7 Doa Mencerahkan Wajah, Selalu Pancarkan Aura Positif

Mengamalkan doa mencerahkan wajah di pagi dan sore hari akan mendatangkan manfaat yang luar biasa.

oleh Laudia Tysara diperbarui 17 Apr 2024, 16:16 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2023, 11:35 WIB
FOTO: Kasus COVID-19 Mulai Landai, MUI Izinkan Saf Salat Kembali Rapat
Umat muslim berdoa di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Kamis (10/3/2022). MUI mengizinkan saf salat kembali rapat seiring kasus COVID-19 mulai landai, selain itu aktivitas pengajian di masjid dan perkantoran dapat dilaksanakan dengan disiplin menjaga kesehatan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Muslim yang rutin mengamalkan doa mencerahkan wajah di pagi dan sore hari akan mendapat manfaat yang luar biasa. Mereka yang membaca doa ini, kehidupannya akan senantiasa selalu diliputi oleh keberkahan dan kebahagiaan.

Mereka yang membaca doa mencerahkan wajah dan disertai dengan dzikir di pagi dan sore hari, akan selalu diliputi dengan aura yang positif. Wajahnya akan selalu bercahaya dan disukai oleh banyak orang.

عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلِيقٍ

“Dari sahabat Abu Dzar ra, ia berkata, Rasulullah saw bersabda, ‘Jangan kamu meremehkan suatu perbuatan baik sekecil apapun meski kamu hanya bertatap muka dengan saudaramu dengan wajah cerah dan ceria,’” (HR Muslim).

Dalam buku berjudul Kitab Doa Mustajab Terlengkap: Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya oleh Ustadz H. Amrin Ali Al-Kasyaf, dijelaskan ada tujuh doa mencerahkan wajah yang bisa diamalkan oleh setiap muslim.

Doa mencerahkan wajah yang dimaksudkan berisi permohonan agar Allah SWT menjauhkan dari kesalahan-kesalahan, Allah SWT menghilangkan segala kesempitan, hingga Allah SWT memberikan keridhaan-Nya.

Bacaan doa mencerahkan wajah yang dimaksudkan tersebut empat diantaranya dinukilkan dari ayat suci Al-Qur’an. Seperti dalam Al-Qur’an surat Yusuf, Al-Qur’an surat Thaha, Al-Qur’an surat Waqiah, dan Al-Qur’an surat Tahrim.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa mencerahkan wajah dengan teks Arab, latin, dan artinya, Kamis (4/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّى وَلِتُصْنَعَ عَلَىٰ عَيْنِىٓ

Umat Muslim Palestina Berburu Malam Lailatul Qadar
Umat Muslim Palestina berdoa selama malam Lailatul Qadar di depan Masjid Kubah Batu, di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Rabu (27/4/2022). Malam ke 27 Ramadhan atau malam ganjil 2 hari terakhir bulan Ramadan menjadi momen terpenting umat muslim memperbanyak ibadah dan doa untuk memburu Lailatul Qadar. (AP Photo/Mahmoud Illean)

Wa alqaitu ‘alaika mahabbatan minnii wa litushna’a ‘alaa ‘ainii

Artinya: “Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku.”

Doa mencerahkan wajah ini dinukilah dari Al-Qur’an At-Thaha ayat 39.

2. اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Idz qoola yuusufu liabihi yaa abati, inni roaitu ahada asyro kaukaban wasyamsu walqomaro roaituhum lii waajidiin

Artinya: “(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan, kulihat semuanya sujud kepadaku.”

Doa mencerahkan wajah ini dinukilah dari Al-Qur’an Yusuf ayat 4.

3. اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ، كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اللَّهُمَّ مِنْ خَطَايَايَ بِالثَّلْجِ، وَالْمَاءِ، وَالْبَرَدِ

Allahumma baa'id baini wa baina khathaayaaya, kama ba'adta bainal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqini min khathaayaaya, kama yunaqqats tsaubul abyadhu minad danasi. Allahumma min khathaayaaya bits tsalji, wal maa-i, wal baradi.

Artinya: "Ya Allah, jauhkanlah antara diriku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana telah engkau jauhkan antara arah timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah diriku dari dosa-dosa, sebagaimana pakaian putih yang terbebas dari kotoran. Ya Allah, cucilah diriku dari dosa-dosa dengan e, air, dan embun pagi."

Doa mencerahkan wajah ini baiknya dibacakan pada pagi hari sebelum matahari terbit. Lalu, dianjurkan pula untuk dibaca dengan istighfar sebanyak 3 kali.


4. اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَأَعُوْذُ بِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ، لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ، أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ.

Pembatasan Jumlah Jemaah di Masjid Istiqlal
Jemaah berdoa saat menunaikan salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (11/2/2022). Di tengah lonjakan kasus Covid-19 di DKI, Masjid Istiqlal melakukan pembatasan jumlah jemaah maksimal 50 persen serta jam operasional pengunjung untuk shalat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Allahumma inni a'udzubika biridhaaka min sakhatika wa a'udzubika bimu'aafaatika min 'uqubatik. Wa a'uudzubika mink. Laa uhshii tsanaan 'alaik. Anta kama atsnaita 'ala nafsik.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dengan keridhoanMu dari amarahMu. Aku berlindung kepadaMu dengan ampunanMu dari siksa Mu. Aku berlindung kepadaMu dari siksa Mu. Aku tidak mampu memuji dariMu. Engkau adalah sebagaimana Engkau memuji diriMu sendiri."

Doa mencerahkan wajah ini baiknya dibaca atau diamalkan setiap hari. Seseorang yang mau mengamalkannya setiap hari akan selalu dihindarkan dari aura negatif dan berdampak pada kecerahan wajah yang selalu positif.

5. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، حَبِيْبِ الْمَحْجُوْبِ الشَّافِعِ الْعَالِيْ وَمُفَرِّجِ الْكُرَبِ.

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa Muhammad. Habibil mahjuubil syaafil 'ilali wa mufarrijil kurabi.

Artinya: "Ya Allah limpahkanlah rahmat atas baginda kami Nabi Muhammad yang mencintai dan dicintai Allah, yang menghilangkan segala penyakit dan menghilangkan segala kesempitan (kesusahan)."

Doa mencerahkan wajah ini baiknya dibaca setiap pagi dan sore hari. Dijelaskan bahwa doa ini dapat membuat seseorang selalu memancarkan aura yang baik bagi sekelilingnya. Ini termasuk bisa membuat nyaman diri sendiri dan orang di sekitarnya.

6. اِنَّآ اَنْشَأْنٰهُنَّ اِنْشَاۤءًۙ فَجَعَلْنٰهُنَّ اَبْكَارًاۙ عُرُبًا اَتْرَابًاۙ

Innaa insaanaa hunna insaa-a. Faja'alnaa hunna abkaaro. 'uruban atroobaa.

Artinya: “Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan penuh cinta lagi sebaya umurnya.”

Doa mencerahkan wajah ini dinukilah dari Al-Qur’an surat Al-Waqiah ayat 35-37.

7. رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Robbana at-mimlana nuurona waghfirlana innaka ala kulli syai’in qadir

Artinya: “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa mencerahkan wajah ini dinukilah dari Al-Qur’an At-Tahrim ayat 4.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya