Review Buku 'Building a Second Brain' Karya Tiago Forte

Building a Second Brain, buku ini dapat menjadi sumber inspirasi serta panduan yang menarik untuk membantu kamu untuk mengingat dan memanfaatkan beragam informasi yang kamu terima setiap hari.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 03 Okt 2024, 16:19 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2024, 16:19 WIB
Building a Second Brain
Membangun Otak Kedua./dok. Endah

Liputan6.com, Jakarta Di era digital saat ini, aliran informasi begitu deras. Setiap harinya, seseorang dihadapkan pada berbagai berita dan hal-hal baru yang tak terhitung jumlahnya.

Hal ini membuat kamu merasa harus menyerap semua informasi agar tidak tertinggal. Namun, seberapa banyak yang sebenarnya dapat kamu ingat? Yang lebih penting, sejauh mana informasi yang kamu kumpulkan dapat memberikan manfaat dan dampak yang berarti dalam kehidupan kita?

Dirangum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (3/10/2024), buku berjudul Building a Second Brain, dapat menjadi sumber inspirasi serta panduan yang menarik untuk membantu kamu untuk mengingat dan memanfaatkan beragam informasi yang kamu terima setiap hari. Jika selama ini kamu merasa memiliki banyak pengetahuan, namun hanya sedikit yang dapat diingat, kini saatnya untuk mengembangkan metode yang lebih efisien.

Ada berbagai teknik yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan produktivitas. Bahkan, teknik ini dapat membantu kamu dalam mengurangi stres atau kecemasan saat menghadapi informasi baru yang terus bermunculan.


Sinopsis

Building a Second Brain buku
Buku berjudul "Building a Second Brain" oleh Endah.

Judul: MENCIPTAKAN OTAK KEDUA: Strategi Efektif untuk Mengelola Kehidupan Digital dengan Lebih Produktif dan Kreatif

Penulis: Tiago Forte

Penerjemah: Nadya Andwiani

Penyunting: Hikmawati Diyas N

Penyelia aksara: Rahastri Fajar P

Penyelaras akhir: Sakti Ramadhan & M Farobi Afandi

Penata letak: Dwi Nur Rahayu W

Cetakan 1, Februari 2024

Didistribusikan oleh: Rene Turos Group

Sudah saatnya kamu memanfaatkan potensi otak kedua. Setiap hari, kamu akan terpapar berbagai informasi melalui media sosial, podcast, berita, dan konten video digital. Namun,sering kali tidak dapat mengingat semua informasi tersebut.

Akibatnya, banyak informasi yang  diperoleh hilang begitu saja. Bahkan, sering kali kesulitan untuk menemukan kembali informasi yang dibutuhkan saat diperlukan.

Dengan demikian, dalam bukunya yang berjudul Menciptakan Otak Kedua, Tiago Forte mengajak kamu untuk membangun otak kedua sebagai kemampuan untuk memanfaatkan alat digital yang terbukti efektif dalam menyaring, mengelola, dan menyimpan semua ide yang kita miliki.

Dengan pendekatan ini, kamu tidak akan lagi mengalami kesulitan dalam mengingat hal-hal penting. Bersiaplah untuk menjadi individu yang lebih produktif dan kreatif ketika otak kedua berfungsi dengan baik.

***

"Apapun cara Anda memilih untuk menggunakannya, Otak Kedua adalah kumpulan pengetahuan pribadi yang dirancang untuk mendukung pembelajaran dan perkembangan sepanjang hidup, bukan hanya untuk satu tujuan tertentu. Ini adalah laboratorium di mana Anda dapat mengembangkan dan menyempurnakan pemikiran Anda dalam kesendirian sebelum membagikannya kepada orang lain."

"Berpikir tidak hanya menghasilkan tulisan; menulis juga memperkaya proses berpikir. Ada bukti yang signifikan bahwa mengekspresikan pemikiran kita secara tertulis dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Salah satu penelitian psikologi paling terkenal di tahun 1990-an menemukan bahwa 'mengubah pengalaman emosional menjadi kata-kata dapat memicu perubahan sosial, psikologis, dan neurologis yang mendalam.'

Kamu dapat mempelajari dan menerapkan metode CODE (Capture, Organize, Distill, dan Express) dalam proses menciptakan Otak Kedua. "CODE adalah panduan untuk menavigasi arus informasi yang tak ada habisnya yang kita hadapi setiap hari. Ini adalah pendekatan modern untuk menciptakan buku commonplace, disesuaikan dengan kebutuhan Era Informasi."

Metode ini dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari seperti mencatat, menulis jurnal, atau mengumpulkan informasi yang bermanfaat untuk karya dan pekerjaan yang dijalani. Bagi mereka yang terbiasa memiliki buku catatan atau jurnal harian yang berisi berbagai informasi dan hal-hal penting, metode ini dapat membantu kita lebih terorganisir dalam menyerap semua informasi tersebut.

Saat ini, banyak aplikasi pencatatan yang tersedia untuk digunakan. Di era informasi yang cepat ini, sering kali kamu melewatkan hal-hal penting karena terpapar begitu banyak informasi. Dengan metode pencatatan yang lebih efisien, kita dapat memanfaatkan informasi yang lebih relevan dan berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang dijelaskan dalam judul buku ini, kamu akan dipandu untuk membangun apa yang disebut Otak Kedua. Dengan menciptakan buku commonplace atau jurnal yang berisi segala hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kita, kita dapat merangkum dan menyerap informasi dengan lebih baik sehingga dapat menghasilkan dampak atau karya yang lebih bermakna. Bahkan dengan menulis secara rutin, kamu sudah dapat merasakan manfaat positif bagi kesehatan mental dan emosional.

Bagi kamu yang ingin membangun rutinitas yang lebih positif dan produktif melalui pencatatan yang lebih efisien, buku Menciptakan Otak Kedua ini bisa menjadi referensi yang tepat. Terdapat banyak tips yang dapat langsung diadopsi dan diterapkan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan kita.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya