5 Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Diabetes

Ternyata, cokelat hitam yang masih alami tanpa proses pengolahan mengandung nilai gizi yang luar biasa dan memiliki beragam manfaat kesehatan yang begitu signifikan.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 24 Jul 2024, 14:04 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 14:04 WIB
Ilustrasi Minuman Coklat
Ilustrasi minuman coklat (dok. Pexels.com)  

Liputan6.com, Jakarta Cokelat merupakan makanan yang sangat digemari oleh banyak orang, baik sebagai camilan ringan, minuman hangat, maupun sebagai bahan dalam pembuatan kue. Keberadaannya selalu berhasil membawa kebahagiaan dalam setiap hidangan.

Tidak hanya itu, cokelat hitam yang belum melalui proses pengolahan ternyata juga memiliki nilai gizi yang sangat baik dan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. Penelitian telah membuktikan bahwa cokelat hitam mengandung flavonoid, yaitu senyawa alami yang ditemukan dalam tanaman, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan radikal bebas.

Flavonoid dalam cokelat hitam diyakini memiliki efek antioksidan yang kuat, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Selain itu, konsumsi cokelat hitam juga dikaitkan dengan peningkatan sirkulasi darah dan fungsi otak yang lebih baik. Namun, perlu diingat bahwa manfaat-manfaat ini terkait dengan konsumsi cokelat hitam dalam jumlah yang seimbang. 

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber berikut beberapa manfaat cokelat hitam bagi kesehatan tubuh, Rabu (24/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Mencegah kehilangan memori

Menyukai permainan memori otak
Anak-anak dengan keceerdasan visual menyukai permainan seperti puzzle (foto: Pexels/ Pavel Danilyuk)

Cokelat hitam yang mengandung banyak kakao ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan otak. Penelitian telah membuktikan bahwa cokelat hitam dapat membuat merasa bahagia dan senang, sehingga dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan bahkan meningkatkan produktivitas .

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam secara teratur dapat meningkatkan memori, kognisi, dan suasana hati . Jadi, cokelat hitam bukan hanya enak untuk dinikmati, tetapi juga dapat mendukung fungsi kognitif secara keseluruhan.

Mengonsumsi cokelat hitam dapat memberikan perlindungan bagi otak . Dengan segala manfaatnya yang luar biasa ini, tidak ada alasan untuk tidak menikmati cokelat hitam. Jadi, mari nikmati cokelat hitam dengan penuh kesadaran dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan otak .


2. Membantu menurunkan berat badan

berat badan
Gambarkanlah sosok yang memiliki tubuh yang sempurna, layaknya sebuah karya seni yang memukau. (Foto: Unsplash/ i yunmai)

Mengonsumsi cokelat hitam alami dan minim olahan tanpa tambahan pemanis ternyata bisa menjadi sekutu terbaik dalam perjuangan menurunkan berat badan.

Ternyata, cokelat hitam mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang luar biasa, yang mampu meningkatkan metabolisme dengan efektif dan membantu membakar kalori lebih cepat. Tidak hanya itu, jika rutin mengonsumsi cokelat hitam sekitar 20 menit sebelum makan, ternyata dapat membantu mengendalikan nafsu makan .

Makanan manis ini tidak hanya mengurangi keinginan untuk makan berlebihan, tetapi juga terkenal dapat mengurangi rasa lapar yang tak terkendali. Dengan demikian, cokelat hitam ini mendukung upaya dalam berolahraga dan menjaga pola makan yang seimbang.

Jika berhasil memasukkan cokelat hitam ke dalam pola makan yang seimbang dan menjaga aktivitas fisik yang teratur, manfaat yang didapat tak hanya terbatas pada pengendalian berat badan saja. Kesehatan secara keseluruhan juga akan meningkat dengan signifikan.

Jadi, jangan ragu untuk menikmati cokelat hitam ini sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Selain memberikan sensasi nikmat, cokelat hitam juga memberikan manfaat tambahan dalam pengendalian berat badan dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.


3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kilat! Begini Cara Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dalam 15 Detik!
Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dalam 15 detik saja!

Cokelat hitam memiliki senyawa flavonol yang dapat memberikan kekuatan ekstra pada sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan yang melimpah di dalamnya pun sangat berguna untuk melawan serangan radikal bebas, yang ternyata berperan penting dalam melindungi dari berbagai penyakit umum yang mengintai.


4. Mencegah diabetes

ilustrasi pemeriksaan diabetes
Gambarkanlah sebuah gambaran tentang proses pemeriksaan diabetes dengan menggunakan ilustrasi dari foto yang diambil di Unsplash.

Cokelat hitam alami tanpa tambahan pemanis sebenarnya bisa jadi sekutu dalam mencegah diabetes. Kandungan polifenol yang melimpah dalam cokelat hitam ini memiliki kekuatan antioksidan yang luar biasa dan mampu meningkatkan resistensi insulin dengan signifikan.

Artinya, cokelat hitam bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dan mendukung upaya pencegahan diabetes tipe 2. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa orang yang rajin menikmati cokelat hitam memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.


5. Mengatasi depresi

Ilustrasi stres
Gambarkan situasi stres yang menggugah hati. (Sumber foto: unsplash.com/Francisco Moreno)

Cokelat hitam memiliki potensi untuk mengurangi risiko depresi, lho! Ternyata, mengonsumsi ser 24 gram cokelat hitam setiap hari bisa memberikan efek yang sama dengan antidepresan.

Gimana caranya? Nah, rahasianya ada pada kandungan flavonoid yang tinggi dalam cokelat hitam. Flavonoid ini ternyata bisa bikin mood lebih baik, energi meningkat, dan bahkan merangsang produksi dopamin.

Jadi, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Health and Nutrition Examination Survey yang menyimpulkan bahwa dengan mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah yang pas setiap hari, bisa mengurangi tanda-tanda dan gejala depresi klinis. Wah, siapa sangka, ya? Ternyata, cokelat hitam bisa jadi sahabat dalam melawan depresi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya