15 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan Secara Alami, Tanpa Efek Samping

Pada umumnya, siklus haid yang normal pada seorang wanita adalah sekitar 28 hingga 35 hari.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 07 Okt 2023, 13:15 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2023, 13:15 WIB
15 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan Secara Alami, Tanpa Efek Samping
Ilustrasi Menstruasi Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan menjadi hal yang perlu diketahui oleh setiap wanita. Pada umumnya, siklus haid yang normal adalah sekitar 28 hingga 35 hari. Namun setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda.

Bahkan ada juga perempuan yang mengalami siklus haid yang tidak teratur. Ada yang bisa mengalami haid sekali dalam dua bulan atau tiga bulan. Haid yang datang terlambat atau tidak teratur ini tidak selalu berarti bahwa perempuan tersebut mengalami kehamilan.

Banyak penyebab yang dapat mengakibatkan siklus haid menjadi tidak lancar, salah satunya stress. Untuk itu, mengetahui cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan sangatlah penting. Bagi anda yang khawatir akan adanya efek samping, bisa mencoba mengikuti cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan secara alami ini.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (7/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

15 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan Secara Alami, Tanpa Efek Samping
Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Sehat Credit: pexels.com/pixabay

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan pertama adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat memang identik dengan makanan yang sehat serta olahraga. Namun juga Anda perlu mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, minum kopi berlebihan, dan begadang. Hal-hal tersebut telah terbukti dapat mengganggu jadwal haid pada perempuan.

2. Rajin Minum Air Mineral

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang berikutnya adalah dengan rajin dan teratur meminum air mineral. Air mineral penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancarnya sistem metabolisme dalam tubuh, maka haid akan turut lancar pula.

3. Istirahat Teratur

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang berikutnya adalah istirahat yang cukup dan teratur. Dengan istirahat yang cukup, hormon kortisol dapat terproduksi dengan baik sehingga jika Anda mengalami stres, dapat teredam dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus yang merupakan hormon yang mengatur periode haid.


4. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

15 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan Secara Alami, Tanpa Efek Samping
makan sehat. (unsplash.com/Louis Hansel)

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang berikutnya adalah mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Hal ini dilakukan agar asupan gizi tercukupi sehingga produksi hormon tidak terganggu, tentu Anda harus mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta kaya akan gizi. Dengan begitu sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi jauh lebih baik dan haid pun bisa lancar.

5. Minum Air Kelapa Hijau

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang berikutnya adalah minum air kelapa hijau. Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit. Senyawa laurat ini berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Juga mengandung banyak sekali gizi yang diperlukan dalam tubuh sehingga dapat membantu Anda memenuhi gizi yang diperlukan oleh tubuh.

6. Minum Jus Wortel

Wortel memang terkenal akan manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A yang tinggi serta vitamin C, kalsium, dan iron membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Rutin meminum jus wortel dengan gula yang sedikit atau tanpa gula dapat menjadi cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan.


7. Menggunakan Jahe

15 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan Secara Alami, Tanpa Efek Samping
Ilustrasi wedang jahe seduh/copyright freepik.com/jcomp

Jahe memiliki banyak kandungan yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungannya antara lain adalah minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, c, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Jahe juga bermanfaat sebagai cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan. Rajinlah meminum air seduhan jahe dengan madu setiap hari untuk memperlancar haid Anda.

8. Minum Air Kunyit

Kunyit yang memiliki sifat menghangatkan berguna sebagai cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan. Mengonsumsi air rebusan kunyit bermanfaat untuk mengatur ketidakseimbangan hormon dan siklus menstruasi. Sifat anti inflamasi dan antispasmodic di dalamnya juga mampu mengatasi kram.

9. Rajin Berolahraga

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang berikutnya adalah rajin berolahraga. Olahraga sudah terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh. Anda tidak harus terlalu keras melakukan olahraga yang susah. Lakukan saja yang mudah seperti jogging, jalan kaki, bersepeda. Hal tersebut akan memperlancar aliran darah, sehingga haid pun ikut lancar.


10. Menjaga Berat Badan Normal

15 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan Secara Alami, Tanpa Efek Samping
Ilustrasi Berat Badan Ideal Credit: pexels.com/Finn

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang berikutnya adalah menjaga berat badan agar tetap normal. Memiliki berat badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk memang dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh. Biasakan menikmati makanan sehat dan berolahraga secara teratur sehingga berat badan bisa terkontrol. Jangan lupa minum air putih dan juga konsumsi sayur dan buah yang tinggi vitamin, mineral, serat dan antioksidan.

11. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat mengurangi nyeri haid. Maka dari itu, yoga cukup efektif sebagai cara memperlancar haid yang terlambat 2 bulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa yoga bisa membantu mengendalikan kadar hormon yang membuat jadwal haid tidak teratur.

12. Terapi Hormon

Terapi hormon bisa menjadi cara memperlancar haid yang terlambat 2 bulan. Terapi dilakukan dengan memberikan obat mengandung hormon estrogen dan progesteron dalam dosis tertentu. Biasanya terapi hormon diberikan untuk wanita dengan siklus haid tidak teratur yang sampai membuat sulit hamil.


13. Minum Ramuan Daun pepaya

15 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan Secara Alami, Tanpa Efek Samping
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Christina Siow

Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup lengkap seperti A, B, C, D, dan E serta kalsium. Dengan kandungannya tersebut, banyak orang yang percaya bahwa daun pepaya bisa melancarkan haid yang terlambat 2 bulan. Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan dengan daun pepaya adalah meminum ramuannya. Langkah pertama adalah merebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam serta dua gelas air mineral. Rebus hingga air tinggal satu gelas saja, kemudian minum ramuan tersebut. Ramuan daun pepaya juga bisa digunakan sebagai cara mengurangi nyeri haid.

14. Minum Teh Chamomile

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang berikutnya adalah teh chamomile. Minuman herbal ini diketahui mengandung senyawa antioksidan dan antiradang sehingga dapat membantu melancarkan haid sekaligus meredakan nyeri haid.

Untuk mendapatkan manfaatnya, seduh 1 kantung teh chamomile pada segelas air hangat dan diamkan selama beberapa menit. Jika perlu, tambahkan satu sendok makan madu murni ke dalam teh chamomile untuk menambah rasa manis saat dikonsumsi.

15. Buah Nanas

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi buah nanas. Hal ini dikarenakan buah nanas mengandung enzim bromelain yang dipercaya mampu melancarkan proses peluruhan dinding rahim. Selain itu, buah nanas juga mengandung senyawa antiradang dan antinyeri sehingga dapat membantu mengatasi keluhan nyeri dan kram perut selama haid.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya