Al Lahab Artinya Api yang Bergejolak, Berikut Asbabun Nuzul dan Isi Kandungannya

Surat Al Lahab merupakan surat ke-111 dalam mushaf Alquran. Nama surat Al Lahab artinya api yang bergejolak.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 13 Mei 2023, 09:55 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2023, 09:55 WIB
Keistimewaan 22 Binatang yang Disebut dalam Alquran (Part 2)
Inilah keistimewaan 22 binatang yang disebutkan dalam kitab suci agama Islam, Alquran.

Liputan6.com, Jakarta Surat Al Lahab merupakan surat ke-111 dalam mushaf Alquran. Nama surat Al Lahab artinya api yang bergejolak. Surat Al Lahab diturunkan di Mekkah, sehingga surat ini termasuk golongan surat Makkiyah.

Al Lahab artinya api yang bergejolak. Api yang bergejolak ini merujuk pada julukan paman Nabi Muhammad SAW, Abu Lahab, karena pipinya yang berwarna kemerahan.

Al Lahab artinya api yang bergejolak, surat ini menceritakan tentang paman Nabi Muhammad SAW, yang bernama Abdul Uzza bin Abdul Muthalib atau biasa disebut dengan Abu Lahab, bersama istrinya yang memerangi perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan agama Islam.

Untuk lebih memahami isi kandungan surat Al Lahab, berikut bacaan dan asbabun nuzulnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (13/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bacaan Surat Al Lahab Arab, Latin, dan Terjemahannya

تَبَّتْ يَدَآ اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّۗ

tabbat yadā abī lahabiw wa tabb

1. Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia!

 

مَآ اَغْنٰى عَنْهُ مَالُهٗ وَمَا كَسَبَۗ

mā agnā ‘an-hu māluhụ wa mā kasab

2. Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan.

 

سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍۙ

sayaṣlā nāran żāta lahab

3. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka).

 

وَّامْرَاَتُهٗ ۗحَمَّالَةَ الْحَطَبِۚ

wamra`atuh, ḥammālatal-ḥaṭab

4. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah).

 

فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ ࣖ

fī jīdihā ḥablum mim masad

5. Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.


Asbabun Nuzul Surat Al Lahab

[Bintang] Mahasiswa Termuda Asal Surabaya Ini Juga Penghafal Alquran Lho
Mahasiswa Termuda Asal Surabaya Ini Juga Penghafal Alquran Lho. (Ilustrasi: static.independent.co.uk)

Surat Al Lahab artinya api yang bergejolak. Al Lahab merupakan surat ke-111 dalam mushaf Alquran, yang tergolong ke dalam surat Makkiyah.

Adapun hal yang menjadi asbabun nuzul atau sebab-sebab turunnya surat Al Lahab adalah sikap dari istri Abu Lahab telah menyebar fitnah terhadap Rasulullah SAW. Karena fitnah itulah, istri Abu Lahab akan mendapatkan kalung dari sabut saat berada di dalam neraka.

Pada suatu hari Rasulullah SAW naik ke bukit Shafa menyeru kaum Quraisy untuk berkumpul. Selanjutnya Nabi SAW bersabda, "Wahai kaumku, jika aku ceritakan kepada kalian bahwa musuh mengintai kalian di belakang, apakah kalian mempercayaiku?"

Mereka menjawab, "Tentu saja kami percaya." Nabi pun kemudian melanjutkan sabdanya, "saat ini aku akan memberikan peringatan kepada kalian tentang siksaan yang amat dahsyat."

Lalu Abu Lahab menginterupsi, "Celakalah kamu, Muhammad! Apakah untuk ini kamu mengumpulkan kami?" Kemudian Allah menurunkan surat Al Lahab.

Abu Lahab sendiri sebenarnya merupakan paman dari Nabi Muhammad SAW. Nama aslinya adalah Abdul Uzza bin Abdul Muthalib. Dia adalah kakak dari ayah Nabi Muhammad SAW, Abdullah bin Abdul Muthalib.

Meskipun demikian, Abu Lahab dan Abdullah berasal dari ibu yang berbeda. Abu Lahab dilahirkan oleh Lubna binti Hajar (suku Khuza'a) pada sekitar 549 Masehi, sedangkan Abdullah lahir dari Fatimah binti Amr (klan Makhzum).

Abu Lahab, julukan Abdul Uzza, bermakna "bapak Api yang Berkobar" karena pipinya yang selalu merah. Sejak Nabi Muhammad SAW menyatakan diri sebagai nabi, kemudian berdakwah menyebarkan Islam, Abu Lahab selalu menentangnya. Padahal sebelumnya, Abu Lahab pernah begitu bahagia melihat sang keponakan lahir.


Isi Kandungan Surat Al Lahab

Ilustrasi mengaji
Ilustrasi: membaca Alquran setelah shalat (Foto: Aplikasi Kesan).

Al Lahab artinya adalah api yang bergejolak. Adapun isi kandungan surat ini adalah kabar bahwa Abu Lahab akan merugi  binasa dan juga celaka. Kabar tersebut benar-benar terbukti dengan kematian Abu Lahab.

Abu Lahab mati secara mengenaskan. Bahkan ketika dia sakit, penyakitnya membuat teman-temannya merasa jijik.

Selain itu, Surat Al Lahab juga mengandung isi yang menghinakan istri Abu Lahab yang suka menghina Rasulullah. Leher yang seharusnya dikalungi dengan perhiasan indah, justru akan dikalungi tali dari sabut atau tali dari besi neraka.

Secara keseluruhan, Surat Al Lahab memiliki isi kandungan antara lain sebagai berikut:

  1. Surat Al Lahab berisi kutukan untuk Abu Lahab dan istrinya yang sangat sengit menyakiti Rasulullah SAW.
  2. Surat Al Lahab mengandung berita gaib bahwa Abu Lahab akan merugi, binasa dan celaka. Dan itu benar-benar terjadi. Ia mati mengenaskan dengan sakit yang membuat jijik teman-temannya hingga tak ada yang mau memakamkannya.
  3. Surat ini juga mengandung berita gaib bahwa harta dan anak-anak Abu Lahab tidak akan bisa menolongnya.
  4. Surat Al Lahab memberitakan bahwa dia dan istrinya akan masuk neraka. Ini pun benar-benar terjadi karena keduanya mati dalam kondisi tetap kafir.
  5. Surat Al Lahab menghinakan istri Abu Lahab yang suka menghina Rasulullah. Leher yang seharusnya dikalungi dengan perhiasan indah, justru akan dikalungi tali dari sabut atau tali dari besi neraka.
  6. Surat Al Lahab merupakan salah satu mukjizat dan bukti kenabian Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Sampai akhir hayatnya, Abu Lahab tidak masuk Islam baik secara dhahir maupun batin. Maka ia benar-benar menjadi orang yang binasa dan celaka seperti ditegaskan surat ini.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya