5 Tips Praktis Tetap Konsisten dalam Praktik Self-Care, Biar Hidup Lebih Seimbang

Self-care bukan hanya tentang melakukan hal-hal kecil untuk diri sendiri, tetapi juga tentang menjadikannya sebagai kebiasaan yang konsisten dalam kehidupan sehari-hari.

oleh Miranti diperbarui 26 Agu 2024, 12:07 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 12:07 WIB
Ilustrasi diam, tenang, kalem, diri sendiri, berpikir
Ilustrasi diam, tenang, kalem, diri sendiri, berpikir. (Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Self-care bukan hanya tentang melakukan hal-hal kecil untuk diri sendiri, tetapi juga tentang menjadikannya sebagai kebiasaan yang konsisten dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah cara penting untuk merawat kesehatan mental dan fisik di tengah rutinitas yang sibuk.

Praktik self-care yang rutin dapat membantumu merasa lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih berdaya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara membangun dan mempertahankan rutinitas self-care yang efektif.

Di bawah ini akan diuraikan beberapa tips praktis yang dapat membantu kamu tetap konsisten dalam praktik self-care, memastikan bahwa kamu selalu memberi perhatian yang layak untuk kesejahteraanmu secara keseluruhan. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (26/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Jadwalkan Self-Care dalam Rutinitas Harian

wanita sedang olahraga
"Tips untuk Menjaga Konsistensi dalam Perawatan Diri copyright/freepik/benzoix"

Jadwalkan waktu untuk merawat diri dalam rutinitas harian atau mingguanmu. Baik itu dengan melakukan spa di rumah, berolahraga, atau menghabiskan waktu untuk hobi tertentu, menjadikannya bagian dari kebiasaanmu dapat membantumu untuk tetap berkomitmen.

 


2. Temukan Aktivitas yang Kamu Nikmati

quality time dengan teman
"Tips untuk Menjaga Konsistensi dalam Perawatan Diri copyright/freepik/tirachardz"

Pilihlah kegiatan self-care yang benar-benar kamu nikmati dan yang memberikan dampak positif bagi kesejahteraanmu. Aktivitas yang menyenangkan lebih mudah untuk dilakukan secara teratur dan membantu menjaga motivasi.


3. Mulai dengan Langkah Kecil

Ilustrasi diam, tenang, kalem, diri sendiri, berpikir
Ilustrasi diam, tenang, kalem, diri sendiri, berpikir. (Photo by Arnold Obizzy on Unsplash)

Cobalah untuk memulai dengan langkah-langkah kecil dan mudah dicapai. Misalnya, menetapkan satu tujuan self-care per minggu. Ini bisa membantu kamu merasa lebih termotivasi dan tidak merasa terbebani. 


4. Libatkan Orang Lain

Ilustrasi bekerja, bercanda bersama teman di kantor
Ilustrasi bekerja, bercanda bersama teman di kantor. (Photo by CoWomen on Unsplash)

Kadang-kadang, melakukan self-care bersama teman atau keluarga bisa menambah kesenangan. Mengajak orang terdekat untuk berolahraga bersama atau melakukan aktivitas kreatif bisa membuat self-care terasa lebih menyenangkan.


5. Evaluasi dan Sesuaikan

Ilustrasi ngobrol, nongkrong, kumpul bareng teman, akhir pekan, santai
Ilustrasi ngobrol, nongkrong, kumpul bareng teman, akhir pekan, santai. (Photo by Helena Lopes from Pexels)

Secara berkala, evaluasi apakah aktivitas self-care yang kamu lakukan efektif. Jika tidak, sesuaikan atau ganti dengan hal lain yang lebih sesuai dengan kebutuhanmu. Menjaga fleksibilitas dalam self-care dapat membantu menjaga konsistensi.

Mengubah self-care dari sekadar niat menjadi kebiasaan yang konsisten memang memerlukan usaha, tapi dampaknya luar biasa bagi kesehatan mental dan emosionalmu. Ingatlah, merawat diri sendiri bukanlah bentuk egois, melainkan cara terbaik untuk menjaga keseimbangan hidup di tengah tuntutan sehari-hari.

Mulailah dari langkah kecil, temukan rutinitas yang cocok, dan nikmati setiap prosesnya. Karena pada akhirnya, self-care yang konsisten akan membantumu menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri. Jadi, yuk, mulai jadikan self-care sebagai bagian tak terpisahkan dari hidupmu! 

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya