta di Pagi Hari dari Atas Pesawat, Gelap Bak Kabut (Sumber: TikTok/@sherlyyandrianii)

Liputan6.com, Jakarta Polusi menjadi masalah bagi penduduk dunia. Penyebabnya antara lain ialah asap kendaraan bermotor, asap hasil sisa pembakaran di pabrik-pabrik, kebakaran hutan dan masih banyak lainnya. Hal itu pun dirasakan di Jakarta yang disebut memiliki tingkat polusi cukup tinggi.

Buruknya kualitas udara mencatatkan Ibukota Indonesia ini sebagai salah satu kota dengan polusi udara paling memprihatinkan di dunia. Baru-baru ini seorang pengguna TikTok membagikan penampakan polusi udara di Jakarta.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @sherlyyandrianii, Jumat (7/4/2023) ia merekam penampakan Jakarta dari atas pesawat. Biasanya jika berada di pesawat yang akan bersiap landing dan sudah mendekati bandara, penampakan rumah atau gedung-gedung terlihat dengan jelas.

Namun dalam video tersebut, tampak gelap diselimuti polusi udara padahal kondisi masih pagi. Berikut cerita selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari TikTok @sherlyyandrianii, Minggu (9/4/2023).


Diselimuti Gumpalan Warna Abu-abu

@sherlyyandrianii

Jakarta jam 10.30 pagi tadi. Ini kita tinggal di dalem debu? Pas landing gak keliatan apa2 malah cenderung cerah bersih 😳 #jakarta #haze #pollution #birdeyeview #fyp #foryoupage #fypシ

♬ Amityville Horror - Scary Halloween Sound Effects - Halloween Sound Effects

Pemilik video itu tampak syok melihat kondisi Jakarta di pagi hari yang sudah diselimuti polusi udara. Padahal saat itu masih pagi sekitar pukul 10.30 WIB. Bahkan dari atas udara, gumpalan berwarna abu-abu itu menutupi rumah warga.

"Jakarta jam 10.30 pagi tadi. Ini kita tinggal di dalem debu? Pas landing gak keliatan apa2 malah cenderung cerah bersih", keterangan dalam video tersebut.

Namun ketika landing atau lepas landas pemandangan terlihat begit berbeda dengan saat berada di ketinggian. Saat landing, langit yang cerah terlihat begitu jelas. Begitu juga dengan bangunan dan rumah warga yang berada di sekitar bandara.

Penampakan ini jauh berbeda dibandingkan saat berada di atas pesawat yang menunjukkan gumpalan gelap bak kabut yang menutupi rumah dan gedung-gedung. Jika dilihat saat berada di darat, langit tampak begitu cerah seperti biasanya.


Bikin Warganet Miris Melihatnya

Sontak video itu menjadi viral dan menuai reaksi warganet. Banyak warganet yang miris dan dibuat syok melihat kondisi Jakarta yang diselimuti polusi udara. Terlebih, kala itu masih di pagi hari.

"kalo tinggal di apart lantai 20an juga keliatan entu awan polusi.." komentar salah satu warganet.

"emng gitu terus tiap naik pesawat.. klo pulkam langitnya bersih, begitu balik ke jkt disambut langit butek" komentar salah satu warganet.

"woi kirain awalnya yang abu itu warna air laut yang jauh gituloohhh ternyata langit" komentar salah satu warganet.

"Awan tangerang kalo sore kayak mau ujan gede padahal ga ujan polusi pada naek pasti itu" komentar salah satu warganet.

"pernah tinggal di apartemen lantai 33 kalo pagi jam 6an masih seger udaranya, jam 7 ke atas jangan di tanya, kalo ujan gk keliatan apa2 putih semua" komentar salah satu warganet.

"iya sih sering perhatiin jg ini kabut embun,mendung apa polusi,kalo embun kan jkt bukan di gunung,ternyata polusi" komentar salah satu warganet.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya