Viral Penemuan Kadal Air Spesies Baru di Vietnam, Mirip Buaya dengan Corak Terang

Penemuan spesies baru kadal air yang menyerupai buaya dengan warna kulit yang sangat berwarna.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 26 Jul 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2023, 19:00 WIB
Kadal Air Spesies Baru Di Vietnam
Sumber: miamiherald.com

Liputan6.com, Jakarta Vietnam adalah negeri yang kaya akan keindahan alamnya, baru-baru ini terdapat penemuan yang menghebohkan dunia ilmu pengetahuan dengan penemuan yang menakjubkan. Para ilmuwan telah menemukan spesies kadal buaya yang aneh dan unik di Dataran Tinggi Tengah. 

Dengan penampilan yang menyerupai persilangan antara katak dan kadal, hewan ini diberi nama Tylototriton ngoclinhensis dan memiliki daya tarik seperti alien dengan warna oranye neon mencolok di punggungnya.

Penemuan ini menjadi bukti betapa keanekaragaman alam di planet kita terus memberikan kejutan menakjubkan, Selain itu penting untuk diadakan kerja sama global dalam menjaga keberagaman hayati yang luar biasa ini agar tetap lestari bagi generasi mendatang.

Informasi lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari Miami Herald pada Rabu (26/7/2023). Informasi seputar penemuan spesies baru kadal air yang menyerupai buaya dengan warna kulit yang sangat berwarna. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Viral Penemuan Kadal Buaya Jenis Baru di Vietnam

Kadal Air Spesies Baru Di Vietnam
Sumber: miamiherald.com

Vietnam baru-baru ini menjadi tempat dari penemuan yang luar biasa dan menarik di dunia ilmu pengetahuan. Sebuah spesies kadal buaya yang aneh, yang kemudian diberi nama Tylototriton ngoclinhensis, telah ditemukan tersembunyi di dasar hutan Dataran Tinggi di Vietnam Tengah. 

Penampilan hewan ini mencengangkan para ilmuwan, karena hewan ini tampak seperti persilangan antara katak, kadal dan buaya. Tubuhnya berwarna hitam dengan bintik-bintik oranye neon yang mencolok di setiap sisi punggungnya, hal ini menjadikannya sebagai salah satu spesies paling berwarna dari jenisnya.

Para peneliti yang menemukan spesies kadal buaya ini merasa kagum dengan penemuan mereka. Hewan ini ditemukan pada ketinggian yang sangat mengejutkan, yaitu antara 1.800 hingga 2.300 meter di atas permukaan laut. Ini merupakan rekor ketinggian bagi kadal air untuk hidup, yang sebelumnya hanya terlihat hingga ketinggian 250 hingga 1.740 meter. 

Penemuan ini membuka pintu wawasan baru bagi ilmu pengetahuan, dan para ilmuwan menduga Dataran Tinggi Tengah dapat menjadi hotspot bagi evolusi spesies baru amfibi di Vietnam.


Ancaman Terhadap Keberadaan Kadal Buaya Jenis Baru

Kadal Air Spesies Baru Di Vietnam
Sumber: miamiherald.com

Meskipun penemuan ini mengesankan, sayangnya, spesies kadal buaya, termasuk Tylototriton ngoclinhensis, semuanya memiliki status sebagai hewan yang terancam punah. Salah satu ancaman terbesar bagi jenis ini untuk hidup adalah hilangnya habitat dan perburuan brutal oleh pemburu untuk tujuan perdagangan hewan peliharaan dan konsumsi. 

Apalagi penampilan yang berwarna-warni membuat spesies baru ini menjadi daya tarik bagi para kolektor, meningkatkan risiko penangkapan dan perdagangan ilegal. Para ilmuwan dan ahli konservasi menyadari pentingnya melindungi spesies ini. 

Mereka menekankan perlunya mendaftarkan Tylototriton ngoclinhensis sebagai spesies terancam di Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Langkah-langkah perlindungan, seperti program penangkaran, perlu segera dilakukan untuk meningkatkan jumlah populasi dan melindungi spesies ini dari kepunahan.

Dengan adanya penemuan ini, harapannya adalah keberadaan Tylototriton ngoclinhensis dapat terus dipelajari dan dipahami, sehingga dapat diambil tindakan untuk melestarikan spesies yang menakjubkan ini agar tetap ada di bumi kita.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya