3 Langkah Mengurangi Lemak Pada Sup Daging Hanya dengan Es Batu

Metode sederhana menggunakan es batu dapat membantu mengurangi lemak pada daging merah, menjadikan hidangan lebih sehat!

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 27 Agu 2024, 17:49 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 17:49 WIB
[Bintang] Pernikahan Kahiyang dan Bobby
"Baby Nasution, pemilik Catering Putri yang ditunjuk oleh Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, menyebutkan menu yang terdiri dari 'ikan sale gule, sup daging sipiro, ikan mas goreng garing, sambel tuktuk, daun ubi tumbuk, dan ikan teri sambalado.' (Deki Prayoga/Bintang.com)"

Liputan6.com, Jakarta Daging merah, seperti sapi dan kambing, terkenal dengan rasa yang lezat dan sering menjadi pilihan utama dalam menu sehari-hari. Berbagai hidangan seperti rendang, tongseng, gulai, sate, semur, dan sup sering kali sangat menggugah selera. Namun, banyak orang cenderung mengurangi atau menghindari konsumsi daging merah karena kekhawatiran mengenai dampaknya terhadap kesehatan.

Menurut informasi dari Scripps.org, daging merah dapat meningkatkan risiko kolesterol, diabetes, stroke, serta berbagai penyakit lainnya. Ini disebabkan oleh kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging jenis lain. Untuk meminimalkan risiko tersebut, para ahli menyarankan agar lemak dari daging merah dipangkas sebelum proses memasak.

Beruntung, ada cara sederhana yang dapat membantu mengurangi lemak pada daging merah. Metode ini terbukti efektif untuk berbagai hidangan daging, baik yang berkuah seperti sup dan gulai, maupun yang tidak berkuah seperti sate dan tongseng. Berikut adalah langkah-langkah yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (27/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Siapkan Perlengkapan dan Material.

Contoh ilustrasi es batu
Jika anak mengalami memar, kamu bisa memberikan pertolongan pertama. Berikut adalah langkah-langkahnya. (Foto: Pexels.com/Pixabay)

Ambil sendok sayur dan es batu. Potong es batu menjadi ukuran yang lebih kecil agar dinginnya dapat menyebar dengan lebih cepat.


2. Panduan Penggunaan Es Batu

Ilustrasi Es Batu
"Gambar es batu (sumber: Pixabay.com/Putu Elmira)"

Tempatkan es batu di sendok sayur. Kemudian, arahkan sendok sayur yang telah diisi es batu ke permukaan rebusan daging. Lemak-lemak yang ada di atas akan segera terangkat, dan cara menghilangkannya sangat mudah. Anda tidak perlu membuang air dan menggantinya, cukup gunakan es batu saja," jelas Bunda Ara, sebagaimana dikutip dari Liputan6.com di YouTube/Dapur BundaAra.


3. Prosedur Pengambilan Lemak

Mulai Menghindari Makanan Berlemak dan Bersantan
"Ilustrasi Sup Udang Sumber: freepik.com"

Lemak akan terakumulasi dan mengeras di dasar sendok sayur. Setelah sendok sayur terisi lemak di bagian bawahnya, angkat dan bersihkan menggunakan tisu. Ulangi langkah ini sampai lemak di permukaan rebusan daging berkurang atau hilang sepenuhnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya