6 Film Tema Satu Suro untuk Pecinta Horor, Bikin Merinding

Terdapat kepercayaan bahwa pada malam Satu Suro, arwah orang-orang yang telah meninggal berkeliaran di dunia manusia.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 08 Jul 2024, 15:15 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2024, 15:15 WIB
Suzanna
Suzanna pemain film Malam 1 Suro (Malam Satu Suro)

Liputan6.com, Jakarta Satu Suro adalah salah satu hari yang dinanti oleh masyarakat Jawa karena menjadi perayaan hadirnya tahun baru Jawa. Malam Satu Suro jatuh bertepatan dengan malam hari menjelang tanggal Satu Muharam. Peringatan malam Satu Suro dimulai dari terbenamnya matahari pada hari terakhir bulan terakhir kalender Jawa (29/30 bulan besar) sampai terbitnya matahari pada hari pertama bulan pertama tahun berikutnya.

Masyarakat Jawa menyebut malam Satu Suro dengan istilah suroan yang artinya melakukan kegiatan pada bulan Suro. Sakralitas peringatan malam Satu Suro tak bisa dilepaskan dari budaya keraton. Keraton Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta mengartikan malam Satu Suro sebagai malam yang suci serta bulannya penuh rahmat.

Akan tetapi, malam Satu Suro juga kerap dikaitkan dengan kisah-kisah horor. Terdapat kepercayaan bahwa pada malam Satu Suro, arwah orang-orang yang telah meninggal berkeliaran di dunia manusia. Fenomena tersebut telah menginspirasi sejumlah pembuat film horor Indonesia untuk menciptakan cerita menyeramkan yang berlatar belakang malam Satu Suro.

Film bertema Satu Suro menawarkan pengalaman menakutkan kepada penonton dengan menggabungkan mitologi dan tradisi Jawa dalam cerita-cerita yang mencekam. Berikut rekomendasi film bertema satu suro untuk para penikmat horor yang Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Senin (8/7/2024).


1. Malam Satu Suro (1988)

Mawarni Suwono dalam Pengabdi Setan. (Foto: Dok. IMDb/ Rapi Film)
Mawarni Suwono dalam Pengabdi Setan. (Foto: Dok. IMDb/ Rapi Film)

"Malam Satu Suro" adalah salah satu film horor legendaris Indonesia yang dibintangi oleh Suzzanna, yang dikenal sebagai ratu horor Indonesia. Dalam film ini, Suzzanna berperan sebagai Suketi, seorang sundel bolong yang dibangkitkan oleh dukun Ki Rengga karena menginginkan anak angkat. Setelah kembali menjadi manusia, Suketi bertemu dengan seorang lelaki bernama Bardo, dan mereka jatuh cinta. 

Keseriusan Bardo membuat Ki Rengga menerima dan menyetujui pernikahan mereka. Namun, masalah mulai muncul ketika Joni, kompetitor bisnis Bardo, mengetahui bahwa Suketi bukan manusia. Ia mencabut paku yang tertancap di kepala Suketi, mengembalikannya menjadi sundel bolong. 

Suketi yang merasa kebahagiaannya dirusak mulai membalas dendam kepada orang-orang yang mengganggu keluarganya. Film ini menawarkan cerita yang mencekam dan menakutkan, dengan latar belakang tradisi dan mitologi Jawa.

2. Pengabdi Setan (1980)

"Pengabdi Setan" menceritakan kehidupan keluarga Munarto yang kaya raya namun mengalami musibah besar setelah istrinya, Munarti, meninggal dunia. Setelah kematian Mawarti, Tomi, anaknya, melihat ibunya kembali namun tak mau berbicara dengannya. Tomi lalu mengikuti saran temannya untuk bertemu peramal dan belajar ilmu hitam. Tidak lama kemudian, saudara mereka mengirimkan Darminah, seorang asisten rumah tangga baru, untuk mengurusi rumah. 

Pada waktu yang bersamaan, Rita, anak Munarto yang lain, melihat kuntilanak dan merasa ada yang aneh dengan Darminah. Munarto yang jauh dari Tuhan dan hanya memikirkan bisnis tidak percaya dengan keanehan yang disampaikan orang terdekatnya, sehingga teror dan ancaman terus menghantui keluarga Munarto.  Kesuksesan film ini pada masanya membuat "Pengabdi Setan" dibuat ulang dan dirilis kembali pada tahun 2017, tetap menawarkan cerita horor yang kuat.


3. Sengkolo Malam Satu Suro (2024)

Film Kafir Bersekutu dengan Setan (Instagram/ filmkafir)
Film Kafir Bersekutu dengan Setan (Instagram/ filmkafir)

"Sengkolo Malam Satu Suro" adalah film yang dirilis pada bulan Juni 2024. Film ini dibintangi oleh Donny Damara dan Fauzan Nasrul, menceritakan tentang seorang pemandi jenazah yang mencari tahu tentang kematian tragis keluarganya melalui serangkaian kematian misterius. 

Ia kehilangan pekerjaan karena beberapa kejadian tak terduga, termasuk meninggalnya semua anggota keluarganya secara tiba-tiba. Semua terkuak ketika ia kembali mengurus beberapa kematian misterius lima tahun kemudian di desa yang sama. Film ini menambah variasi pada tema horor Malam Satu Suro dengan menampilkan misteri dan investigasi yang mendalam.

4. Kafir: Bersekutu dengan Setan (2018)

"Kafir: Bersekutu dengan Setan" mengisahkan keluarga Herman yang mengalami serangkaian kejadian aneh, seperti Herman yang tewas secara misterius setelah muntah beling saat makan malam. Kejadian ini menjadi titik awal dari teror yang menghantui keluarga, termasuk Sri yang mengalami fenomena aneh seperti api lampu yang membesar sendiri. 

Sri kemudian mengonsultasikan peristiwa tersebut kepada dukun Jarwo, dan menemukan bahwa teror yang mereka alami terkait dengan perbuatan masa lalu. Film ini menawarkan cerita yang menegangkan dengan latar belakang supernatural yang kental.


5. Satu Suro (2019)

Poster film Kuntilanak. (Foto: Dok. MVP Pictures)
Poster film Kuntilanak. (Foto: Dok. MVP Pictures)

"Satu Suro" mengikuti kisah Adinda yang sedang hamil besar dan memutuskan untuk melahirkan di desa yang jauh dari kota. Namun, kedatangan mereka di desa tersebut disambut dengan serangkaian kejadian aneh, termasuk kontraksi hebat yang dialami Adinda di rumah sakit terdekat.

Ketika Bayu, suami Adinda, kembali ke rumah sakit, ia menemukan bangunan tersebut telah berubah menjadi rumah tua yang kosong dan Adinda menghilang bersamanya. Film ini menawarkan suasana horor yang intens dengan twist-twist tak terduga.

6. Kuntilanak (2006)

"Kuntilanak" mengisahkan Samantha yang memiliki kemampuan memanggil kuntilanak. Setelah mengalami gangguan dari ayah tirinya, Samantha memutuskan untuk pindah ke kost di pinggiran kota yang angker, dengan pohon beringin dan pemandangan area pemakaman di depannya. 

Kost tersebut memiliki sejarah kelam yang terkait dengan pohon kuntilanak. Dengan bantuan ibu kostnya, Samantha belajar bahwa tempat itu dulu adalah pabrik batik dan memiliki sejarah tragis. Film ini menampilkan elemen-elemen horor klasik Indonesia dengan cerita yang menyeramkan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya