9 Jenis Ransum Militer di Dunia, Makanan Darurat di Medan Perang

Jenis ransum militer di seluruh dunia sangat beragam dan memiliki ciri khas rasa masing-masing.

oleh Fakhriyan Ardyanto diperbarui 19 Jun 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2023, 06:00 WIB
Ransum Militer
Ransum militer bersertifikat ditunjukkan dalam pameran Alustsista di Gedung Kemenhan Jakarta. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta Jenis ransum militer di seluruh dunia mungkin masih terdengar cukup asing di telinga Anda. Ransum merupakan makanan darurat yang biasanya dikonsumsi tentara saat sedang dalam keadaan berperang. Jenis ransum militer di seluruh dunia juga sangat beragam dan memiliki ciri khas rasa masing-masing, itulah mengapa mengenal jenis ransum militer di seluruh dunia menjadi hal yang menarik untuk disimak.

Pada saat berperang, terkadang akan sangat sulit bagi tentara untuk mendapatkan waktu memasak atau menyiapkan makanan, itulah sebabnya saat ini banyak berbagai jenis ransum militer di seluruh dunia yang digunakan dan menjadi barang wajib.

Ransum diperkenalkan pertama kali oleh tentara Angkatan Darat Amerika Serikat pada saat Perang Dunia ke-2. Setelah itu ransum menjadi makanan yang diwajibkan untuk dimiliki berbagai tentara di seluruh negara. Saat ini bahkan jenis ransum militer di seluruh dunia bisa di dapatkan publik di pasar bebas.

Untuk menambah wawasan Anda mengenai jenis ransum militer diseluruh dunia, maka dibawah ini Liputan6.com telah merangkum beberapa jenis ransum militer di seluruh dunia dari berbagai sumber, Sabtu (4/4/2020).


Jenis Ransum Benua Eropa

Ilustrasi bendera Uni Eropa di kantor pusatnya di Brussels (AP Photo)
Ilustrasi bendera Uni Eropa di kantor pusatnya di Brussels (AP Photo)

Denmark

Ransum tentara Denmark dikembangkan dengan cara yang lebih modern. Ransum Denmark terinspirasi dari ransum Norwegia dan Amerika. Makanan dalam ransum ini terdiri dari makanan utama dan makanan pendamping tambahan.

Makanan utama pada ransum tentara Denmark berupa makanan yang telah dikeringkan dengan teknologi Drytech. Lalu ditambah dengan beberapa makanan pendamping tambahan seperti buah-buahan yang telah dikeringkan, berbagai jenis kacang-kacangan, energy bar, biskuit, daging giling siap makan dan lain sebagainya.

Republik Ceko

Setelah Republik Ceko resmi bergabung dengan NATO, negara tersebut mengembangkan jenis ransum tempur yang dikenal sebagai Bojová Dávka Potravin (BDP). Ada dua jenis BDP yang dikembangkan oleh Republik Ceko, yaitu tipe I dan II. Masing-masing tipe berisi dua hidangan utama yang siap dimakan dan telah dikemas dalam "kaleng" besar.

Menu dari ransum tersebut juga tidak selalu sama, seperti, daging sapi panggang dengan nasi, daging babi gulai dengan kentang, risotto pedas, daging babi dengan wortel dan sayuran, dan jenis makanan berat lainnya. Lalu disediakan juga camilan yang dikemas dalam satu paket kecil. Isi dari paket makanan tesebut yaitu daging, keju, biskuit, kue, selai, kopi instan, teh celup, minuman multivitamin dengan rasa buah-buahan, cokelat, gula, garam, permen karet, tisu basah, handuk kertas dan kantong plastik.

Terdapat juga versi lain dari BDP yang dikenal sebagai KDP (Konzervovaná Dávka Potravin). KDP berisi barang-barang yang sama dengan jenis BDP, tetapi didalamnya terdapat cangkir berbahan aluminium, alat makan plastik, kompor lipat dengan tablet yang dapat dijadikan bahan bakar beserta korek api, dan ada juga sabun.

Jerman

Ransum tentara Jerman menggunakan Einmannpackung atau yang biasa dikenal dengan EPA Packaging, yaitu pengemasan yang dapat bertahan lama dan ramah lingkungan. EPA digunakan Jerman sebagai pembungkus dua jenis makanan penting yang harus dikonsumsi oleh setiap prajurit.

Cara mengonsumsi ransum ini dengan dipanaskan. Tetapi alat pemanas ransum berupa kompor kecil yang disebut Esbit tidak termasuk dalam satu paket ransum. Karena kompor Esbit ini wajib dimiliki tentara, dan merupakan peralatan yang pribadi.

Saat ini ada tiga menu dalam satu paket ransum. Ransum ini dapat memenuhi kebutuhan pangan sebanyak dua kali makan. Menu dalam ransum Jerman ini antara lain, Sosis Yugoslavia, Goulash, roti daging sapi dalam saus tomat, pasta Italia, atau tumis tahu. Ada juga makanan yang lebih ringan, seperti keju, sosis hati, dan sosis daging kering. Dalam satu paket ransum juga terdapat beberapa jenis makanan dan minuman lain seperti, roti isi porsi kecil, kerupuk, satu kaleng salad buah, krim gandum, serbuk minuman jus buah, kopi instan, teh, cokelat, gula, garam, permen karet, selai, tablet pemurni air, dua kantong plastik, korek api, handuk kertas dan instruksi pemakaian ransum.


Jenis Ransum di Timur tengah

Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)
Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Arab Saudi

Ransum yang dimiliki oleh Arab Saudi kemasannya menyerupai ransum milik tentara Amerika Serikat. Ransum Arab Saudi berisi satu kaleng kecil tuna, satu kaleng kecil sarden atau salmon atau daging sapi, satu kaleng kecil keju atau krim kental, mie instan, kerupuk, roti kering, sekantung kecil kismis atau buah-buahan kering, satu paket kecil kurma, sekantong kecil kacang-kacangan, kopi instan, kantong teh, paket gula, korek api, dan sekantong buncis kering dengan bumbu pedas.

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab memiliki paket ransum yang menu makanannya bergaya Eropa. Ransum ini dapat dikonsumsi oleh satu prajurit selama 24 jam. Makanan dalam ransum tersebut dikemas dengan menggunakan plastik ziplock, bertujuan saat makanan tidak habis dapat di tutup rapat kembali. Selain itu ransum ini dibagi menjadi untuk 4 kemasan, yaitu kemasan untuk makanan pagi, siang, malam, serta makanan tambahan.

Di dalam kemasan untuk sarapan berisi dua bungkus biskuit cokelat, satu toples kecil selai aprikot, sekaleng tuna. Sedangkan kemasan untuk makan siang berisi berisi nasi dengan lauk kari ayam, puding kurma. Untuk makan malam ada beberapa menu yaitu pasta dan sup instan.

Untuk paket pendamping dan tambahan, di dalamnya terdapat permen, gula, teh, susu bubuk, serbuk minuman rasa jeruk, sekaleng buah, mie instan, alat pemanas ransum, dan korek api.


Jenis Ransum di Benua Amerika

Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)
Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)

Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, ransum dikenal dengan sebutan MRE atau Meal Ready to Eat. Biasanya di dalam MRE terdapat keju serta omelet sayuran, lalu terdapat juga cappuccino bubuk. Selain itu ada salad dan mentega serta sepaket granola. Yang menarik adalah jika beruntung salah satu isi dari paket ransum terdapat permen cokelat M&M, dan jika seorang prajurit mendapat ini, maka dirinya dianggap sedang memiliki keberuntungan.

Meksiko

Departemen pertahanan Meksiko meluncurkan ransum dengan sebutan 'Ración Diaria Individual de Combate'. Ransum tersebut dikemas dalam kotak plastik hijau dan hitam disertai daftar isi yang tercetak di bagian depan.

Dalam satu paket ransum terdiri dari tiga kantong yang tujuannya agar prajurit dapat makan selama satu hari. Kantong pertama biasanya berisi produk daging seperti daging sapi, babi, sosis, ikan, ham, makanan laut, ayam, tuna, bacon, atau daging lainnya. Kantong kedua berisi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi seperti, nasi, bubur jagung, mie, kacang-kacangan, atau pasta. Selain itu terdapat pula susu kental manis, mentega, buah kering, roti, kerupuk, gula, puding, kue, ikan kaleng, cokelat, kacang, permen, vitamin, jus buah atau minuman soda, tisu dan tablet pemurni air.

 


Jenis Ransum di Asia dan Oseania

Bendera Indonesia (Unsplash / stock photo)
Bendera Indonesia (Unsplash / stock photo)

Indonesia

Tentara Indonesia dibekali berbagai makanan militer terbaik yang berkualitas dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Isi ransum tentara Indonesia antara lain, nasi tim ayam, nasi Gudeg khas Yogyakarta, nasi dengan gulai ikan, dan aneka berbagai menu kuliner khas Nusantara lainnya.

Selandia Baru

Negara Selandia Baru memiliki paket ransum yang dirancang agar prajurit mendapat tiga makanan lengkap. Di dalamnya terdapat biskuit, cokelat batangan, muesli, sup instan, mie instan, sereal muesli, susu kental manis, kerupuk, keju, bubuk cokelat, kopi instan, kantong teh, gula, garam, merica, permen, selai, saus tomat, bawang, korek api anti air, dan kantong plastik yang bisa ditutup kembali (ziplock).

Nah, itu tadi beberapa jenis ransum yang ada di dunia. Beberapa jenis ransum biasanya dibagikan gratis kepada warga saat sedang mengalami musibah ata bencana alam.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya