Tanpa Direndam Air Garam, Ini 4 Cara Menyimpan Brokoli Agar Tetap Segar Selama 5 Hari

Menyimpan brokoli dengan sembarangan dapat membuat sayuran ini menjadi layu dan berubah warna dari hijau segar menjadi kekuningan.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 27 Agu 2024, 19:54 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 19:54 WIB
Ilustrasi Sup Brokoli
Ilustrasi sup brokoli (dok. Pexels.com)  

Liputan6.com, Jakarta Brokoli, sayuran yang sarat dengan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan, sering kali menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin hidup sehat. Menurut laporan dari Eat This, brokoli menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memasukkan brokoli ke dalam menu harian Anda. Namun, agar brokoli tetap segar dan berkualitas, cara penyimpanannya perlu diperhatikan dengan seksama.

Menyimpan brokoli dengan sembarangan dapat membuat sayuran ini menjadi layu dan berubah warna dari hijau segar menjadi kekuningan. Perubahan ini tidak hanya memengaruhi penampilan brokoli tetapi juga mengurangi kualitas rasa dan teksturnya.

Banyak orang akhirnya membuang brokoli yang sudah tidak menarik ini, padahal masih ada cara untuk menjaga kesegarannya. Menurut Novaliandini HARVA, terdapat metode praktis untuk menyimpan brokoli agar tetap segar hingga 5 hari. Berikut adalah langkah-langkah yang tepat agar brokoli tetap segar, dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (27/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara menyimpan brokoli agar tetap segar

tumis brokoli
"Contoh memasak brokoli/copyright unsplash.com/Sam Hojati"

1. Bungkus brokoli dengan tisu

Tanpa perlu mencuci brokoli terlebih dahulu, bungkuslah sayuran ini dengan menggunakan tisu. Tisu akan membantu menyerap kelembapan berlebih, menjaga tekstur brokoli tetap kering.

2. Lapisi dengan plastik berlubang

Setelah dibungkus dengan tisu, lapisi brokoli menggunakan plastik yang sudah diberi lubang-lubang kecil. Lubang-lubang tersebut penting untuk sirkulasi udara, yang akan membantu brokoli tetap segar. Ikat ujung plastik dengan karet gelang untuk memastikan kemasan tetap rapat.

3. Simpan di kulkas bagian chiller

Letakkan brokoli yang sudah dibungkus di bagian chiller kulkas. Anda juga bisa memotong brokoli menjadi potongan-potongan kecil dan menyimpannya dalam wadah berlubang kecil. "Tujuan melubangi bawah toples sedikit saja adalah untuk memberikan aliran udara agar brokoli tetap segar," jelas Novaliandini HARVA.

4. Gunakan tisu untuk penutup

Tutup potongan brokoli dengan selembar tisu di atasnya sebelum menutup wadah. Metode ini memungkinkan brokoli bertahan segar hingga 3-5 hari tanpa perubahan rasa dan tekstur.


Rekomendasi konsumsi brokoli segera

Brokoli Saus Tiram Tim Telur oleh Chef Devina Hermawan
Brokoli Saus Tiram Tim Telur oleh Chef Devina Hermawan. (Dok: Cookpad @devinahermawan)

Walaupun metode penyimpanan ini cukup efektif, Novaliandini HARVA tetap menganjurkan untuk segera mengonsumsi brokoli setelah membelinya. Hal ini agar brokoli tetap memiliki warna hijau cerah dan kandungan nutrisinya tetap optimal. "Bagaimanapun caranya, brokoli lebih baik langsung dikonsumsi setelah dibeli," tambahnya.

Video yang menjelaskan cara menyimpan brokoli ini telah ditonton lebih dari 7,1 ribu kali di YouTube, dan mendapat banyak komentar positif dari para pengguna. Beberapa warganet menyatakan bahwa tips ini sangat membantu dalam menjaga kualitas brokoli.

"Terima kasih untuk tips penyimpanan brokolinya, mbak," tulis Mega Natalia Sinaga di YouTube. "Makasih tipsnya, kak. Sangat berguna karena brokoli cepat sekali menguning, ungkap Khaila's Kitchen. Info cara menyimpan sayur brokoli sangat bermanfaat," tulis Squad dkk. "Well done, tipsnya sangat detail dan berguna," puji Teh Maya. "Tutorialnya sangat bagus, terima kasih telah berbagi," tulis Tina Z'TAR ASMR.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya