9 Kegiatan Bulan Ramadhan untuk Anak SD yang Kreatif dan Bermakna, Isi Waktu Luang

Simak beberapa kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang bisa mengisi waktu luang dan mengalihkan fokus mereka dari rasa lapar serta haus saat berpuasa.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 09 Agu 2023, 15:15 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2023, 15:15 WIB
9 Kegiatan Bulan Ramadhan Untuk Anak SD yang Kreatif dan Bermakna, Isi Waktu Luang
Ilustrasi anak SD| via: dakwatuna.com

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD banyak dilakukan oleh guru. Hal ini agar ibadah puasa yang dikerjakan oleh anak SD tidak memberatkan dan mereka bisa menjalaninya dengan senang serta tidak terpaksa.

Sejatinya, ibadah puasa adalah salah satu hal yang cukup memberatkan karena harus menahan lapar dan haus dalam jangka waktu tertentu, terutama bagi balita dan anak-anak. Untuk melatih anak-anak dalam berpuasa agar tetap semangat, guru SD biasanya membuat kegiatan bulan Ramadhan anak SD yang kreatif dan bermakna.

Ada banyak kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang bisa dicoba oleh guru dalam  mengalihkan rasa lapar, haus, dan lesu anak-anak. Mulai dari menghafalkan surat-surat pendek Al-Qur’an hingga membuat kerajinan tangan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/8/2023).


1. Membuat Kerajinan Tangan

9 Kegiatan Bulan Ramadhan Untuk Anak SD yang Kreatif dan Bermakna, Isi Waktu Luang
Anak sedang membuat kerajinan tangan. (unsplash.com/@sigmund)

Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang pertama adalah membuat kerajinan tangan. Selain untuk mengisi kekosongan dan mengalihkan fokus mereka dari rasa lapar dan haus saat berpuasa.

Membuat kerajinan tangan memiliki segudang manfaat yang berguna untuk tumbuh kembang anak. Sebab, dengan membuat kerajinan tangan, maka itu bisa melatih kreativitas, ketelitian, dan mengasah motorik halus pada anak SD.

2. Menghafalkan Surat-Surat Pendek Al-Qur’an

Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang berikutnya adalah menghafalkan surat-surat pendek Al-Qur’an. Selain untuk mengisi kekosongan dan mengalihkan fokus mereka dari rasa lapar dan haus saat berpuasa.

Menghafalkan surat-surat pendek Al-Qur’an juga bisa menjadi amalan dalam bulan puasa yang akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Dengan menghafalkan surat-surat pendek Al-Qur’an dapat membuat anak-anak lebih banyak mengenal tentang surat-surat Al-Qur’an.

3. Menggambar dan Mewarnai

Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang berikutnya adalah menggambar dan mewarnai. Aktivitas ini dapat dijadikan sebagai sarana dalam melatih kreativitas anak. Anak akan lebih aktif dalam menuangkan ide-idenya.

Kegiatan menggambar dan mewarnai bukan hanya memberikan dampak pada kreasi dan eksplorasi imajinasi. Namun, kegiatan menggambar juga dapat melatih kecerdasan motorik serta melatih kesabaran. 


4. Mengadakan Pesantren Kilat

9 Kegiatan Bulan Ramadhan Untuk Anak SD yang Kreatif dan Bermakna, Isi Waktu Luang
Peserta membuat kerajinan tangan saat mengikuti kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta, Minggu (10/4/2022). Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan diselenggarakan dari hari ke-3 hingga hari ke-15 bulan Ramadhan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang berikutnya adalah mengadakan pesantren kilat. Selain untuk mengisi kekosongan dan mengalihkan fokus mereka dari rasa lapar dan haus saat berpuasa. Mengadakan pesantren kilat dapat membuat anak-anak lebih memahami ilmu agama Islam, mulai dari tausiyah, membaca qur’an, menghafal surah, dan masih banyak lagi.

Agar anak-anak SD semangat mengikuti pesantren kilat, para guru harus menjadikan kegiatan ini menjadi agenda wajib untuk dihadiri. Tak jarang sekolah menerapkan sanksi apabila tidak ikut serta. Biasanya kegiatan ini juga difasilitasi oleh guru ahli dalam materi tertentu yang disampaikan, seperti ulama.

5. Membaca Buku Cerita

Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang berikutnya adalah membaca buku cerita. Kegiatan membaca buku merupakan hal yang membosankan. Namun, untuk membuat anak kembali semangat untuk membaca buku, para guru bisa memberikan buku-buku yang memiliki banyak gambar dan cerita yang menarik.

Dengan begitu, anak-anak SD akan lebih tertarik untuk membaca buku. Ada banyak buku cerita yang bisa anda berikan, mulai dari buku tentang Islam, Ramadhan, kisah Nabi, dan lain sebagainya.

6. Membersihkan Kelas Bersama

Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang berikutnya adalah membersihkan kelas bersama. Kegiatan ini bisa membuat anak-anak melupakan sejenak rasa lapar dan haus dalam dirinya. Selain itu, dengan mengadakan kegiatan ini maka anak SD akan lebih belajar untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan ini akan membuat anak-anak akan merasa lebih nyaman berada di sekolah untuk belajar baik di ruang kelas atau di luar ruangan.


7. Berbuka Puasa Bersama

9 Kegiatan Bulan Ramadhan Untuk Anak SD yang Kreatif dan Bermakna, Isi Waktu Luang
Ilustrasi Berbuka Puasa Credit: pexels.com/Kaboompics

Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang berikutnya adalah berbuka puasa bersama dengan teman-teman SD. Kegiatan ini cocok untuk anak SD, karena dapat mengeratkan hubungan antar teman dan para guru.

Berbuka puasa bersama di sekolah ini dapat dilakukan pada hari sebelum libur panjang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan berbuka puasa bersama di sekolah bersama guru dan teman-teman juga bisa disambung dengan salat berjamaah, tarawih, dan tadarus setelahnya.

8. Berkunjung ke Panti Asuhan

Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang berikutnya adalah berkunjung ke panti asuhan. Kegiatan sosial ini bisa dilakukan bagi anak SD dan para guru untuk memberikan rezeki lebih berupa kebutuhan pokok.

Dengan melakukan kegiatan ini, bisa memberikan pelajaran untuk anak SD bahwa berbagi merupakan hal yang baik dan semua manusia memiliki derajat yang sama. Kegiatan berkunjung ke panti asuhan ini bisa menjadi kegiatan rutin selama bulan Ramadhan tiba.

9. Membuat Kartu Ucapan Ramadhan

Kegiatan bulan Ramadhan untuk anak SD yang pertama adalah membuat kartu ucapan Ramadhan. Selain untuk mengisi kekosongan dan mengalihkan fokus mereka dari rasa lapar dan haus saat berpuasa.

Dengan membuat kartu ucapan Ramadhan yang anda ajarkan kepada anak-anak SD, bisa membantu melatih kreativitas mereka khususnya dalam menyusun kata-kata, menggambar, dan mewarnai.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya