Jenis Komunikasi Jaringan Ada 2 yaitu Sinkron dan Asinkron, Simak Keunggulan dan Kelemahannya

Komunikasi jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. Terdapat 2 jenis komunikasi jaringan yaitu sinkron dan asinkron

oleh Dinda Hafid Hafifah diperbarui 21 Jul 2023, 13:30 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi Main Hp
Ilustrasi main hp (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta Komunikasi dalam jaringan atau daring mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui atau menggunakan jaringan komputer. Komunikasi jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet.

Zaman sekarang komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace. Hal itu yang akan mempermudah kita dalam berkomunikasi serta bersosialisasi di dunia luar. Dimana manusia sebagai makhluk sosial yang tidak akan terlepas dari komunikasi dengan orang lain. Tidak ada manusia yang bisa hidup tanpa komunikasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk komunikasi juga berubah.

Komunikasi jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan Internet, atau melalui dunia maya. Karena hal tersebut wujud baru dalam komunikasi lebih berkembang salah satu bentuk komunikasi dalam jaringan adalah pada penggunaan Internet.

Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting, e-mail. Selain itu, penggunaan jenis sarana komunikasi juga akan mempengaruhi keserempakan waktu komunikasi.

Berikut ini terdapat 2 jenis komunikasi jaringan yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/72023)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Komunikasi sinkron

Penjualan Daring Produk Pertanian di Shaanxi
Pengguna layanan live streaming membawakan acara di salah satu saluran publikasi sebuah perusahaan media dan komunikasi di Danfeng, Provinsi Shaanxi, China, 20 Juli 2020. Penjualan daring produk pertanian di sana mencatat kenaikan berkat promosi produk melalui live streaming. (Xinhua/Liu Xiao)

Komunikasi sinkron (langsung) atau yang sering disebut dengan komunikasi serempak adalah salah satu komunikasi daring dengan menggunakan komputer atau jaringan komunikasi seperti smartphone, dan komputer yang digunakan sebagai media perantara antara satu sama lain pada waktu yang bersamaan. Komunikasi sinkron pada dasarnya terjadi seperti kita berbicara seperti biasa, namun perbedaannya hanya pada penggunaan internet saja. Dimana pada saat menggunakan komunikasi sinkron secara serempak dengan waktu nyata atau real time. Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut:

  1. Text chat adalah sebuah fitur, perangkat lunak, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan Internet). Komunikasi teks dapat mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.
  2. Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun Tablet atau smartphone (juga disebut telepon video call).
  3. Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak), seperti dalam Google+ Hangouts. Videochatting sering disalahartikan dengan video conference. Video chatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (point to point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).

2. Komunikasi asinkron

Komunikasi asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Pada pemindahan data tanpa menyinkronkan waktu, informasi ini terjadi dari proses berbagi yang terputus dan tidak mengalir secara langsung. Komunikasi asingkron ini menggunakan komputer yang terkoneksi jaringan internet. Komunikasi asinkron pada setiap komunikasi yang tidak dilakukan secara langsung. Komunikasi asinkron adalah apabila mengajukan pertanyaan, atau mengirim pesan tanpa mengharapkan balasan langsung. Contoh komunikasi asinkron yaitu :

  1. E-mail adalah sebagai salah satu alat untuk mengiri pesan . Dimana saat mengirim pesan tersebut kita tidak bisa mengharapkan balasan langsung dari sebuah email. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar email adalah evolusi digital dari surat pos. Menerima pesan lebih cepat, namun masih ada rentang waktu yang sangat panjang sampai tanggapan diperoleh yang mungkin lamanya sama seperti lama mengirim surat pos biasa.
  2. Aplikasi mesegger ini termasuk Microsoft Teams, WhatsApp, dan Slack. Tentu saja, banyak dari semua ini bisadigunakan secara langsung untuk pesan instan, dan banyak kantor yang menggunakan untuk membantu budaya perusahaan melalui obrolan kasual. Namun hal ini tidak menjamin bahwatanggapan akan benar-benar diberikan secara langsung.

Keunggulan komunikasi dalam jaringan

Membangun Komunikasi yang Baik dengan Anak
Ilustrasi Orangtua dan Anak Remaja Credit: pexels.com/pixabay

1. Dapat dilakukan kapan saja di mana saja

komunikasi dalam jaringan ini setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang mencukupi.

2. Efisiensi biaya

Efisiensi biaya berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat menghemat biaya transportasi.

3. Efisiensi waktu

Efisiensi waktu komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan. Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sambil melakukan komunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi, dan dokumen.

4. Meningkatkan intensitas berkomunikasi

Komunikasi dalam jaringan mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya. Selain itu orang orang tersebut akan memiliki banyak relasi pertemanan yang luas tidak hanya di dalam negri maupun di luar sehingga mereka bisa belajar dan saling bertukar ilmu menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan partisipasi

Dengan terbukanya jalur komunikasi, orang akan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi. Ilmu yang mereka dapat akan semakin luas apabila memanfaatkan jaringan internet sebagai salah satu bentuk komunikasi. Semakin banyak orang ingin menyuarakan hal hal baik walaupun di rumah saja, untuk kepentingan umum.


Kelemahan komunikasi dalam jaringan

Ilustrasi lucu, tertawa, bermain HP
Ilustrasi lucu, tertawa, bermain HP. (Image by Lifestylememory on Freepik)

1. Tidak mewakili emosi pengguna

Dimana intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring. Kita tidak tahu apakah tulisan yang kita kirimkan mereka terima dengan baik atau malah menyebabkan kesalahpahaman. Dalam hal itu kita harus lebih berhati hati hati dalam menulis pesan ke teman kalian. Dimana saat ini telah berlakunya undang undang hukum  ITE yang mengintai kalian apabila tidak berhati hati.

2. Memerlukan perangkat khusus

Dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software. Perangkat hardware yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi dalam jaringan adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung koneksi Internet. Sedangkan perangkat lunak software adalah program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai penjembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: skype, google+hangout, webconference, dll.

3. Terlalu banyak informasi yang tidak penting

Komunikasi dalam jaringan seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima. Bahkan di zaman saat ini banyak orang yang memberikan informasi hoax ataupun tidak benar kepada masyarakat yang membuat orang orang terpedaya akan informasi salah tersebut. Saat ini lebih bijaklah dalam menggunakan smarphone Anda saring terlebih dahulu informasi yang kalian dapat dari sosial media, agar tidak menjadi boomerang bagi diri kita sendiri.

4. Menyita konsentrasi

Melakukan komunikasi dalam jaringan atau disebut juga daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri. Masih banyak orang yang tidak menyadari dengan adanya daring banyak sekali orang yang lupa akan sesuatu yang seharusnya mereka kerjakan,dan malah terus berkutat dengan smartphone yang mereka pegang. Sebaiknya menggunakan smartphone seperlunya saja, jangan sampai karena smartphone kamu terlena dan melupakan kehidupan asli Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya