4 Alasan Gen Z Memilih Photobox untuk Menyimpan Kenangan

Mengapa Gen Z suka berfoto di photobox? Mari simak ulasannya di bawah ini!

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 24 Sep 2024, 11:26 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 11:26 WIB
Gen Z Photobox
gambar photobooth/hak cipta pexels/ana arantes

Liputan6.com, Jakarta Sahabat sering berfoto bersama dalam photobox atau photobooth? Photobox atau photobooth adalah bilik kecil tempat anda bisa mengabadikan momen bersama, baik dengan teman, sahabat, keluarga, pasangan, atau lainnya. Tren ini sudah ada sejak 1889 dan terus menjadi fenomena yang berulang di beberapa tahun, terutama akhir-akhir ini.

Dari sistem pembayaran yang dulu menggunakan koin hingga kini bisa dibayar dengan scan pembayaran digital, popularitas bilik foto ini tetap bertahan sepanjang waktu. Pemakaiannya kini sangat bervariasi, tidak hanya di pinggir jalan atau di beberapa pusat kota, tetapi anda juga bisa memesannya kapan saja untuk acara yang anda selenggarakan seperti perayaan wisuda, ulang tahun, pernikahan, atau kegiatan lainnya, pengalaman photobooth selalu hadir.

Lalu, apa yang membuat masyarakat, khususnya Gen Z, gemar mengabadikan momen melalui photobox? Yuk, simak ulasannya berikut, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (24/9/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Metode Praktis dan Hemat Waktu

Gen Z Photobox
gambar photobooth/hak cipta pexels/cottonbro Studio

Penggunaan photobox bisa dikatakan sangat praktis, mudah, dan cepat. Sebagai pembeli, hanya perlu masuk ke dalam bilik tersebut, me-scan barcode yang ada di layar untuk melakukan pembayaran, kemudian dapat berpose dan memilih frame yang diinginkan hingga hasil cetak yang ditunggu-tunggu keluar.

Biasanya, setiap pembayaran akan menghasilkan dua cetakan yang tidak hanya menghemat anggaran, tetapi juga memungkinkan untuk berbagi dengan teman. Sistem yang sederhana ini menjadi alasan utama mengapa remaja masa kini sangat menyukai photo booth.


2. Fasilitas yang Tersedia

Gen Z Photobox
gambar photobooth/hak cipta freepik/freepik

Biasanya, setiap bilik photobox menyediakan berbagai aksesoris, properti, atau item yang mendukung kreativitas remaja dalam berpose. Dengan memanfaatkan properti tersebut, hasil foto yang dihasilkan akan terlihat semakin menarik dan inovatif.

Selain itu, momen ketika teman-teman mencoba berbagai pose lucu dengan properti tersebut, disertai tawa yang terdengar, akan memberikan kesan tersendiri bagi mereka. Setiap kali hasil cetakan foto tersebut dilihat, momen-momen menyenangkan akan terbayang di benak mereka.


3. Melindungi Kerahasiaan Konsumen

Gen Z Photobox
gambar photobooth/hak cipta pexels/cottonbro studio

Setiap photobooth biasanya dilengkapi dengan tirai penutup yang berfungsi untuk menjaga privasi anda selama sesi foto berlangsung. Tirai ini juga menjadi indikator bahwa jika tirai tertutup, ada pelanggan di dalam, dan jika terbuka, photobooth sedang kosong. Tirai ini memungkinkan anda untuk bebas bereksplorasi dalam berpose bersama teman-teman tanpa khawatir akan pandangan orang lain.


4. Hasil yang Baik

Gen Z Photobox
gambar photo strip/hak cipta pexels/cottonbro studio

Begitu sesi berpose dan pemilihan frame selesai, foto akan otomatis dicetak. Biasanya, hasil yang diberikan tidak hanya dalam bentuk cetak fisik, tetapi juga dalam format digital yang dikirimkan ke alamat email. Ini membuat photobooth semakin populer di kalangan masyarakat, terutama di kalangan remaja. 

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya