Selain Makin Harmonis, Ini 9 Alasan Harus Pilih Pasangan yang Sefrekuensi

Memilih pasangan hidup bukanlah perkara yang mudah. Salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan adalah kesamaan frekuensi atau kecocokan antara kamu dan pasangan.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 27 Jul 2024, 11:13 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 11:13 WIB
pasangan cinta bahagia romantis
Ilustrasi pasangan yang satu frekuensi.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu menginginkan pasangan hidup yang tepat. Ya, belahan jiwa yang akan menemani setiap langkah hingga akhir hayat.

Namun, hanya cinta saja tidak cukup untuk menemukan pasangan yang sempurna. Kamu juga perlu mencari seseorang yang sefrekuensi agar hubungan bisa lebih langgeng dan harmonis.

Sefrekuensi di sini bukan berarti harus identik dalam segala hal. Sebaliknya, sefrekuensi berarti kamu dan pasangan memiliki nilai, tujuan, dan cara berpikir yang serupa.

Mengapa hal ini begitu penting? Dilansir dari Liputan6.com, berikut adalah 9 alasan mengapa memilih pasangan yang sefrekuensi sangatlah penting, Sabtu (27/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Meningkatkan Kualitas Komunikasi

Berlatih mendengarkan
Berlatih mendengarkan pasangan. (Foto: EyeEM)

Komunikasi adalah fondasi utama bagi setiap hubungan yang sehat. Ketika kamu dan pasanganmu berada pada gelombang yang sama, komunikasi akan mengalir dengan lebih mudah dan memberikan dampak positif.

Lebih dari itu, kamu akan lebih mampu memahami perasaan dan pikiran pasanganmu, dan begitu pula sebaliknya. Hal ini tentu saja akan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahpahaman dan konflik yang dapat merusak hubungan. Dengan komunikasi yang berkualitas, kalian berdua dapat saling mendukung dan memahami satu sama lain hingga ke kedalaman yang paling dalam.


2. Kesamaan Nilai dan Tujuan

Ilustrasi pasangan muslim, Islami, gombalan
Ilustrasi pasangan muslim, Islami, gombalan. (Photo created by wirestock on www.freepik.com)

Pasangan yang seringkali memiliki keselarasan cenderung berbagi nilai dan tujuan hidup yang serupa. Ini sangat penting karena nilai dan tujuan hidup memengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari cara mendidik anak, mengelola keuangan, hingga cara menghabiskan waktu bersama.

Ketika pasangan memiliki kesamaan dalam hal ini, mereka lebih mampu bekerja sama dengan harmonis dan membuat keputusan yang sejalan. Hal ini mengurangi kemungkinan perbedaan pendapat yang dapat memicu pertengkaran dalam hubungan mereka.


3. Meningkatkan Kepuasan dalam Hubungan

cinta bahagia couple makan es krim
Ilustrasi pasangan tengah meluangkan waktu bersama sambil makan es krim.

Rasa kebersamaan dan pemahaman yang tercipta dari pasangan yang memiliki frekuensi yang sama dapat meningkatkan kepuasan dalam sebuah hubungan. Ketika kamu merasa dimengerti dan didukung oleh pasangan, kebahagiaan dan kepuasan dalam hubungan tersebut akan semakin bertambah.

Kepuasan ini tidak hanya mempengaruhi hubungan itu sendiri, tetapi juga berdampak positif pada kesehatan mental dan emosional. Sebab, jika kesehatan mental dan emosional terganggu, perbaikannya akan menjadi lebih sulit.


4. Mengurangi Konflik

pasangan ldr
Ilustrasi pasangan bahagia. /copyright pixabay.com/HuyNgan

Seringkali, perbedaan dalam nilai dan cara pandang menjadi sumber utama konflik dalam hubungan. Namun, dengan memilih pasangan yang memiliki frekuensi yang sama, kamu dapat mengurangi potensi konflik tersebut.

Walaupun perbedaan pasti akan selalu ada, pasangan yang sefrekuensi akan lebih mudah menemukan titik temu dan solusi yang saling menguntungkan. Hal ini terjadi karena mereka memiliki dasar pemikiran yang serupa dan saling memahami sudut pandang masing-masing.


5. Pengembangan Bersama

Ilustrasi pasangan cinta, bahagia, romantis
Ilustrasi pasangan cinta, bahagia, romantis. (Photo by Vanessa Garcia from Pexels)

Ketika pasangan berada dalam frekuensi yang selaras, mereka mampu saling mendukung dalam pengembangan diri baik secara pribadi maupun profesional. Mereka bisa saling mendorong untuk mencapai potensi terbaik masing-masing.

Hal ini akan memberikan dampak yang sangat positif. Keduanya akan tumbuh menjadi individu yang sangat produktif dalam berkarya serta menjadi pasangan yang saling memberikan dukungan tanpa henti.


6. Keseimbangan dalam Hubungan

Fimela - Pasangan
Ilustrasi pasangan serasi/copyright fimela/adrian putra

Frekuensi yang sejalan menciptakan keseimbangan dalam sebuah hubungan. Ketika dua individu merasa setara dan saling menghargai, hal ini akan membantu menjaga keharmonisan di antara mereka.

Pernah mendengar pepatah "carilah pasangan yang setara denganmu"? Ternyata, hal ini memang benar adanya. Dengan memiliki kesetaraan, kalian tidak akan merasa tidak aman atau inferior satu sama lain.


7. Kesesuaian dalam Minat dan Hobi

Ilustrasi pasangan cinta, romantis, bahagia
Ilustrasi pasangan cinta, romantis, bahagia. (Photo by Andres Molina on Unsplash)

Memiliki minat dan hobi yang serupa dapat mempermudah pasangan untuk menikmati waktu bersama dan menciptakan kenangan indah. Aktivitas bersama yang disukai oleh kedua belah pihak mampu mempererat ikatan emosional mereka.

Saat kalian melakukan kegiatan yang sama-sama disukai, baik berdua maupun bersama orang-orang terkasih, hal tersebut akan memberikan dampak positif yang besar dalam hubungan kalian. Kalian akan merasa menjadi pasangan paling bahagia di dunia.


8. Harmoni dalam Rutinitas

Ilustrasi berjalan bersama, romantis, pasangan
Ilustrasi berjalan bersama, romantis, pasangan. (Photo by Adil from Pexels)

Menggapai harmoni dalam rutinitas harian adalah rahasia untuk menikmati hidup yang seimbang dan memuaskan. Setiap kegiatan, mulai dari saat membuka mata di pagi hari hingga kembali terlelap di malam hari, dapat diatur sedemikian rupa untuk menghadirkan rasa keteraturan dan ketenangan.

Kesamaan frekuensi juga memainkan peran penting dalam rutinitas sehari-hari. Sebagai contoh, jika dua individu memiliki pola tidur atau jadwal kerja yang serupa, hal ini dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan dalam hubungan mereka.


9. Kemudahan dalam Berkompromi

Pacar, pasangan, bahagia, dekat, LDR (Sumber/ Freepik)
Pacar, pasangan, bahagia, dekat, LDR (Sumber/ Freepik)

Memiliki frekuensi yang sama dengan pasangan dapat mempermudah proses kompromi, karena keduanya sudah memiliki pemahaman yang serupa tentang apa yang penting bagi mereka. Memilih pasangan yang sefrekunsi tidak berarti harus serupa dalam segala hal, tetapi memiliki kesamaan dalam aspek-aspek penting dapat membangun fondasi yang kokoh untuk hubungan yang harmonis dan memuaskan.

Jadi, sebelum memulai sebuah hubungan, pastikan kamu dan pasanganmu berada di frekuensi yang sama ya? Agar terhindar dari konflik besar di masa depan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya