Doa Pengantin dalam Islam agar Langgeng, Simak Juga 20 Ucapan Pernikahan Penuh Makna

Doa pengantin agar harmonis tanpa kekerasan baik fisik maupun mental.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 27 Feb 2024, 19:05 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2024, 19:05 WIB
Ilustrasi pengantin, pernikahan, menikah
Ilustrasi pengantin, pernikahan, menikah. (Photo created by wirestock on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Doa pengantin memiliki peran yang sangat penting dalam pernikahan. Doa ini mengekspresikan harapan dan keinginan pengantin, untuk selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Doa ini juga menjadi permohonan agar di restui dan diberkati, dalam memulai perjalanan baru sebagai suami istri.

Dalam Islam, doa pengantin juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam prosesi pernikahan, karena dianggap sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam membina rumah tangga. Salah satu doa pernikahan Islami yang sangat populer adalah doa yang dilafalkan sebelum akad nikah. Doa ini mengungkapkan harapan dan permohonan kepada Allah, agar diberikan keberkahan dalam mengikatkan janji suci tersebut.

Saat menghadiri pernikahan, umat Muslim dianjurkan membaca doa pernikahan untuk kebaikan bagi pengantin. Setiap doa yang dipanjatkan, tentu memohon kepada Allah agar diberi kekuatan, kesabaran dan kemampuan dalam menjalani hubungan yang harmonis dan penuh cinta. Dengan doa pengantin ini, diharapkan pernikahan yang baru dijalani akan selalu mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini doa pengantin dan ucapan pernikahan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/2/2024). 


Doa Pengantin dalam Islam

Ilustrasi pasangan pengantin yang menikah. (AP Photo/Tatan Syuflana)
Ilustrasi pasangan pengantin yang menikah. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Pada umumnya, upacara pernikahan diselenggarakan dengan mengundang kerabat dan teman-teman. Apabila Anda menerima undangan pernikahan, disarankan untuk hadir di walimah. Tidak hanya sekadar memberikan ucapan selamat, kehadiran di walimah juga bermaksud untuk menyampaikan doa kepada pasangan pengantin baru yang tengah merayakan kebahagiaan mereka.

Sebagaimana disebutkan dalam Kitab Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalami Sayyid al-Abrar karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, terdapat doa khusus untuk pengantin baru yang sebaiknya diucapkan bagi pasangan yang baru saja menikah.

Terdapat beberapa doa yang bisa dihaturkan oleh pengantin pada hari pernikahannya, mulai dari doa setelah akad nikah hingga doa saat malam pertama. Di samping itu, para tamu yang hadir juga disarankan untuk memberikan doa kepada kedua mempelai agar mereka mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan dalam pernikahan mereka.

Berikut adalah doa pernikahan atau doa untuk pengantin yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, yang dapat diamalkan ketika menghadiri resepsi pernikahan. Doa ini diambil dari buku Ritual dan Tradisi Islam Jawa karya KH Muhammad Sholikhin.

 “Barakallahu laka wabaraka ‘alaika wajama’a bainakuma fii khoir.”

Artinya: ”Semoga Allah memberikan berkah untukmu, semoga Allah memberi berkah kepadamu dan menghimpun kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan”.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan." 


Doa Pernikahan Sederhan 1

Ilustrasi
Ilustrasi pasangan pengantin India. (dok. pexels/Kumar Saurabh)

‎اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ هٰذَا الْعَقْدَ عَقْدًا مُبَارَكًا مَعْصُوْمًا وَأَلْقِ بَيْنَهُمَا أُلْفَةً وَقَرَارًا دَائِمًا وَلَا تَجْعَلْ بَيْنَهُمَا فِرْقَةً وَفِرَارًا وَخِصَامًا وَاكْفِهِمَا مُؤْنَةَ الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ

“Allâhummaj'al hâdzal 'aqda 'aqdan mubârakan ma'shûman wa alqi bainahumâ ulfatan wa qarâran dâiman wa lâ taj'al bainahumâ firqatan wa firâran wa khishâman wakfihimâ mu'natad dunyâ wal âkhirah.”

Artinya: Ya Allah, jadikanlah akad ini sebagai ikatan yang diberkahi dan dilindungi, tanamkan di antara keduanya kerukunan dan ketetapan yang langgeng, jangan Engkau jadikan di antara keduanya perpecahan, perpisahan dan permusuhan, dan cukupi keduanya bekal hidup di dunia dan akhirat.

Doa Pernikahan 2

‎ اَللّٰهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ اٰدَمَ وَحَوَّاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَسَارَةَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ سَيِّدَنَا يُوْسُفَ وَزُلَيْخَاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَيِّدَتِنَا خَدِيْجَةَ الْكُبْرَى وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا عَلِيِّ وَسَيِّدَتِنَا فَاطِمَةَ الزَّهْرَاءَ

“Allâhumma allif bainahumâ kamâ allafta baina Adam wa Hawwa, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Ibrâhîm wa Sârah, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Yûsuf wa Zulaikha, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Muhammadin shallallâhu 'alaihi wa sallama wa sayyidatinâ Khadîjatal kubrâ, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ 'Aly wa sayyidatinâ Fâthimah az-Zahrâ.”

Artinya: Ya Allah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Adam dan Hawa, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Ibrahim dan Sarah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Yusuf dan Zulaikha, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Baginda Nabi Muhammad shallallâhu 'alaihi wa sallama dan Khadijah Al-Kubra, dan rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Ali dan Fathimah Az-Zahra.

Doa pernikahan 3

‎اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

“Allahumma inni as'aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa 'alaih. Wa a'udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha 'alaih.”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

Doa pernikahan 4

‎اللّٰهُمَّ رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

“Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa'i takuunu lana iidalli'aqolina wa'akhirina wa'ayatamminka wa'urzukna wa'anta khoirurroziqin.”

Artinya: Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama. (QS. Al-Ma'idah: 114)

 


Ucapan Pernikahan dalam Islam Penuh Doa

Mimpi Menjadi Pengantin Bersama Pacar
Ilustrasi Mimpi Menjadi Pengantin Bersama Pacar Credit: unsplash.com/Nikita

1. "Selamat menempuh hidup baru, semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, dan warrahmah."

2. "Selamat menikah, semoga Allah menyempurnakan kebahagiaan kalan dan menyempurnakan ibadah kalian, serta memberikan petunjuk dalam setiap keputusan." 3. "Selamat menempuh hidup baru. Semoga cinta dan kebahagiaan selalu mengisi hari-hari kalian dan menjadi keluarga sakinah, mawadah, warohmah untuk kalian berdua."

4. "Tidak ada pasangan yang sesempurna kalian berdua. Selamat atas pernikahan kalian. Allah menciptakan kalian untuk satu sama lain."

5. "Semoga pernikahan ini bertahan selama-lamanya dan membawa kegembiraan tanpa akhir bagi semua orang yang dekat dengan jiwa-jiwa yang indah ini. Semoga Allah menghujani kalian berdua dengan kedamaian dan kebahagiaan abadi!"

6. "Alhamdulillah, selamat atas pernikahan kalian. Semoga selalu dilimpahi keberkahan, kebaikan, dan cinta. Jazakallahu khairan katsiran."

7. "Selamat atas pernikahanmu, semoga kamu bisa menjadi imam yang baik dan mampu menuntun keluargamu menuju surga Allah SWT."

8. "Doa-doaku selalu bersamamu. Semoga Allah melimpahkan keberkahannya pada dirimu dan istrimu."

9. "Semoga Allah memberikan kebijaksanaan dan pengetahuan yang kalian butuhkan untuk menjalankan fase baru dalam hidup ini."

10. "Semoga Allah membantu kalian berdua untuk menemukan kebahagiaan dan kesenangan satu sama lain. Selamat menikah."

11. "Ya Allah! Engkau Maha Penyayang, berikan pasangan yang penuh kasih ini kemampuan untuk tetap bersama! Semoga kalian mendapatkan kehidupan suami istri yang paling bahagia. Semoga Allah merahmati kalian berdua!"

12. "Semoga Allah SWT selalu menguatkan ikatan pernikahan kalian dan diberkahi dengan iman di dalamnya."

13. "Ya Allah, karuniakan mereka dengan kebahagiaan dan kegembiraan yang tak terhitung. Buatlah mereka saling mencintai dan menghargai satu sama lain selamanya."

14. "Selamat menikah. Semoga Allah memberimu kebahagiaan dan kegembiraan, dan kebahagiaan itu tetap ada sampai hari terakhir hidupmu."

15. "Kalian terlihat sangat bahagia di pernikahan ini. Alhamdulillah! Kebahagiaan ini adalah indikasi cinta dan berkah Allah! Semoga awal kehidupan baru kalian berdua dipenuhi kebahagiaan."

16. "Semoga Allah memperkuat ikatan yang menyatukan hati kalian dan merahmati dua hati dengan iman dan cinta satu sama lain! Selamat menikah!"

17. "Segala rahmat bagi Allah karena dia mendekatkan dua hati yang murni satu sama lain dan mengikatnya dalam ikatan pernikahan yang suci. Semoga rahmat-Nya selalu menyertai Anda!"

18. "Subhanallah! Semoga kalian selalu saling memberi cinta tanpa syarat. Semoga kalian mendapatkan keberuntungan terbaik dan kehidupan terindah di depan!"

19. "Semoga Allah SWT mencurahkan rahmat-Nya pada rumah tangga kalian. Dia akan memberi kalian berdua kebahagiaan di dalam dan di luar. Selamat menikah."

20. "Kalian terlihat sangat bahagia di pernikahan ini. Alhamdulillah! Kebahagiaan ini adalah indikasi cinta dan berkah Allah! Semoga awal kehidupan baru kalian berdua dipenuhi kebahagiaan."

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya