12 Cara Mengobati Sakit Gigi yang Alami, Pertolongan Pertama Sebelum ke Dokter

Berikut ini cara mengobati sakit gigi yang aman dilakukan.

oleh Fakhriyan Ardyanto diperbarui 06 Jun 2023, 05:30 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2023, 05:30 WIB
Gigi Berlubang
Ilustrasi Sakit Gigi Credit: unsplash.com/EnginA

Liputan6.com, Jakarta Jenis nyeri pada tubuh ada sangat beragam, bahkan beberapa di antaranya bisa menyebabkan efek yang akan membuat kamu jadi tak berdaya. Sakit gigi misalnya, merupakan satu dari beragam jenis nyeri pada tubuh tersebut. Memang cara mengobati sakit gigi yang paling ampuh adalah dengan pergi ke dokter gigi. Namun, sayangnya tidak banyak orang yang berani melakukan cara mengobati sakit gigi tersebut.

Mengutip dari Men’s Health, berdasar pernyataan Bobbi Stanley, D.D.S. yang merupakan dokter gigi dari klinik Stanley Dentistry, Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa jangan menghindari dokter gigi ketika kamu mengalami sakit gigi. Sebab sakit gigi adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah pada kesehatan mulut dan gigi, dan bahkan bisa menjadi sebuah tanda akan timbulnya sebuah penyakit lainnya.

Timbulnya sakit gigi sendiri umumnya disebabkan karena adanya peradangan pada satu atau beberapa gigi, yang mana pada akhirnya akan muncul rasa nyeri cukup kuat. Kondisi tersebut karena adanya beberapa faktor penyebab, antara lain seperti gigi berlubang, gigi bungsu atau gigi geraham ketiga (wisdom atau impacted teeth), gigi patah, penyakit gusi, abses gigi, maupun kerusakan enamel karena kebiasaan grinding gigi.

Kendati demikian, ada beragam cara mengobati sakit gigi yang bisa kamu coba di rumah, tapi cara mengobati sakit gigi tersebut tidak akan mengatasi sumber utama dari penyakit gigi secara total. Dengan kata lain, cara mengobati sakit gigi sendiri di rumah hanya mampu membuat rasa sakitnya reda, di mana sifatnya sementara dan bisa saja sewaktu-waktu muncul kembali.

Sebagai pertolongan pertama, dan sembari menunggu waktu untuk mengunjungi dokter gigi, tidak ada salahnya mencoba beberapa cara mengobati sakit gigi secara mandiri di rumah seperti yang telah Liputan6.com lansir dari berbagai sumber berikut ini, Sabtu (6/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Mengobati Sakit Gigi

Gambar Ilustrasi Wanita Menggunakan Obat Kumur
Sumber: Freepik

1. Tablet Antinyeri

Cara mengobati sakit gigi ini menggunakan jenis obat yang digunakan secara oral. Obat sakit gigi ini yang paling umum menjadi resep para dokter gigi. Obat ini dapat dengan mudah kamu beli di apotek atau toko obat.

 

2. Krim Antinyeri

Kemudian, jenis obat ini sering digunakan karena memiliki efek samping yang minim. Adanya kandungan benzocaine sebesar 20 persen dalam obat ini menjadikannya sebagai antiseptik yang mampu mencegah infeksi gigi. Kemudian, adanya kandungan mentol pada obat ini membantu mendinginkan bagian yang sakit.

 

3. Obat Kumur

Cara mengobati sakit gigi selanjutnya menggunakan obat kumur yang punya kandungan formula pereda nyeri. Namun memilih obat kumur tersebut usahakan yang memiliki kandungan benzydamine HCl yang sangat berguna untuk meringankan peradangan dalam rongga mulut.

Untuk mendapatkan obat ini bisa kamu dapatkan di apotek atau toko obat lainnya. Cara pakainya juga cukup mudah, yaitu dengan berkumur sebanyak 1½ sendok makan selama 60 detik, 2-3 kali sehari.


Cara Mengobati Sakit Gigi

Sebagai Obat Kumur Untuk Memelihara Kesehatan Mulut
Ilustrasi Obat Kumur Credit: pexels.com/Daria

4. Obat Antinyeri Berbentuk Lembaran Tipis

Obat sakit gigi ini memiliki kandungan 10-20 persen lidocaine yang bentuknya berupa lembaran tipis dan kemudian ditempelkan pada gusi. Obat ini bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri dan membuat saraf gigi menjadi mati rasa. Untuk mendapatkan obat ini bisa di apotek terdekat.

 

5. Larutan Air Garam Hangat

Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bantuan dari larutan air garam hangat juga bisa meredakan nyeri sakit gigi. Larutan tersebut digunakan untuk berkumur, dan akan sangat berguna untuk membantu kurangi pembengkakan serta rasa sakit.

 

6. Kompres Dingin

Penggunaan kompres dingin juga bermanfaat dalam menghilangkan sakit gigi, terutama sakit yang terjadi akibat cedera atau gusi yang bengkak. Kompres dingin tersebut akan menyempitkan pembuluh darah dan dapat memperlambat aliran darah yang menuju daerah yang sedang sakit.

Caranya dengan mengambil beberapa bongkah es batu. Kemudian lilit es batu dengan kain bersih dan tahan di samping pipi minimal 20 menit. Cara mengobati sakit gigi ini mungkin paling umum digunakan sebab memiliki efek yang cukup ampuh.


Cara Mengobati Sakit Gigi

kantong teh
ilustrasi (sumber: pexels)

7. Kantong Teh Peppermint

Memakai kantong teh peppermint juga efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan membuat gusi yang sensitif bisa semakin tenang. Cara pemakaiannya cukup dengan menempelkan kantong teh bekas yang masih hangat ke daerah yang terasa sakit selama beberapa menit. Kemudian, lakukan hal tersebut sampai rasa sakit pada gigi mulai berkurang.

 

8. Minyak Cengkeh

Kandungan dalam minyak cengkeh juga berguna untuk mengobati sakit gigi yang ampuh. Namun sebenarnya, cengkeh sendiri juga sudah cukup lama digunakan sebagai obat sakit gigi, karena kandungan minyaknya cukup efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Kandungan tersebut bernama eugenol dan merupakan jenis antiseptik alami.

Cara menggunakannya dengan meneteskan minyak cengkeh pada kapas yang bersih, lalu cukup tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit. Minyak cengkeh sendiri bisa didapatkan dengan mudah dan dijual bebas di pasaran.

 

9. Thyme

Thyme adalah salah satu bahan yang mampu mengurangi rasa sakit pada gigi. Kandungan di dalamnya disebut dengan timol, dan punya sifat antibakteri serta antioksidan yang kuat.

Cara pemakaiannya yaitu dengan meneteskan minyak esensial thyme pada kapas, selanjutnya oles ke daerah yang sakit. Kamu juga dapat meneteskan minyak thyme tersebut ke dalam segelas air lalu digunakan untuk berkumur.


Cara Mengobati Sakit Gigi

Ilustrasi Bawang Putih
Ilustrasi bawang putih. (dok. Unsplash.com/Anshu A @anshu18)

10. Kunyah Bawang Putih

Jenis rempah satu ini ternyata jadi salah satu cara mengobati sakit gigi yang dapat kamu coba di rumah. Bawang putih punya sifaat antiseptik dan antibiotik alami yang ampuh untuk membantu melawan infeksi.

Kandungan senyawa allicin yang ada dalam bawang putih juga dapat akan mengurangi rasa nyeri di gigimu. Caranya dengan menyiapkan satu siung bawang putih kupas, lalu potong jadi dua bagian. Selanjutnya, letakkan potongan bawang putih mentah tadi ke bagian gigi yang sakit. Kamu juga bisa mengunyah langsung bawang putih tersebut selama beberapa menit.

 

11. Lidah Buaya

Cara mengobati sakit gigi yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Gel yang ada pada lidah buaya ampuh untuk meredakan rasa sakit pada gusi. Cara penggunannya cukup dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada daerah yang sakit, lalu pijat dengan lembut.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami yang baik serta ampuh untuk menghancurkan kuman penyebab kerusakan pada gigi. Maka dari itu cara mengobati sakit gigi dengan lidah buaya sangat direkomendasikan.

 

12. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji punya sifat anti radang yang bisa membantu sembuhkan luka. Daun jambu biji juga punya sifat antimikroba yang akan membantu lindungi kesehatan gigi serta mulut. Cara mengobati sakit gigi dengan daun jambu biji sangat mudah. Kamu cukup mengunyah daun jambu biji segar secara langsung yang sudah dicuci bersih.

Apabila tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, bisa menambahkan daun jambu biji yang dihaluskan ke dalam air mendidih. Kemudian, gunakan larutan tersebut untuk obat kumur.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya