15 Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda, Tidak Memiliki Keraguan

Pahami berbagai macam cara menjadi orang sukses di usia muda ini.

oleh Laudia Tysara diperbarui 19 Mei 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 14:00 WIB
Melakukan Sebuah Kebohongan
Ilustrasi merencanakan. Credit: pexels.com/Christina

Liputan6.com, Jakarta Sukses di usia muda bukan lagi menjadi sebuah impian bila kiat-kiatnya dipelajari dan dikuasai betul. Bagaimana cara menjadi orang sukses di usia muda? Ini di mulai dari keyakinan dalam diri, niat, dan tanggung jawab.

Orang yang sukses di masa depan bukan mereka yang hanya rajin belajar dan jenius. Cara menjadi orang sukses di usia muda sesungguhnya adalah harus memahami kebahagiaan diri sesungguhnya. Selalu berpikir positif dan tak ragu belajar dari kegagalan.

Terpenting dari cara menjadi orang sukses di usia muda, temukan mentor di bidang yang sama. Begitu pula jangan ragukan kemampuan diri dan jangan ragu membuat rencana hebat dalam hidup.

Berikut Liputan6.com ulas cara menjadi orang sukses di usia muda dari berbagai sumber, Jumat (1/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda

Bekerja
Ilustrasi bekerja. Credit: pexels.com/Anna

1. Meyakini Kemampuan

Setiap orang memiliki porsi kekuatan berbeda-beda, terutama dalam menjalankan masalah hidup. Adanya kekuatan tersebut, tentu bisa mengatasi segala rintangan yang ada. Ini cara menjadi orang sukses di usia muda.

Seringkali seseorang lebih memikirkan segala kesalahan serta kekurangan diri sendiri. Hal itu nantinya akan merendahkan diri sendiri sehingga kehilangan kekuatan atau pemikiran bahwa Anda sebenarnya mampu untuk melakukannya.

Jika Anda merupakan orang yang seperti itu, perlu meluangkan waktu untuk lebih memahami diri sendiri dan meyakini bahwa akan bisa menyelesaikan segala masalah yang dihadapi. Anda pasti bisa melakukannya dan lebih memahami apa saja yang menurut Anda nyaman untuk dilakukan.

2. Menetapkan Target

Anda harus menetapkan target atau sasaran. Cara menjadi orang sukses di usia muda ini bisa dnegan menetapkan target jangka panjang dan jangkan pendek. Anda bisa melakukan riset dan menganalisa lingkungan dalam menetapkan target.

Selain itu, cara menjadi orang sukses di usia muda juga harus membuat target harian. Memiliki target yang jelas, maka pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu dan tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk mengatur apa tujuanmu hari ini. Jadi Anda bisa memanfaatkan waktu dengan lebih efektif dalam emncapai tujuan.

3. Fokus dengan Kualitas

Belajarlah untuk melakukan segala sesuatu dengan fokus terhadap kualitas, bukan kuantitas. Ini cara menjadi orang sukses di usia muda. Bila begitu, pada akhirnya Anda akan lebih banyak mendapat keuntungan.

Pemikiran tersebut akan membantu Anda untuk tetap berkonsentrasi dalam menggunakan sumber daya dengan bijak. Oleh karena itu, Anda pasti akan lebih menjaga waktu, uang, mental, fisik, serta energi dengan hati-hati dan penuh pertimbangan.

Pastikan jika ada tugas atau pekerjaan itu harus selesai seluruhnya dan sesuai dengan tujuan. Cara menjadi orang sukses di usia muda, lebih selektif tentang siapa orang yang Anda pekerjakan sehingga Anda bisa mendapatkan pekerja yang berkualitas dan cocok di bisnis Anda.

4. Tidak Berlaku Egois

Membantu orang lain merupakan satu hal yang menyenangkan bukan? Ketika Anda membantu orang lain, Anda pun akan mendapatkan balasan yang baik tentunya. Tidak berlaku egois adalah salah satu cara menjadi orang sukses di usia muda.

Mengarahkan para pegawai salah satu hal yang membantu. Memberi arahan, hal itu bisa mengarahkan pada pertumbuhan pribadi dan menimbulkan perasaan yang menyenangkan.

Salah satunya untuk bisa seperti itu adalah berhentilah menjadi pribadi yang egois. Bersikaplah autentik dalam urusan Anda dengan orang lain. Sadarlah bahwa Anda tidak bisa hidup sendirian. Selain itu, jangan pula berfokus tentang apa reaksi orang lain terhadap Anda.

5. Berpikir Besar

Bahaya yang lebih besar bagi kebanyakan dari kita yakni terletak pada tidak menetapkan cita-cita terlalu tinggi dan gagal. Begitupun Anda jangan terlalu rendah dalam menetapkan cita-cita. Berpikir lebih besar adalah cara menjadi orang sukses di usia muda.

Ini bukan tentang seberapa besar tujuan Anda, itu semua tentang apa yang Anda lakukan untuk mencapainya. Apa pun yang Anda lakukan, jangan bekerja dengan kehilangan fokus Anda. Karena itu sama pentingnya dengan mencapai kesuksesan Anda.


Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda

pekerjaan
Ilustrasi bekerja/Copyright unsplash.com/daria nepriakhina

6. Membuat Rencana

Anda harus membuat rencana sebagai salah satu cara menjadi orang sukses di usia muda. Anda harus mempersiapkan semua hal yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan.

Biasakan mencatat semua persiapan dan bagaimana cara mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Maka Anda bisa berjuang di jalur yang benar tanpa mengawang-awang. Coba cara menjadi orang sukses di usia muda ini!

7. Memupuk Tanggung Jawab

Cara menjadi orang sukses yang paling signifikan perannya adalah disiplin dan tanggung jawab. Belajarlah disiplin untuk hal-hal yang ingin Anda capai. Mulailah cara menjadi orang sukses di usia muda dengan terbiasa mengerjakan segala sesuatunya secara lebih terorganisir lagi. Misalnya datang kerja tepat waktu dan jangan lupa untuk terus bertanggung jawab dengan apa yang ingin dicapai.

8. Memahami Nilai Diri

Orang lain menilai Anda bisa dari bagaimana Anda mampu memproyeksikan diri sendiri. Energi, kepercayaan diri, serta sikap merupakan kunci Anda bisa mengontrol diri sehingga dapat mencerminkan bahwa Anda merupakan orang yang percaya diri.

Cara menjadi orang sukses di usia muda, jangan penah meremehkan kemampuan yang Anda miliki. Bukan hanya perihal kredensial, pendidikan, dan pengalaman, namun tentang kemampuan Anda bagaimana menunjukkan kepada dunia betapa hebatnya Anda dalam berbagai urusan yang melibatkan orang lain.

Tentu Anda harus mengapresiasi diri sendiri dan memanfaatkan sepenuhnya setiap bakat dan kemampuan yang Anda miliki. Asah terus kecerdasan dan tunjukkan kemampuan Anda.

9. Selalu Belajar dari Kegagalan

Mencapai kesuksesan tentu berawal dari kegagalan. Belajar dari kegagalan adalah cara menjadi orang sukses di usia muda. Pikirkan bagaimana Anda bisa memperbaiki dari pengalaman kegagalan tersebut supaya Anda bisa lebih sukses.

Jangan biarkan ego Anda membutakan terhadap segala pelajaran yang bisa dipetik dari kegagalan sebelumnya. Justru dari kegagalan tersebut bisa menjadi bahan perbaikan untuk lebih baik ke depannya.

Setelah itu, mengusahakan agar kesalahan yang sama tidak terulang kembali. Paling penting dari cara menjadi orang sukses di usia muda adalah mau berusaha dan terus memperbaiki.

10. Kuatkan Niat

Banyak orang seakan mengembara sepanjang hidupnya, seperti dalam mencari pekerjaan. Mereka melakukan tanpa tahu apa yang jadi harapan dan apa yang seharusnya dilakukan dalam hidup.

Jika Anda ingin menjalankan hidup dengan lebih baik, utamakanlah niat untuk bisa berupaya sehingga memiliki motivasi untuk menjalankan segala usaha khususnya dalam jangka panjang. Anda sebaiknya harus yakin bahwa dengan niat tersebut bisa menciptakan hidup yang lebih baik.

Tentu jika tanpa niat, apa yang Anda lakukan hanya menyedot waktu, energi, dan keuangan tanpa tujuan. Ini cara menjadi orang sukses di usia muda. Fokuslah terhadap apa yang harus dilakukan untuk menciptakan realita terbaik sehingga hidup Anda bahagia.


Cara Menjadi Orang Sukses di Usia Muda

Orang Produktif Kerja Cerdas, Orang Sibuk Kerja Keras
Ilustrasi bekerja. Credit: pexels.com/pixabay

11. Memiliki Mental Positif

Jika Anda ingin mencapai kebahagiaan, Anda harus memiliki Positive Mental Attitude (PMA). PMA berarti Sikap Mental Positif. Isi pikiran Anda dengan pikiran positif dan jangan lari karena hal-hal negatif. Tidak ada gunanya menghentikan perjalanan Anda karena kegagalan.

Ini disebut "Berhenti." Sebaliknya, miliki sikap mental positif tentang diri dan kemampuan Anda akan menemukan kekuatan yang dibutuhkan untuk melanjutkan dan mencapai tujuan. Ubah negativitas menjadi inspirasi. Sikap ini bisa menjadi salah satu kebiasaan terpenting, yang akhirnya bisa diterapkan dalam rutinitas Anda.

12. Bijak dan Memahami Batasan

Orang yang berhasil menjadi sukses tahu di mana kebijakan diterapkan dan batasan dalam mengelola keuangan. Mungkin bagi yang tidak mengerti orang sukses terlihat pelit, atau apapun itu. Ini salah satu cara menjadi orang sukses di usia muda.

Namun mereka tahu batasan dan tahu sejauh mana menggunakan uang dan mengelola keuangan. Hal ini yang membawa keberhasilan. Karena menerapkan disiplin pada diri sendiri merupakan masalah terbesar orang gagal.

13. Memiliki Kemampuan Mengelola

Orang yang sukses tahu bagaimana mengelola keuangan, mereka tahu sejauh mana harus mengorbankan uang untuk keinginan dan juga kebutuhan. Cara menjadi orang sukses di usia muda ini wajib dipahami betul.

Tidak selalu mereka membuang uang untuk bisnis atau pekerjaan, mereka juga mengelolanya untuk bersenang-senang dan menyenangkan keluarga dan anak. Tetapi mereka tahu seberapa banyak dari pendapatannya yang harus dihabiskan baik untuk kebutuhan dan keinginan.

Untuk orang sukses nominal memang penting, tetapi terkadang mereka tidak terlalu terpaku pada nominal. Diibaratkan Anda ingin membeli sebuah saham yang mahal, namun menurut analisa Anda akan berkembang pesat maka tidak masalah membelinya. Namun Anda juga harus melihat faktor-faktor yang mempengaruhinya.

14. Menyederhanakan Rutinitas

Cara menjadi orang sukses di usia muda adalah menyederhanakan rutinitas hidup. Rutinitas positif dapat membantu Anda untuk maju dalam karier lebih cepat. Tetapi kebiasaan buruk dan rutinitas yang membuang-buang waktu bisa berdampak sebaliknya. Di sinilah Anda harus menyederhanakan rutinitas  dengan menghilangkan beberapa kebiasaan buruk.

Pertimbangkan semua kegiatan yang menyita waktu namun tidak memiliki pengaruh dalam memajukan karier. Kegiatan ini bisa seperti melihat sosial media setiap beberapa menit, atau menjelajahi toko online saat sedang bekerja.

Setelah mengidentifikasinya, segera hilangkan atau kurangi waktunya. Butuh kedisiplinan untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan ini, tetapi bisa lebih fokus, sehingga dapat membawa diri ke tempat yang diinginkan dalam karier.

15. Menemukan Mentor

Cara menjadi orang sukses di usia muda terakhir adalah menemukan seorang mentor. Seorang mentor adalah seseorang yang berada di jalur karier yang sama dengan Anda, tetapi sudah lebih jauh di depan.

Dari pengalaman, mereka dapat menawarkan informasi dan panduan yang relevan tentang jalur karier pilihan. Mereka dapat memandu melalui hal-hal seperti bagaimana menghindari potensi jebakan, dan bagaimana dapat mendekati langkah karier selanjutnya.

Seorang mentor seringkali dapat memfasilitasi jaringan antara Anda dan orang lain yang dapat membantu memajukan karier. Memiliki mentor dapat bermanfaat bagi Anda dalam banyak hal, dan akan sangat membantu Anda untuk mencapai kesuksesan jika dibandingkan tidak memiliki seorang mentor.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya