Fresh Graduate adalah Salah Satu Sumber Tenaga Kerja Potensial, Ini Kelebihannya

Fresh graduate adalah orang-orang yang memiliki kesempatan yang luas dalam meniti karier, terutama di perusahaan yang menghargai sifat-sifat seperti inovasi, motivasi, dan semangat belajar.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 06 Nov 2023, 10:40 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2023, 10:40 WIB
BRILiaN Future LeaderProgram (BFLP).
ilustrasi Fresh Graduate fresh graduate telah dibuka.

Liputan6.com, Jakarta Fresh Graduate adalah istilah yang kerap digunakan sebagai salah satu kriteria lowongan pekerjaan. Fresh graduate dapat menjadi tenaga kerja yang potensial meskipun mereka baru saja menyelesaikan pendidikannya dan umumnya belum memiliki pengalaman kerja.

Fresh graduate adalah orang-orang yang dinilai memiliki sifat inovatif dan ambisius. Mereka cenderung memiliki pemikiran segar, gagasan kreatif, dan semangat untuk mencapai kesuksesan dalam karier mereka. Sifat-sifat ini dapat membantu mereka berkontribusi dalam memecahkan masalah dan memberikan nilai tambah kepada perusahaan.

Fresh graduate adalah orang-orang yang memiliki kesempatan yang luas dalam meniti karier, terutama di perusahaan yang menghargai sifat-sifat seperti inovasi, motivasi, dan semangat belajar. Meskipun mereka mungkin kurang memiliki pengalaman kerja dibandingkan dengan kandidat lain, potensi yang dimiliki oleh fresh graduate dapat membantu mereka bersaing dan berkembang dalam dunia kerja. 

Berikut ulasan tentang fresh graduate adalah orang yang baru saja menyelesaikan pendidikannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (6/11/2023).


Tenaga Kerja Potensial

BRI
Pengumuman! Bagi Mahasiswa dan Fresh Graduate Segera Daftar BRILLIANT YOUTH COMPETITION/Istimewa.

Secara umum, fresh graduate adalah istilah yang merujuk pada seseorang yang baru saja menyelesaikan pendidikan mereka di perguruan tinggi, baik jenjang diploma maupun sarjana. Namun, istilah ini juga dapat merujuk pada orang-orang yang baru lulus pendidikan di tingkat SMA maupun SMK dan langsung memutuskan untuk bekerja. Fresh graduate umumnya belum memiliki pengalaman kerja di lapangan pekerjaan tertentu.

Meskipun mereka belum memiliki pengalaman kerja yang signifikan, fresh graduate memiliki beberapa keunggulan yang dapat menjadi daya tarik bagi perusahaan. Mereka seringkali memiliki motivasi yang kuat untuk maju, sifat inovatif, dan semangat belajar yang tinggi. Kelebihan-kelebihan ini dapat membantu mereka bersaing dalam mencari pekerjaan dan berkembang dalam karier mereka.

Fresh graduate biasanya ditempatkan di posisi entry level atau pemula dalam dunia profesional karena kurangnya pengalaman kerja. Namun, banyak perusahaan memberikan kesempatan kepada fresh graduate untuk memulai karier mereka dan mengembangkan potensi mereka melalui berbagai jenis pekerjaan seperti management trainee, pegawai bank, jurnalis atau wartawan, dan account executive.


Kelebihan dan Kekurangan Fresh Graduate

Jadi Orang Sukses Nggak Harus Miliki IPK tinggi
Ilustrasi sarjana. (via: hrreview.com)

Berikut kelebihan dan kekurangan fresh graduate.

Kelebihan Fresh Graduate

1. Semangat yang tinggi

Fresh graduate umumnya memiliki semangat yang tinggi untuk memulai karir mereka dan membuktikan diri di dunia kerja. Mereka cenderung memiliki dorongan untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan mereka.

2. Inovatif

Mereka sering membawa gagasan segar dan inovatif ke tempat kerja yang dapat membantu perusahaan berpikir kreatif.

3. Ambisi yang meningkatkan motivasi untuk berkembang

Ambisi mereka untuk meraih kesuksesan dan berkembang dapat menjadi dorongan positif dalam karier mereka.

4. Mau menerima masukan dan kritik

Mereka cenderung terbuka untuk menerima umpan balik dan kritik untuk perbaikan diri.

5. Mudah menerima informasi dan beradaptasi dengan budaya perusahaan

Mereka memiliki kemampuan untuk cepat belajar dan menyesuaikan diri dengan budaya dan lingkungan perusahaan.

Kekurangan Fresh Graduate

1. Memerlukan waktu tambahan untuk belajar secara teknikal

Mereka mungkin memerlukan waktu tambahan untuk menguasai keterampilan teknis yang diperlukan dalam pekerjaan.

2. Minimnya pengalaman menghadapi error di luar materi yang telah diajarkan

Mereka mungkin kurang memiliki pengalaman dalam menangani situasi yang tidak diajarkan dalam kurikulum pendidikan mereka.

3. Tidak jarang sulit beradaptasi dengan lingkungan kerja

Anak baru dalam dunia kerja mungkin butuh waktu untuk beradaptasi dengan budaya dan dinamika lingkungan kerja.

4. Terkadang merasa cukup dengan ilmu yang didapatkan dari pendidikan terakhirnya

Mereka mungkin terlalu percaya diri dengan ilmu yang diperoleh dari pendidikan mereka dan kurang terbuka terhadap pembelajaran baru.

5. Kaget saat menghadapi lingkungan dan tekanan kerja

Pengalaman pertama di dunia kerja dapat menimbulkan stres dan kejutan, dan mereka mungkin belum terbiasa dengan tekanan kerja.

6. Sedikit mengetahui tentang profesionalitas

Mereka mungkin belum memiliki pemahaman mendalam tentang norma-norma dan etika profesional dalam dunia kerja.


Tips Mencari Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Ilustrasi
Gelar sarjana tak menjamin seseorang mudah mendapatkan pekerjaan. Kira-kira apa ya penyebabnya dan bagaimana solusinya?

Mencari pekerjaan sebagai fresh graduate menjadi sesuatu yang menantang. Tapi ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kualifikasi, berikut diantaranya.

1. Bangun CV dan Portofolio Menarik

CV dan portofolio adalah alat pertama yang akan dilihat oleh tim rekrutmen. Pastikan CV kamu mencerminkan kualifikasi dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Jika memungkinkan, gunakan Bahasa Inggris untuk CV, karena beberapa perusahaan menganggap ini sebagai nilai tambah.

2. Perkaya Diri dengan Skill

Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, cobalah untuk meningkatkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Ikuti webinar gratis atau kursus online untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilanmu. Memiliki sertifikat dari kursus-kursus ini dapat meningkatkan daya tarikmu bagi calon employer.

3. Tetap Memiliki Rasa Ingin Tahu

Meskipun kamu telah mendapatkan pendidikan, dunia kerja seringkali membawa tantangan dan situasi yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Jadi, jaga rasa ingin tahu dan semangat untuk terus belajar. Terbuka terhadap belajar dari senior, rekan kerja, dan lingkungan kerja adalah penting.

4. Jaga Attitude dan Branding Diri

Personal branding yang baik adalah kunci kesuksesan. Jaga perilaku dan perkataan saat bekerja serta selama wawancara kerja. Ingatlah bahwa kesan baik bukan hanya penting bagi orang lain, tetapi juga bagi perkembangan pribadi kamu. Juga, waspadai tindakan dan konten yang kamu bagikan di media sosial, karena perusahaan seringkali melakukan penelitian tentang calon karyawan mereka melalui media sosial.

5. Gabung ke Forum Pencari Kerja

Networking adalah elemen penting dalam mencari pekerjaan. Bergabung dengan forum pencari kerja online dapat membantu kamu berbagi informasi tentang pekerjaan, membangun relasi dengan sesama pencari kerja, dan berpotensi mendapatkan wawasan tentang peluang pekerjaan yang tidak terlihat di tempat lain.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya