Tak Perlu Direndam, Ini 5 Tips Goreng Tahu Kopong yang Crispy dan Gurih Buat Camilan

Ciptakanlah tahu goreng renyah yang kopong tanpa perlu direndam dengan tips cerdas.

oleh Miranti diperbarui 26 Jul 2024, 13:08 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 13:08 WIB
Tahu goreng cabai garam
Tahu goreng dengan bumbu cabai garam yang menggoda selera. (Foto: eatandtreats.blogspot.com)

Liputan6.com, Jakarta Membuat tahu goreng kopong yang gurih dan renyah tanpa perlu direndam merupakan seni kuliner yang membutuhkan sedikit trik dan teknik yang tepat. Tahu goreng yang sempurna adalah yang memiliki tekstur luar yang crispy namun tetap empuk di dalamnya, sehingga setiap gigitannya memberikan kenikmatan yang tak terlupakan.

Proses ini sering kali menjadi tantangan bagi banyak orang, terutama untuk pemula di dunia masak-memasak.Untuk mencapai hasil tahu goreng kopong yang sempurna, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan. 

Pengguna TikTok dengan akun @rinasitepu15 punya trik menarik membuat tahu goreng kopong yang crispy dan gurih tanpa perlu direndam. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini yang dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, pada Jumat (26/07/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Persiapan Bahan

ilustrasi tahu
Gambarkanlah tahu putih yang lezat | hak cipta freepik.com/azerbaijan_stockers

Potong-potong tahu putih dengan hati-hati sesuai dengan selera Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan air larutan garam yang segar. Setelah itu, balurkan potongan tahu putih dengan sedikit air larutan garam yang telah Anda siapkan. Ingat, Anda tidak perlu merendamnya terlalu lama.


2. Penggorengan

Tahu goreng
ilustrasi/copyright pixabay.com/focusonpc

Persiapkan minyak dalam jumlah yang melimpah di dalam wajan. Panaskan minyak di atas api dengan kekuatan sedang. Setelah minyak benar-benar membara, tingkatkanlah intensitas api kompor. Dengan hati-hati, masukkanlah potongan tahu putih satu per satu ke dalam minyak yang mendidih dengan semangat.


3. Proses Menggoreng

Tahu crispy
Ilustrasi menggoreng tahu crispy. (Sumber: Freepik.com)

Gorenglah tahu dengan lembut di atas bara api yang sedang berkecamuk, sehingga ia dapat mengembang dengan anggun dan menghasilkan rongga yang menggoda. 


4. Goreng dengan Teknik Tepat

tips menggoreng tahu
Tips menggoreng tahu./Copyright shutterstock.com/g/bonchan

Ingatlah untuk tidak terlalu sering mengaduk-aduk tahu agar ia dapat bertransformasi dengan sempurna. Sabarlah menunggu hingga tahu mencapai kematangan yang sempurna, dengan warna kecoklatan yang menggugah selera.


5. Pengangkatan dan Penirisan

Mengintip Isi Pabrik Tahu Premium di Kawasan Patal Senayan, Diproduksi Pakai Mesin Tanpa Injak-Injak Kaki
Tahu goreng yang diproduksi di Tofu Deli. (dok. Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Angkat tahu yang telah merah kecoklatan dengan penuh kelezatan. Segera tiriskan tahu untuk menyingkirkan kelebihan minyak yang menyelimuti. Tahu goreng yang renyah dan hampa di dalamnya siap untuk disajikan dengan segala kelezatan yang menggugah selera.


Hidangan yang Cocok Dengan Tahu Goreng Kopong

sambal kecap
Ilustrasi yang menarik dari sambal kecap ini dipersembahkan oleh freepik.com/Jcomp.

Tahu goreng kopong adalah teman setia yang lezat untuk menemani hidangan-hidangan yang beragam. Inilah beberapa sajian yang sempurna untuk dipadukan dengan tahu goreng kopong:

1. Sambal Kecap: Sambal kecap yang menggoda dengan rasa pedas dan manis akan menghadirkan sensasi yang tak terlupakan pada tahu goreng kopong. Perpaduan sempurna antara kecap manis, cabai, bawang merah, dan bawang putih menciptakan harmoni cita rasa yang tak tertandingi.

2. Sambal Terasi: Sambal terasi yang menggoda lidah dengan kelezatan gurih dan kepedasan yang menyengat adalah pasangan sempurna untuk tahu goreng. Kombinasi sensasi pedas dan cita rasa umami yang melekat pada sambal terasi akan memanjakan lidah Anda, sementara kelembutan tahu goreng yang renyah akan melengkapi kepuasan makan Anda.

3. Kecap Manis:Kecap manis, entah itu disandingkan dengan bawang goreng atau bawang putih goreng, memberikan sentuhan manis yang menakjubkan untuk memperindah tahu goreng yang renyah dan berongga.

4. Sayur Tumis:Sayur tumis seperti kangkung, buncis, atau sawi adalah teman sehat dan menyegarkan. Mereka adalah penyemangat hidangan dengan keseimbangan nutrisi dan warna yang menggoda.

5. Nasi Putih:Nasi putih yang lembut dan harum menjadi pasangan sempurna bagi tahu goreng renyah. Rasanya yang khas serta sambal yang pedas membuat nasi putih ini menjadi kombinasi yang menggugah selera. Dengan beragam pilihan lauk pendamping, Anda dapat menikmati tahu goreng kopong ini dengan berbagai cara yang menggoda selera!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya