Goyang Tangki Saat Isi Bensin, Pengendara Ini Sebabkan Kebakaran SPBU Tlogomas

Beberapa orang masih ada yang percaya bahwa menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bensin dapat memaksimal kapasitas tangki bensin.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 21 Jun 2023, 15:45 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2023, 15:45 WIB
Goyang Tangki Saat Isi Bensin, Pengendara Ini Sebabkan Kebakaran
Goyang Tangki Saat Isi Bensin, Pengendara Ini Sebabkan Kebakaran (Sumber: Twitter/infomalang)

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang ternyata masih ada yang percaya bahwa menggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bensin dapat memaksimal kapasitas tangki bensin. Namun sebenarnya, cara ini justru membahayakan. Seperti dalam sebuah video CCTV yang viral di media sosial beberapa hari belakangan ini yang terjadi di Malang, Jawa Timur.

Dalam video tersebut tampak seorang pengendara motor menggoyang-goyangkan kendaraannya saat petugas sedang mengisi bahan bakar. Diduga karena tindakan pengendara tersebut api memercik di atas tangki bensin sesaat setelah tugas selesai mengisikan bensin. 

Video berdurasi sekitar 45 detik itu mendapat beragam komentar dari warganet. Bagaimana kronologi kejadiannya? Berikut ulasan Liputan6.com yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/6/2023).


Kronologi Kejadian

Goyang Tangki Saat Isi Bensin, Pengendara Ini Sebabkan Kebakaran
Goyang Tangki Saat Isi Bensin, Pengendara Ini Sebabkan Kebakaran (Sumber: Twitter/infomalang)

Kelalaian seorang pelanggan menyebabkan SPBU Tlogomas kebakaran pada Minggu (18/6/2023) malam. Setelah petugas mengecek CCTV dan dilakukan penyelidikan, diketahui penyebab kebakaran adalah kelalaian pengendara motor yang tidak mematikan mesin dan menggoyangkan kendaraannya ketika proses pengisian bensin.

Dalam video CCTV yang beredar, tampak lampu dan sein kanan motor menyala. Selama proses pengisian bensin pengendara motor terus menggoyang-goyangkan kendaraannya. Setelah proses pengisian selesai, pengendara memajukan kendaraannya, namun dalam sekejap tampak api memercik di atas tangki motor. 

Api pun merambat ke seluruh bagian motor. Pengendara secara reflek menjatuhkan kendaraannya dalam kondisi tangki yang terbuka. Alhasil bensin yang berada di dalam tangki tumpah dan membuat kobaran api semakin besar. Dengan sigap dua petugas SPBU mengambil fire extinguisher yang berada di dekat dispenser bensin untuk memadamkannya.

Kebakaran yang menimpa SPBU yang berlokasi di Jalan Raya Ngelo, Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang ini menghebohkan warga sekitar. Sudah dipastikan tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Selain video CCTV ada beberapa video amatir saat kejadian yang dibagikan oleh warganet.


Komentar Warganet

Goyang Tangki Saat Isi Bensin, Pengendara Ini Sebabkan Kebakaran
Goyang Tangki Saat Isi Bensin, Pengendara Ini Sebabkan Kebakaran (Sumber: Twitter/andra_Ramadhan2)

Video CCTV yang viral di media sosial pun menuai berbagai komentar dari pada netizen. Kebanyakan dari mereka menyayangkan perilaku pengendara yang berdampak pada peristiwa naas tersebut. 

“Dah ada aturan kalo ngisi bbm mesin harus dalem keadaan mati, eh tetep aja di langgar. Padahal demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain.” tulis @saappstoree.

Cuitan lain mengatakan dari @racundarisalsa, mengatakan, “Bahaya sih ini, kemarin sempat baca kalo digoncang gini bisa nimbulin gesekan yg memicu api gitu.”

Pengguna Twitter lain juga merasa ngeri saat melihat perilaku pengendarai di video CCTV. “gilaaaa aku deg deg an sendiri liat videonya, untung ada mas mas spbu yang gercep lari ambil alat pemadam kebakaran atau semprotan air itu(?)” tulis @byulswork.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya